Comscore Tracker

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Hebat Santan Kelapa untuk Kesehatan Rambut

Gunakan sebagai masker, ya

Santan terbuat dari perasan daging kelapa tua yang diparut dan dicampur dengan air. Santan secara tradisional digunakan sebagai tambahan masakan atau minuman.

Santan memiliki profil nutrisi yang bagus dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, tahukah kamu kalau mencuci rambut dengan santan juga sangat bermanfaat? Santan mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut.

Yuk, kita bahas satu per satu manfaat santan bagi kesehatan rambut.

1. Mengurangi rambut rontok

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Hebat Santan Kelapa untuk Kesehatan Rambutpexels.com/Skitterphoto

Minyak kelapa mampu membuat kutikula rambut menjadi lebih kuat sehingga zat berbahaya dan air tidak mudah merusak rambut. Pada gilirannya, kamu mungkin akan mengalami penurunan tingkat kerontokan rambut terkait kerusakan, menurut International Journal of Trichology.

Penelitian lain dari Journal of Cosmetic Science juga menunjukkan hal yang serupa. Ekstrak santan dapat menembus batang rambut dan mengisi kembali rambut dari dalam. Efeknya, ekstrak santan ini dapat mengurangi kehilangan protein dan mencegah kerusakan rambut akibat sinar UV.

2. Menghilangkan ketombe

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Hebat Santan Kelapa untuk Kesehatan Rambutunsplash.com/Tamara Bellis

Santan terkenal karena kemampuannya dalam melembapkan rambut dan merawat kulit kepala. Selain itu, minyak kelapa juga diketahui memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe, dilansir laman Healthline.

Untuk itu, banyak produk sampo antiketombe yang telah ditambahkan minyak kelapa ke dalamnya bersama dengan bahan lain, seperti pyrithione zinc.

Baca Juga: Ini Terobosan Perawatan Rambut Panjang agar Tetap Kuat, Wajib Tahu!

3. Mengatasi rambut kering

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Hebat Santan Kelapa untuk Kesehatan Rambutunsplash.com/Sharon McCutcheon

Profil asam lemak alami santan memiliki efek pelembap yang luar biasa. Bahan-bahan ini dapat memulihkan rambut dan kulit kepala yang kering serta berfungsi sebagai kondisioner yang ampuh untuk rambut rusak.

Sebuah penelitian dalam jurnal British Medical Journal menunjukkan bahwa kelapa dan/atau ekstraknya dapat membantu mengurangi ujung rambut yang bercabang dan kerusakan rambut serta meremajakan ujung rambut yang kering.

Jika ditambahkan dengan madu, campuran ini akan memberikan efek melembapkan yang dalam. Madu memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus serta merupakan pelembap yang sangat baik yang membantu mengunci kelembapan dan melembapkan rambut. Jika santan dan madu digunakan dalam kombinasi, ini dapat memperkuat efek positif susu pada rambut dengan mengunci kelembapan dan nutrisi.

4. Melembutkan rambut

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Hebat Santan Kelapa untuk Kesehatan Rambutpexels.com/element5 digital

Mengaplikasikan santan ke rambut dapat menembus kulit kepala dan kutikula yang mampu menutrisi dan melembapkan folikel dan batang rambut. Nutrisi ini mampu meningkatkan produktivitas folikel dan memperbaiki tekstur serta kesehatan rambut.

Jika dikombinasikan dengan minyak zaitun, ini akan membuat rambut menjadi sangat lembut dan mudah diatur. Jika produk digunakan dalam suhu hangat, ini akan memungkinkan penetrasi nutrisi penting secara maksimal ke dalam batang dan folikel rambut, menurut penelitian dalam British Medical Journal.

5. Mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Hebat Santan Kelapa untuk Kesehatan Rambutunsplash.com/Averie Woodard

Rambut terbuat dari keratin, yaitu sejenis protein yang didukung oleh jenis protein yang kamu makan. Adapun, santan memiliki profil protein tinggi yang berpotensi menjaga kekuatan rambut.

Terlebih lagi, santan mengandung mikronutrien tertentu yang mampu menjaga rambut tetap sehat, kuat, dan lembap. Beberapa kandungan santan yang bermanfaat bagi rambut, seperti antioksidan, vitamin B-1, B-3, B-5, B-6, vitamin C, dan vitamin E.

Untuk mendapatkan semua manfaat santan bagi rambut, kamu hanya perlu menggunakannya sebagai masker selama beberapa menit kemudian membilasnya hingga bersih. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan menggunakan produk perawatan buatan pabrik yang mengandung ekstrak santan. Hanya saja, hasilnya tidak akan sebaik jika kamu menggunakan santan secara langsung.

Baca Juga: 6 Sampo Khusus Perawatan Rambut Berwarna, Rambut Sehat dan Berkilau

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya