Comscore Tracker

Bukannya Cantik, 6 Kesalahan Perawatan Kulit Ini Bikin Kamu Tampak Tua

Hayo sering melakukannya tidak?

Bagi perempuan yang dalam pekerjaannya dituntut untuk memberikan penampilan yang sempurna atau diharuskan bertemu banyak orang setiap harinya, merawat kulit adalah hal yang wajib dilakukan. Mulai dari menggunakan produk skincare kenamaan hingga rutin mengunjungi klinik kecantikan akan rela dilakukan.

Sayangnya, tak jarang para perempuan melakukan kesalahan yang justru membuat kulit bermasalah dan tampak tua. Lantas apa sajakah itu? Dikutip dari the list dan insider, berikut beberapa di antaranya.

1. Tidak menggunakan pelembap sama sekali

Bukannya Cantik, 6 Kesalahan Perawatan Kulit Ini Bikin Kamu Tampak Tuaself.com

Masih banyak pemilik kulit berminyak menganggap bahwa kulit mereka tidak membutuhkan pelembap, bahkan mengira memakai pelembap hanya akan memperparah minyak pada kulit. Padahal faktanya, setiap orang perlu menggunakan pelembap wajah, baik yang memiliki jenis kulit kering maupun berminyak, hanya saja jenis pelembap tersebut perlu disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit.

Sebab pelembap mampu menyeimbangkan kelembapan, menjaga kulit terhidrasi, dan mencegah garis-garis halus. Selain itu, gunakan pelembap yang ringan dengan SPF 15 atau lebih di siang hari dan pelembap yang lebih berat di malam hari.

2. Hanya menggunakan tabir surya ketika matahari sedang terik

Bukannya Cantik, 6 Kesalahan Perawatan Kulit Ini Bikin Kamu Tampak Tuainsider.com

Kebanyakan orang khususnya perempuan akan mengaplikasikan tabir surya saat sedang berada di pantai, di lapangan, atau ketika cuaca sedang sangat terik. Padahal, kita semua perlu mengaplikasikan tabir surya tiap kali beraktivitas di luar rumah lho.

Perlindungan terhadap sinar matahari adalah kunci untuk menjaga kulit tetap sehat. Sebab, paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering yang kemudian memicu berbagai masalah, salah satunya adalah munculnya garis-garis halus.

3. Melewatkan eksfoliasi

Bukannya Cantik, 6 Kesalahan Perawatan Kulit Ini Bikin Kamu Tampak Tuainstagram.com/lorealskin

Eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati ini umumnya kerap dilewatkan oleh pemilik kulit kering dan sensitif. Sebab, eksfoliasi dianggap dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan kemerahan. Padahal, pengelupasan adalah faktor yang sangat penting untuk menjaga kulit yang sehat.

Tanpa pengelupasan, maka kulit mati akan menumpuk, yang jika dibiarkan maka akan menimbulkan berbagai masalah, seperti kulit menjadi semakin kering, komedo, pori-pori tersumbat, jerawat, kulit kusam, produk skincare sulit meresap, yang kemudian membuat wajah tampak lebih tua.

Baca Juga: 5 Indikasi Saat Wajahmu Terlalu Banyak Menggunakan Skincare, Catat!

4. Eksfoliasi yang berlebihan

Bukannya Cantik, 6 Kesalahan Perawatan Kulit Ini Bikin Kamu Tampak Tuawomenshealthmag.com

Eksfoliasi memang akan memberikan dampak yang luar biasa jika dilakukan dengan benar. Tapi jika berlebihan, alih-alih menjadikan kulit tampak sehat, yang ada hal ini akan merusak kulit sejadi-jadinya.

Pengelupasan berlebih bisa menyebabkan peradangan kronis, sensitivitas, dan menjadi sangat reaktif. Dalam kondisi sensitivitas tinggi, kulit jadi lebih rentan terhadap berjerawat, pigmentasi, dan sangat kering. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, seperti mata bengkak, keriput, bintik hitam, kusam, dan kendur.

5. Menganggap semua produk skincare akan memberikan hasil yang sama pada setiap orang

Bukannya Cantik, 6 Kesalahan Perawatan Kulit Ini Bikin Kamu Tampak Tuainstagram.com/lorealskin

Hanya karena sahabat atau beauty vlogger kesayanganmu memiliki kulit yang tampak flawless dan sehat, bukan berarti kamu lantas bisa meniru skincare routine yang sama persis dengan mereka. Masing-masing dari kita memiliki jenis kulit yang berbeda, untuk itu kita perlu menerapkan skincare routine sesuai dengan kebutuhan kulit kita, bukan berdasarkan pengalaman orang lain.

Bagaimanapun juga, pemilik kulit kering dan sensitif membutuhkan produk kecantikan yang lembut dan melembapkan, sedangkan kulit berminyak membutuhkan produk kulit yang dapat membersihkan pori-pori dan menjaga keseimbangan minyak. Jika hal ini dipertukarkan, bukannya mendapatkan kulit yang sehat, yang ada masalah pada kulitmu akan semakin parah yang akhirnya membuat kulit tampak lebih tua.

6. Tidak menerapkan gaya hidup sehat

Bukannya Cantik, 6 Kesalahan Perawatan Kulit Ini Bikin Kamu Tampak TuaUnsplash.com/Ruslan Petrov

Menggunakan produk skincare berharga fantastis secara rutin hanya akan sia-sia kalau kamu memiliki pola hidup yang tidak sehat. Sebab, apa yang kita makan memiliki dampak besar pada kulit. Misalnya, diet tinggi gula dan karbohidrat putih akan menyebabkan kulit tampak pucat, kurang elastis, dan pori-pori tampak lebih besar.

Untuk itu, selain merawat kulit menggunakan produk yang tepat secara konsisten, jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup yang sehat dan diet seimbang.

Demikian tadi beberapa kesalahan dalam menggunakan skincare yang akan membuat kulit tampak lebih tua. Kalau kamu masih sering melakukan kesalahan di atas, yuk segera perbaiki agar usaha yang kamu lakukan tidak sia-sia.

Baca Juga: 5 Skincare yang Bisa Kamu Jadikan Hadiah Buat Sahabat

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You