Comscore Tracker

Buang-buang Waktu, 5 Rutinitas Kecantikan Ini Ternyata Gak Bermanfaat

Sebaiknya, segera hentikan

Hampir setiap perempuan memiliki rutinitas kecantikannya sendiri. Jika dilakukan dengan benar, manfaat rutinitas ini akan terasa dalam jangka panjang. Sayangnya, kadang kala perempuan tidak menyadari bahwa beberapa rutinitas kecantikan yang mereka jalani ternyata tidak bermanfaat dan hanya membuang-buang waktu. Alih-alih bermanfaat, beberapa di antara justru menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Kamu pasti penasaran, kan, apa sajakah rutinitas kecantikan yang tidak bermanfaat? Dirangkum dari laman Brightside dan Huffington Post, di bawah ini beberapa rutinitas kecantikan yang tidak perlu kamu lakukan lagi.

1. Bubble bath

Buang-buang Waktu, 5 Rutinitas Kecantikan Ini Ternyata Gak Bermanfaatpexels.com/cottonbro

Saat ini, bubble bath tengah menjadi tren kecantikan yang banyak dilakukan perempuan. Sayangnya, ritual ini sama sekali tidak memberikan manfaat untuk kecantikan. Bubble bath menggunakan sabun pengering dan alkohol, yang menghilangkan kelembapan kulit.

Semua iritan dalam detergen yang digunakan untuk membuat gelembung mungkin dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit. Alih-alih melakukan bubble bath, yang terbaik adalah mandi seperti biasa menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan kulit, seperti madu, oatmeal, atau susu.

2. Membersihkan bagian bawah kuku

Buang-buang Waktu, 5 Rutinitas Kecantikan Ini Ternyata Gak Bermanfaatunsplash.com/Ke Vin

Menjaga kebersihan kuku adalah hal yang penting. Akan tetapi, bukan berarti kamu harus mencungkil di bawah kuku untuk menghilangkan kotoran, terutama untuk bantalan kuku yang pendek. Tidak hanya membuang-buang waktu, tetapi kebiasaan ini mengiritasi kulit di bawah kuku dan dapat menghasilkan bantalan kuku yang lebih pendek.

Cara terbaik untuk membersihkan kotoran di bawah kuku dengan alkohol dan tongkat maskara. Kamu juga bisa menancapkan kuku ke dalam sabun batang, lalu cuci tanganmu dengan air mengalir. Dengan begitu, kotoran akan larut bersama sabun. Cara ini tidak hanya aman, tapi juga sangat efektif untuk membuat kuku menjadi bersih.

Baca Juga: Unik dan Keren! 10 Model Tenar Ini Dobrak Standar Kecantikan Kuno

3. Mengaplikasikan toner setelah pembersih wajah

Buang-buang Waktu, 5 Rutinitas Kecantikan Ini Ternyata Gak Bermanfaatinstagram.com/sokoglam

Masih banyak orang yang mengawali rutinitas perawatan kulit dengan mengaplikasikan toner. Sayangnya, kebanyakan orang sebenarnya tidak benar-benar membutuhkan toner.

Dahulu, toner digunakan karena pembersih wajah tidak memiliki pH yang seimbang dengan kulit. Karenanya, toner digunakan untuk menyeimbangkan pH. Namun, sekarang kebanyakan pembersih wajah memiliki pH yang seimbang sehingga toner sudah tidak diperlukan. Terlebih, banyak toner yang menggunakan alkohol dan bahan lainnya yang bisa mengeringkan kulit.

4. Menggunakan handuk khusus untuk mengeringkan wajah

Buang-buang Waktu, 5 Rutinitas Kecantikan Ini Ternyata Gak Bermanfaatunsplash.com/Sven Mieke

Sebagian orang memilih menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah. Sebenarnya, penggunaan handuk ini justru lebih banyak memberikan dampak buruk meskipun handuk yang dipakai adalah handuk khusus wajah. 

Handuk adalah rumah bagi bakteri dan mikroba untuk berkembang biak dan ini bisa merusak kulit wajah. Setiap kali kamu menggunakan handuk lebih dari satu kali, kamu berisiko terkena jerawat.

Alih-alih mengeringkan wajah dengan handuk, beberapa jenis produk perawatan justru lebih baik jika diaplikasikan pada kulit yang lembap karena akan melembapkan wajah dengan lebih baik. Kalaupun kamu lebih suka mengeringkan wajah, sebaiknya gunakan tisu.

5. Mencabut alis

Buang-buang Waktu, 5 Rutinitas Kecantikan Ini Ternyata Gak Bermanfaatunsplash.com/Amanda Dalbjörn

Alis yang berbentuk bagus dapat membingkai wajah dengan indah. Karenanya, tak sedikit perempuan yang mencabut alis agar kegiatan menggambar alis makin mudah. 

Akan tetapi, kebiasaan ini memiliki sisi negatif. Alis yang terus dicabut pada akhirnya akan tumbuh kembali dengan semakin tipis dan beberapa mungkin tidak akan tumbuh kembali. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa memicu infeksi dan peradangan pada kulit.

Daripada mencabut alis, lebih baik jika kamu menutupi alis dengan foundation atau concealer sebelum mengaplikasikan pensil alis.

Itulah beberapa ritual kecantikan yang sebenarnya tidak berguna. Apa kamu termasuk salah satu yang memiliki kebiasaan di atas? Kalau iya, yuk, segera hentikan dan ubah dengan kebiasaan yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan, Rawat Kulit hingga Cegah Penuaan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya