Comscore Tracker

5 Tanda Skincare Tidak Bekerja secara Efektif, Sebaiknya Segera Ganti 

Wajib diperhatikan nih

Butuh waktu tertentu untuk melihat hasil dari produk perawatan kulit. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh asal gonta-ganti skincare hanya karena tidak melihat perubahan setelah beberapa waktu menggunakan skincare yang baru.

Kendati demikian, jika produk skincare yang kamu pakai tidak memberikan hasil apa-apa setelah digunakan dalam waktu tertentu, kamu juga tidak bisa membiarkannya. Sebab, bisa jadi produk tersebut memang kurang bekerja secara efektif untuk kulitmu.

Berikut ini beberapa tanda jika produk skincare yang kamu pakai kurang efektif dan sebaiknya kamu segera menggantinya dengan produk lain.

1. Kulit menjadi terlalu berminyak

5 Tanda Skincare Tidak Bekerja secara Efektif, Sebaiknya Segera Ganti unsplash.com/Noah Buscher

Kulit yang menjadi terlalu berminyak bisa menjadi pertanda kulit dehidrasi atau over eksfoliasi. Dikutip dari laman New Beauty, produk pengontrol minyak yang kuat bisa membuat kulit dehidrasi, yang pada gilirannya merangsang lebih banyak produksi minyak.

Untuk mengatasi masalah ini, cobalah beralih ke produk yang bekerja dengan meningkatkan kadar air kulit. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kadar air dalam epidermis, menjaga kulit tetap lembut, dan mengendalikan produksi sebum.

2. Tidak melihat perubahan pada kulit setelah beberapa waktu

5 Tanda Skincare Tidak Bekerja secara Efektif, Sebaiknya Segera Ganti unsplash.com/Christopher Campbell

Untuk melihat hasil pemakaian skincare, kamu perlu rutin menggunakannya dalam waktu tertentu. Hanya saja, menurut laman Glam, jika masalah kulit yang kamu alami, seperti kemerahan, jerawat, komedo, beruntusan, hingga hiperpigmentasi tidak mengalami perubahan setelah beberapa lama menggunakan produk skincare, pertimbangkan kembali untuk mengganti produk skincare kamu.

Namun, jangan langsung diubah dalam sekali jalan, melainkan ganti satu produk per minggu. Dengan begitu, jika mendapatkan reaksi terhadap suatu produk, kamu bisa tahu produk mana yang menyebabkan masalah.

Baca Juga: 5 Kombinasi Bahan Skincare yang Sebaiknya Digunakan Bersama

3. Kamu mengalami breakout tiba-tiba

5 Tanda Skincare Tidak Bekerja secara Efektif, Sebaiknya Segera Ganti unsplash.com/Ayo Ogunseinde

Jerawat adalah hal yang normal dialami semua orang. Hanya saja, jika jerawat ini muncul pada minggu-minggu setelah secara konsisten menerapkan skincare routine tertentu, ini bisa jadi tanda utama bahwa rutinitas perawatan kulitmu tidak benar-benar berfungsi. Dilansir laman Be Beautiful, ini bisa terjadi karena produk perawatan kulitmu tidak sepenuhnya menghilangkan kotoran dan sebum berlebih dari kulit.

Jika kamu memiliki kulit berminyak dan cenderung berjerawat, pastikan kamu mencari produk yang mengandung bahan antijerawat, seperti asam salisilat, skincare dengan formulasi bebas minyak dan nonkomedogenik.

4. Kulitmu sensitif terhadap sinar matahari

5 Tanda Skincare Tidak Bekerja secara Efektif, Sebaiknya Segera Ganti unsplash.com/Mahkeo

Kulit yang sehat sebenarnya tidak akan terlalu sensitif terhadap matahari. Jadi, jika kulitmu gampang merah atau iritasi jika terkena paparan sinar matahari setelah menggunakan produk skincare tertentu, kamu patut berhati-hati.

Menurut laman Total Beauty, beberapa produk jerawat dan pengelupas yang dibuat dengan bahan-bahan seperti AHA, retinol, dan benzoil peroksida dapat membuat jadi lebih sensitif.

Kendati demikian, sebenarnya produk ini cukup aman, bahkan efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Hanya saja, sebaiknya produk ini hanya digunakan pada malam hari dan jangan lupa untuk menggunakan tabir surya, topi, atau payung untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari di siang hari.

5. Tampilan makeup yang kurang baik

5 Tanda Skincare Tidak Bekerja secara Efektif, Sebaiknya Segera Ganti unsplash.com/Sharon McCutcheon

Dikutip dari laman Total Beauty, tampilan makeup sangat bergantung pada kondisi kulit. Jika kulitmu halus, lembap, dan sehat, kemungkinan besar tampilan makeup juga akan halus dan natural. Sebaliknya, pada kulit yang memiliki banyak masalah, seperti berjerawat, kering, berminyak, hingga pigmentasi, akan sulit untuk membuat tampilan makeup yang flawless.

Oleh sebab itu, jika kamu merasa ada yang salah dengan tampilan makeup kamu, bisa jadi skincare routine kamu selama ini masih belum bekerja dengan baik.

Itulah beberapa tanda skincare kamu tidak bekerja secara efektif. Nah, jika mengalami hal di atas, tidak masalah kok jika kamu mengganti skincare kamu. Siapa tahu dengan demikian kulitmu akan mengalami perubahan yang baik.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 6 Kesalahan Ini Bikin Skincare Jadi Tidak Efektif 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya