Comscore Tracker

Kenapa Wanita di Jepang Enggan Menikah? Ini Penyebabnya!

Beda banget sama di Indonesia nih guys

Jepang saat ini sedang dilanda persoalan angka pertumbuhan penduduk yang minus. Jumlah anak yang lahir sangat sedikit di negara ini. Menurut data Population Reference Bureau (PRB), jumlah penduduk Jepang diperkirakan akan terus berkurang sebanyak 25.3 % hingga tahun 2050.

Salah satu penyebab angka pertumbuhan yang minus di Jepang adalah karena para perempuan muda di Jepang enggan untuk menikah. Apa yang menyebabkan perempuan Jepang enggan untuk menjalin hubungan pernikahan? Yuk cek penjelasan berikut ini.

1. Lebih memilih karir

Kenapa Wanita di Jepang Enggan Menikah? Ini Penyebabnya!japandailypress.com

Bagi sebagian besar wanita Jepang memiliki karir yang tinggi adalah hal penting. Dengan karir yang tinggi mereka berpikiran akan dapat hidup mandiri dan nyaman tanpa bergantung pada orang lain. Hal ini membuat mereka lebih menyibukan diri pada urusan pekerjaan ketimbang asmara apalagi pernikahan.

2. Merasa takut memiliki anak

Kenapa Wanita di Jepang Enggan Menikah? Ini Penyebabnya!ediplomat.com

Sebagian besar perempuan di Jepang kini merasa takut untuk memiliki anak. Penyebabnya adalah karena faktor biaya hidup yang tinggi. Jepang memang tercatat sebagai salah satu negara dengan biaya hidup tertinggi di dunia. Para wanita Jepang menjadi khawatir jika dengan adanya anak biaya untuk hidup akan bertambah berat. Pemikiran ini berbeda dengan yang orang Indonesia yakini, yang justru meyakini bahwa banyak anak akan membawa banyak rejeki.

3. Anggapan menikah mengekang kebebasan

Kenapa Wanita di Jepang Enggan Menikah? Ini Penyebabnya!scmp.com

Perempuan Jepang menganggap pernikahan dengan segala kewajibannya akan membatasi kebebasan mereka. Bagi mereka ini merupakan beban. Selain itu, mereka juga enggan berbagi penghasilan yang mereka peroleh dalam hubungan pernikahan. Memang agak aneh sih ya?

4. Sulit menemukan lelaki yang sesuai kriteria

Kenapa Wanita di Jepang Enggan Menikah? Ini Penyebabnya!scmp.com

Dengan segala pemikiran di atas, faktor ini menjadi faktor penentu. Bagi mereka yang mampu menemukan lelaki yang sesuai dengan kriteria, yang mau berkomitmen baik untuk menjalani hidup bersama, mereka akhirnya mau memutuskan untuk menikah. Tapi jika hal ini tidak mereka temukan, mereka lebih memilih untuk hidup melajang daripada harus menikah degan lelaki yang tidak sesuai dengan kriteria mereka.

Bagi kamu mungkin cara berpikir wanita Jepang ini agak janggal dan aneh. Tapi latar belakang budaya dan pendidikan sesorang memang memiliki pengaruh besar terhadap standar nilai yang mereka anut.

Bagaimana pendapat kamu tentang hal ini? Kasih tahu kita ya dengan komentarmu di bawah sini.

Eka Supriyadi Photo Verified Writer Eka Supriyadi

Calon teman baik kamu :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya