Comscore Tracker

Girls, Menstruasimu Tidak Lancar dan Nyeri? Coba 6 Tips Jitu Ini

Mudah dan simpel banget lho untuk diterapkan

Menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami oleh wanita yang umumnya terjadi setiap 28-35 hari. Namun, tidak semua wanita mengalami siklus menstruasi yang lancar, terkadang ada beberapa wanita yang menstruasinya tidak lancar karena pengaruh dari beberapa faktor, salah satunya adalah hormon yang tidak seimbang pada wanita tersebut.

Akibat menstruasi yang tidak lancar, tentunya akan membuat rasa nyeri pada perut. Nah, berikut ini 6 tips yang dapat kamu terapkan agar siklus menstruasimu lancar dan tidak nyeri. Dicatat ya!

1. Rajin mengonsumsi jus wortel

Girls, Menstruasimu Tidak Lancar dan Nyeri? Coba 6 Tips Jitu IniPixabay/Couleur

Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga bisa lho untuk melancarkan siklus menstruasi. Kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi serta kandungan kalsium yang ada dalam wortel dapat membantu tubuh untuk menyeimbangkan hormon-hormon yang ada di dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi jus wortel, maka dapat melancarkan menstruasimu dan nyeri saat menstruasi pun tidak akan terasa lagi.

2. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi

Girls, Menstruasimu Tidak Lancar dan Nyeri? Coba 6 Tips Jitu Iniunsplash.com/brooke lark

Dengan rajin mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi akan membuat asupan gizi kamu tercukupi sehingga produksi hormon di dalam tubuh juga tidak akan terganggu. Selain itu, sistem metabolisme di dalam tubuh juga akan berfungsi dengan sangat baik sehingga menstruasimu pun akan lancar dan teratur.

3. Menerapkan gaya hidup yang sehat

Girls, Menstruasimu Tidak Lancar dan Nyeri? Coba 6 Tips Jitu Inipexels.com/rosemary ketchum

Menerapkan gaya hidup yang sehat tidak hanya bisa menghindarkanmu dari berbagai macam penyakit, tetapi juga dapat lho melancarkan siklus menstruasimu. Salah satu gaya hidup yang sehat yaitu dengan rajin berolahraga.

Dengan rajin berolahraga, akan melancarkan peredaran darah dalam tubuh kamu serta dapat menjaga kekebalan tubuh agar kamu dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Dengan rajin berolahraga, maka siklus menstruasimu pun akan lancar dan tidak akan nyeri lagi.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Menstruasi Ini Gak Perlu Kamu Percaya Lagi, Girls!

4. Rajin minum air putih minimal 2 liter per harinya

Girls, Menstruasimu Tidak Lancar dan Nyeri? Coba 6 Tips Jitu Inipexels.com/daria shevtsova

Rajin minum air putih juga dapat melancarkan siklus menstruasimu lho, mengapa? Karena air putih sangat penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh.

Dengan rajin minum air putih minimal 2 liter per harinya, akan membuat sistem metabolisme dalam tubuh kamu menjadi seimbang sehingga menstruasimu pun akan lancar dan tidak akan nyeri lagi.

5. Mengonsumsi jamu tradisional

Girls, Menstruasimu Tidak Lancar dan Nyeri? Coba 6 Tips Jitu Inipexels.com/pixabay

Jika siklus menstruasimu tidak lancar dan nyeri saat sedang menstruasi, maka kamu dapat mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi jamu tradisional. Jamu tradisional dipercaya sangat efektif bisa melancarkan siklus menstruasi. Salah satu jamu tradisional yang dapat melancarkan siklus menstruasi yaitu jamu tradisional yang terbuat dari kunyit.

Kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa yang berkhasiat sebagai obat. Kurkumin ini berfungsi sebagai zat anti-oksidan dan anti-inflamasi. Dengan meminum jamu yang menggunakan racikan dari kunyit ini akan memperlancar siklus menstruasimu.

6. Mengonsumsi sumber vitamin C

Girls, Menstruasimu Tidak Lancar dan Nyeri? Coba 6 Tips Jitu Inipexels.com/pixabay

Jika menstruasimu tidak lancar dan terasa sakit saat sedang menstruasi, maka sebaiknya kamu mengonsumsi sumber vitamin C. Dengan mengonsumsi sumber vitamin C, darah menstruasi yang keluar akan menjadi lancar karena vitamin C bisa membantu proses induksi alami yang ada pada darah menstruasi.

Selain itu, vitamin C juga dapat meningkatkan otot rahim menjadi lebih nyaman sehingga kamu tidak akan merasakan nyeri lagi. Sumber vitamin C biasanya banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran, yaitu jeruk, kiwi, brokoli, tomat, dan jenis buah atau sayuran lainnya.

Lebih baik kamu mengonsumsi sumber vitamin C daripada suplemen vitamin C karena selain rasanya yang lebih enak, sumber vitamin C yang dikonsumsi melalui buah-buahan dan sayuran, lebih bertahan lama daripada vitamin C yang didapat dari suplemen.

Itulah ulasan dari 6 tips untuk memperlancar menstruasi. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: 7 Penyebab Munculnya Gejala PMS tapi Tidak Kunjung Menstruasi

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya