Comscore Tracker

Tak Banyak yang Tahu, Ini 6 Manfaat Belerang untuk Kecantikan Kulit 

Ampuh obati jerawat hingga ketombe lho

Belerang adalah unsur alami yang biasa ditemukan di bebatuan dan merupakan komponen esensial bagi semua makhluk hidup. Belerang memiliki peran penting dalam pertumbuhan tanaman. Selain itu, belerang juga bisa berfungsi sebagai sebagai asam amino dan vitamin yang baik untuk kulit serta rambut.

Dalam dunia kecantikan sendiri, belerang dikenal akan kemampuannya dalam mengatasi jerawat. Tapi sebenarnya, kegunaan belerang untuk kulit bukan sekadar dalam hal mengatasi jerawat, melainkan juga masalah kulit lainnya. Lalu apa saja ya manfaat lainnya? Simak yuk!

1. Membersihkan pori-pori

Tak Banyak yang Tahu, Ini 6 Manfaat Belerang untuk Kecantikan Kulit unsplash.com/X )

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, belerang diketahui memiliki sifat penghilang bakteri. Hal ini membuat belerang menjadi ideal untuk merawat kulit yang rentan berjerawat.

Belerang melakukan tugas ganda dalam merawat pori-pori, yaitu membunuh bakteri dan mengeluarkan minyak. Sehingga belearang pun akan membantu mengurangi penumpukan kotoran yang ada di pori-pori.

2. Membantu eksfoliasi 

Tak Banyak yang Tahu, Ini 6 Manfaat Belerang untuk Kecantikan Kulit unsplash.com/Velizar Ivanov

Dilansir dari laman The Healthy, belerang bertindak sebagai keratolitik, yang berarti menyebabkan peluruhan ringan pada lapisan atas kulit. Hal ini berguna untuk membersihkan sel kulit mati yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, berjerawat, tekstur tidak rata, dan kusam. Sehingga kulit tampak bersih dan cerah.

3. Menghilangkan noda hitam pada kulit

Tak Banyak yang Tahu, Ini 6 Manfaat Belerang untuk Kecantikan Kulit unsplash.com/frestocks

Menurut laman Byride, belerang dapat membantu mengurangi sebum atau minyak pada kulit. Saat dioleskan pada noda hitam, belerang berfungsi mengeringkan kulit sehingga membuat kulit dapat terkelupas dan mempercepat hilangnya noda hitam pada kulit.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare Pria untuk Atasi Jerawat, Bikin Kulit Sehat

4. Mengatasi rosacea

Tak Banyak yang Tahu, Ini 6 Manfaat Belerang untuk Kecantikan Kulit unsplash.com/Ayo Ogunseinde

Menurut American Academy of Dermatology, belerang dapat membantu mengobati rosacea, suatu kondisi kronis yang menyebabkan kemerahan pada wajah. Belerang bekerja dengan mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, yang dapat membantu mengontrol gejala rosacea.

Umumnya, krim yang mengandung belerang dapat meredakan rosacea dengan menghilangkan benjolan, kemerahan, dan kekeringan. Tapi pada beberapa kasus, belerang harus diresepkan dengan bahan lain untuk mengatasi rosacea.

5. Menghilangkan ketombe

Tak Banyak yang Tahu, Ini 6 Manfaat Belerang untuk Kecantikan Kulit glamourmagazine.co.uk

Menurut Indian Journal of Dermatology, sifat pengelupasan belerang dapat membantu mengurangi penumpukan kulit mati dan mengeringkan minyak berlebih pada kulit, menjadikannya perawatan yang efektif untuk mengatasi masalah kulit kepala, seperti ketombe.

Walaupun belerang sendiri dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala, tapi menurut laman The Healthy, kombinasi belerang dan asam salisilat dapat membantu mencegah kulit kepala kering, penumpukan kotoran, dan gatal akibat ketombe.

6. Mencegah penuaan

Tak Banyak yang Tahu, Ini 6 Manfaat Belerang untuk Kecantikan Kulit unsplash.com/National Cancer Institute

Belerang adalah bagian penting dari produksi kolagen alami. Tapi seiring bertambahnya usia, belerang yang diproduksi tubuh menipis dan membuat kulit rentan terhadap kerusakan akibat radikal bebas dan kerusakan kolagen lebih lanjut, yang menyebabkan terbentuknya keriput dan kendur. Selain itu, kontak dengan bakteri berbahaya juga dapat merusak kulit dan mempercepat proses penuaan.

Oleh sebab itu, kamu patut menjaga kebersihan kulit untuk membantu mengurangi bakteri dan mencegah kerusakan pada kulit. Dikutip dari laman The Healthy, belerang memiliki sifat antibakteri dan antipenuaan, sehingga patut dimasukkan dalam rutinitas perawatan harian untuk membuat kulit tetap muda.

Itulah beberapa manfaat belerang bagi kulit. Perlu kamu ketahui, belerang memiliki bau khas yang cukup mengganggu. Jadi, sebaiknya kamu hanya menggunakan belerang pada malam hari atau bisa juga menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung belerang jika tidak ingin ribet dan terganggu dengan baunya.

Baca Juga: 5 Tanda Skincare Tidak Bekerja secara Efektif, Sebaiknya Segera Ganti 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya