Comscore Tracker

5 Kesalahan Dalam Rutinitas Merawat Wajah Ini Justru Memicu Jerawat

Kalau gini, pakai skincare semahal apapun jadi sia-sia

Membersihkan wajah dan mengaplikasikan produk perawatan kulit adalah rutinitas harian sederhana yang biasa dilakukan perempuan demi menjaga kulit tetap bersih, sehat, dan terbebas dari masalah, seperti jerawat, noda hitam, bruntusan, dan sebagainya.

Sayangnya, tak sedikit perempuan yang melakukan rutinitas perawatan wajah tersebut dengan cara yang salah. Dampaknya, alih-alih membuat penampilan wajah menjadi menarik, yang ada hal tersebut justru akan merusak lapisan kulit dan memicu munculnya berbagai masalah, salah satunya jerawat.

Berikut beberapa kesalahan yang kerap dilakukan perempuan dalam merawat wajah yang justru akan memicu timbulnya jerawat.

1. Tidak memakai tabir surya dengan benar

5 Kesalahan Dalam Rutinitas Merawat Wajah Ini Justru Memicu Jerawatself.com

Mengaplikasikan tabir surya adalah cara terbaik untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan sinar UV, termasuk membantu mengurangi risiko kanker kulit. Selain itu, tabir surya juga membantu mengurangi frekuensi atau tingkat keparahan jerawat.

Sebab, terlalu sering terpapar sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering. Sebagai kompensasi, kulit akan meningkatkan produksi minyak yang kemudian dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan sering berjerawat. Cara yang benar dalam mengaplikasikan tabir surya adalah tidak terlalu banyak, karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

2. Tidak membilas sisa cleansing water

5 Kesalahan Dalam Rutinitas Merawat Wajah Ini Justru Memicu Jerawatlorealparisusa.com

Ingatlah untuk selalu membilas sisa cleansing water setelah kamu menggunakannya. Sebab, kendati cleansing water menggunakan bahan yang lebih lembut daripada busa pembersih, cleansing water tetap mengandung surfaktan, yang merupakan bahan utama dalam deterjen yang fungsinya untuk membersihkan minyak dan lemak.

Membiarkan bahan ini terus menempel di kulit tentunya dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah jerawat. Untuk itu, pastikan kamu selalu membilas wajah dengan air bersih setelah menggunakan produk cleansing water

Baca Juga: Hindari bahan Kimia, Ini 6 Kandungan Skincare Berbahan Alami

3. Merawat seluruh bagian kulit dengan cara yang sama

5 Kesalahan Dalam Rutinitas Merawat Wajah Ini Justru Memicu Jerawatinstagram.com/lorealskin

Pahami bahwa tidak semua area kulit wajah membutuhkan perawatan yang sama. Oleh karena itu, pastikan kamu memberikan perawatan sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian. Misalnya, hanya oleskan masker bentonite clay di area yang berminyak, seperti hidung dan dahi. Kemudian oleskan masker yang sifatnya menghidrasi pada bagian yang kering.

4. Kebiasaan membersihkan kulit secara agresif

5 Kesalahan Dalam Rutinitas Merawat Wajah Ini Justru Memicu Jerawatthewindherald.com

Rutinitas membersihkan kulit dengan agresif, seperti membersihkan kulit terlalu sering, terlalu lama, dan menggunakan pembersih berbahan keras dapat menyebabkan kerusakan lapisan barrier kulit.

Rusaknya lapisan ini dapat menyebabkan berbagai pengaruh negatif dari luar, seperti sinar UV, debu, bakteri, dan sebagainya mudah mengenai dan merusak kulit. Dampaknya, kulit akan mudah terkena berbagai masalah, seperti kemerahan, iritasi, terbakar, dan jerawat.

5. Menggunakan produk eksfoliator yang keras dan kasar

5 Kesalahan Dalam Rutinitas Merawat Wajah Ini Justru Memicu Jerawatinstagram.com/lorealskin

Banyak pemilik jenis kulit berjerawat yang menggunakan produk eksfoliasi dengan maksud membuka pori-pori dan mengurangi jerawat. Padahal, penggunaan produk yang kasar dan keras seperti eksfoliator pada kulit yang berjerawat ini sebenarnya dapat memperparah jerawat.

Ini lantaran produk pengelupasan sifatnya mudah mengiritasi atau merusak kulit. Untuk itu, sebaiknya gunakan produk eksfoliator kimia karena memiliki sifat yang lebih lembut dan tidak melukai kulit.

Nah, jika selama ini kamu masih sering melakukan kesalahan di atas, yuk segera berubah agar kulit tidak semakin rusak.

Baca Juga: Skincare 101: Perbedaan Antara Tahi Lalat, Bintik, dan Tanda Lahir

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya