Comscore Tracker

Tak Hanya Cantik, Ini 5 Manfaat Memakai Skincare bagi Kesehatan Mental

Bukan hanya baik untuk kesehatan kulit

Seiring boomingnya filter dan aplikasi edit foto, banyak kemudian yang mengatakan bahwa kita sudah tidak butuh skincare untuk membuat wajah menjadi flawless. Padahal, bagaimanapun juga, merawat kulit dengan skincare adalah hal yang amat penting.

Skincare bukan hanya membuat kulit menjadi sehat, sehingga kita tetap percaya diri baik di media sosial maupun dunia nyata, tapi juga memberikan manfaat besar bagi kesehatan mental. Baik kamu penggemar rejimen sederhana atau multi-langkah, inilah manfaat kesehatan mental yang akan kamu dapatkan dari rutin merawat kulit dengan skincare.

1. Media untuk mengatasi stres

Tak Hanya Cantik, Ini 5 Manfaat Memakai Skincare bagi Kesehatan Mentalpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Rutinitas perawatan kulit bisa menjadi media relaksasi dalam hari yang sibuk. Rutinitas perawatan kulit dapat bertindak sebagai bentuk meditasi, yang dapat mempersiapkan kamu untuk menjalani hari yang positif. Karena rutinitas yang baik sangat bermanfaat untuk pola pikir positif, maka meluangkan waktu sejenak untuk merawat kulit dapat membantu menghilangkan stres.

Menurut psikolog dari Maryville University, kesehatan mental seseorang dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk cara mereka menyerap informasi dan bekerja di tempat kerja. Sementara aktivitas olahraga menstimulasi tubuh dan melancarkan aliran darah, rutinitas perawatan kulit dapat menenangkan dan memungkinkan kamu untuk melepaskan stres dan kecemasan yang kamu alami.

2. Memanjakan kulit secara teratur memicu pelepasan bahan kimia di otak yang meningkatkan mood 

Tak Hanya Cantik, Ini 5 Manfaat Memakai Skincare bagi Kesehatan Mentalpexels.com/Andrea Piacquadio

Menciptakan rutinitas yang terasa menyenangkan dengan menyertakan produk yang disukai, seperti merawat kulit dapat meningkatkan suasana hati. Bagi kamu yang hobi merawat kulit, setelah melewati hari yang melelahkan, mengaplikasikan produk skincare di penghujung hari dapat menjadi rutinitas yang selalu dinantikan.

Pengalaman perawatan wajah atau tubuh di rumah tentu saja menghibur. Aktivitas sederhana ini dapat memicu pelepasan neurotransmiter di otak yang menyebabkan perasaan senang. Bahkan, merencanakan peristiwa positif saja sudah mampu mengaktifkan area tertentu di korteks prefrontal, wilayah otak yang terkait dengan perasaan sejahtera, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Frontiers in Psychology.

Baca Juga: 5 Tahapan Morning Skincare Routine untuk Perawatan Bekas Jerawat

3. Rutinitas perawatan kulit memberikan stabilitas yang bermanfaat bagi kesehatan mental

Tak Hanya Cantik, Ini 5 Manfaat Memakai Skincare bagi Kesehatan Mentalunsplash.com/Velizar Ivanov

Memiliki rutinitas yang baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, baik dalam tubuh maupun pikiran. Dalam penelitian yang diterbitkan pada jurnal Lancet Psychiatry, para peneliti menemukan bahwa individu yang tidak memiliki rutinitas konsisten sepanjang hari-hari aktif lebih mungkin mengalami gangguan depresi dan bipolar mayor, masalah suasana hati, kesepian, dan kurang kebahagiaan.

Memiliki rutinitas tertentu akan terasa menyenangkan, menghibur, memberikan kekuatan, dan berfungsi sebagai titik stabilitas. Dalam skala kecil, kamu bahkan mungkin merasa telah mencapai sesuatu. Dan merawat kulit bisa menjadi pilihan rutinitas baik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus mental.

4. Kamu dapat menetapkan dan mencapai tujuan yang realistis

Tak Hanya Cantik, Ini 5 Manfaat Memakai Skincare bagi Kesehatan Mentalpexels.com/RF._.Studio

Menetapkan suatu tujuan kecil dan berhasil mendapatkannya mampu mengatasi berbagai penyakit mental. Menurut laman Get the Gloss, menetapkan tujuan sekecil rutin mencuci dan melembapkan wajah memberikan rasa kemenangan harian yang dapat kamu capai dengan mudah.

Selain itu, meluangkan waktu untuk membersihkan dan melembapkan wajah merupakan tanda bahwa kamu sedang menjaga diri sendiri. Dan tindakan kecil ini bisa sangat membantumu dalam meningkatkan kesehatan mental.

5. Merawat kulit adalah tindakan baik yang mengirimkan pesan positif yang kuat

Tak Hanya Cantik, Ini 5 Manfaat Memakai Skincare bagi Kesehatan Mentalpexels.com/Gustavo Fring

Setelah menjalani hari yang sibuk dan penuh tekanan, kamu mungkin tergoda untuk langsung naik ke tempat tidur tanpa membersihkan wajah dan tubuh karena terlalu lelah. Tetapi, akan lain halnya jika kamu bisa berfokus untuk menjaga diri sendiri dengan cara kecil ini. Dilansir dari laman Everyday Health, dengan meluangkan waktu beberapa menit untuk merawat kulit, kamu sudah mengirimkan pesan pada dirimu sendiri bahwa kamu layak mendapatkan perawatan, yang akan memberikan efek kegembiraan.

Selain itu, efek dari berbagai produk perawatan kulit, mulai dari tekstur dan wanginya, fungsinya dalam memperbaiki tampilan dan penampilan kulit, memulihkan dan menjaga fungsi kulit, juga membantu meningkatkan sirkulasi ke kulit, dapat membantu meningkatkan rasa kesejahteraan.

Mantap sekali bukan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari rutin menggunakan skincare? Jika kamu baru mau memulai rutinitas merawat kulit, kamu tidak perlu langsung menggunakan banyak jenis skincare atau memilih skincare yang mahal. Yang paling utama, kamu bisa konsisten dalam menerapkan perawatan kulit.

Baca Juga: Ini 5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Skincare Jadi Sia-sia, Yuk Hindari!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya