Comscore Tracker

Wajib Dihindari, Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Sering Diabaikan

Banyak kita jumpai di sekitar, lho!

Memiliki kulit kering tentu sangat menyebalkan bagi setiap orang. Apalagi kulit kering yang terjadi secara terus-menerus mengakibatkan pengelupasan dan penuaan dini. Kamu tentunya tidak mau dong terlihat lebih tua dari umurmu hanya karena disebabkan kulit kering.

Oleh karena itu kamu harus hati-hati terhadap segala sesuatu yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Untuk itu, perhatikan ketujuh penyebab kulit kering di bawah ini agar kamu bisa lebih antisipasi dan merawat kulitmu. Yuk, simak apa saja!

1. Deterjen

Wajib Dihindari, Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Sering Diabaikanpixabay.com/habelfrank

Sabun deterjen mengandung banyak bahan kimia. Sehingga mereka yang memiliki kulit sensitif bisa merasakan efek negatifnya. Salah satunya yaitu membuat kulit menjadi kering. Salah satu tanda kulitmu sensitif dengan deterjen adalah kulit terasa panas ketika sedang mencuci.

Untuk kamu yang lebih sering mencuci pakaian menggunakan tangan ketimbang mesin cuci nih harus memperhatikan deterjen yang kamu pakai nih Pastikan cocok dengan kulitmu sehingga tidak menyebabkan kulit menjadi panas dan kering

2. Produk yang mengandung parfum

Wajib Dihindari, Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Sering Diabaikanpixabay.com/domeckopol

Produk kecantikan yang mengandung parfum dapat menyebabkan kulit kering. Terlebih lagi untuk tipe kulit sensitif. Sehingga sangat dianjurkan untuk memilih produk make up dan skincare yang tidak mengandung parfum di dalamnya.

Namun, apabila terpaksa menggunakan produk yang mengandung parfum, oleskan cream atau lotion terlebih dahulu agar produk tersebut tidak langsung terkena kulitmu.

3. Sering mengganti sabun

Wajib Dihindari, Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Sering Diabaikanpixabay.com/couleur

Menggunakan sabun yang berganti-ganti bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Karena membuat kulit selalu terkena produk yang berbeda. Sehingga harus kembali beradaptasi setiap kamu mengganti merk sabun mandi.

Ada baiknya kamu menggunakan produk sabun yang memang benar-benar cocok untuk kulitmu dan tidak menggantinya setiap saat. Pastikan juga sabun yang kamu gunakan mengandung moisturizer di dalamnya agar kulit selalu lembab.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Kulit Kering karena Sering Mencuci Tangan

4. AC ruangan

Wajib Dihindari, Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Sering Diabaikanpixabay.com/ninofficialphotography

Kulit yang terpapar oleh suhu AC cenderung lebih kering daripada kulit yang terkena suhu biasa. Ini dikarenakan udara di dalam ruangan tersebut berputar putar tanpa mengalami pergantian dari udara di luar ruangan. Sehingga mereka yang bekerja di ruangan ber AC lebih sering mengalami masalah kulit kering.

Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk mengaplikasiksan moisturizer setiap kulit mulai terasa kering.

5. Merokok

Wajib Dihindari, Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Sering Diabaikanpixabay.com/free-photos

Merokok nyatanya memang lebih banyak memiliki dampak negatif daripada positif. Salah satunya membuat kulit menjadi kering. Hal ini disebabkan rokok membuat oksigen dan aliran darah dalam tubuh tidak lancar.

Merokok juga mengurangi vitamin C Yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh agar kulit kita selalu lembab. Agar tidak memiliki masalah kulit kering yang serius, kamu harus memperbaiki kebiasaan merokok nih!

6. Terpapar sinar matahari langsung

Wajib Dihindari, Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Sering Diabaikanpixabay.com/nbc80

Hidup di Indonesia yang beriklim tropis membuatmu sering terpapar teriknya matahari. Ditambah dengan asap kendaraan yang lalu-lalang dijalanan semakin menambah efek buruknya bagi kulit. Sehingga seringkali kulit terasa kering ketika terlalu lama di bawah sinar matahari.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen maupun sunblock agar kamu terhindar dari efek negatif sinar matahari. Kamu tentu tidak mau kulitmu gosong karena terlalu lama berjemur di siang hari.

7. Sesuatu yang membuat alergi

Wajib Dihindari, Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Sering Diabaikanpixabay.com/cenczi

Jika kamu memiliki riwayat alergi tertentu, sebaiknya kamu benar-benar menjaga jarak terhadap benda tersebut. Karena jika kamu sampal memakan makanan yang membuat alergi, tidak hanya kulit yang akan terasa kering tetapi Juga akan menimbulkan efek lainnya. Misalnya seperti gatal-gatal, mual, iritasi kulit sambal sesak napas.

Oleh karena itu, kamu wajib banget berhati-hati terhadap makanan maupun benda yang membuatmu alergi nih!

Itulah tujuh hal yang dapat membuat kulit menjadi kering. Yuk, hindari ketujuh hal di atas agar kulitmu dapat selalu lembab.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Agar Kamu Terhindar dari Masalah Kulit Kering

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya