Comscore Tracker

5 Cara Merawat Kulit Kusam agar Lebih Cerah dan Bersinar, Masker Wajib

#IDNTimesLife Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal

Ada sejumlah faktor yang membuat kulit wajah menjadi kusam. Beberapa di antaranya adalah seringnya terkena paparan sinar matahari, stres, kulit dehidrasi, dan sebagainya.

Tapi, kamu gak perlu khawatir. Pasalnya, kulit kusam dapat diatasi dengan beberapa cara. Salah satunya, rajin melakukan perawatan kulit. Lalu, apa saja perawatan kulit yang harus dicoba? Yuk, simak cara merawat kulit kusam agar lebih cerah dan bersinar!

1. Membersihkan wajah secara optimal

5 Cara Merawat Kulit Kusam agar Lebih Cerah dan Bersinar, Masker WajibIlustrasi membersihkan wajah (Pexels.com/Sora Shimazaki)

Perlu diingat, dalam membersihkan wajah, sebaiknya kamu melakukan teknik double cleansing, yaitu membersihkan wajah dengan pembersih berbahan milk atau oil, lalu dilanjutkan dengan pemakaian sabun pembersih wajah.

Kamu bisa melakukan aktivitas ini dua kali dalam sehari, yaitu pagi sebelum memulai aktivitas dan malam setelah beraktivitas. Kamu pun bisa memanfaatkan momen ini untuk merelaksasikan wajah dengan cara dipijat selama semenit.

2. Rutin melakukan eksfoliasi

5 Cara Merawat Kulit Kusam agar Lebih Cerah dan Bersinar, Masker WajibIlustrasi eksfoliasi (Pexels.com/Polina Kovaleva)

Salah satu pemicu kulit menjadi kusam adalah penumpukan sel kulit mati pada wajah. Maka dari itu, melakukan eksfoliasi secara rutin adalah cara yang tepat untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Perlu diingat jika eksfoliasi gak boleh dilakukan setiap hari karena dapat merusak lapisan kulitmu. Untuk itu, lakukan proses ini setidaknya 1-2 kali dalam seminggu.

Baca Juga: 5 Perbedaan Physical vs Chemical Exfoliator yang Harus Kamu Tahu!

3. Menggunakan pelembap

5 Cara Merawat Kulit Kusam agar Lebih Cerah dan Bersinar, Masker WajibIlustrasi pakai pelembap (Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Penggunaan rangkaian skincare juga gak boleh terlewat. Salah satunya pelembap. Seperti yang kita tahu, kulit yang dehidrasi dapat membuat tampilan wajah jadi kusam. Pelembap di sini berperan untuk melembapkan dan menghidrasi kulit agar lebih sehat dan cerah.

4. Rutin memakai sheet mask

5 Cara Merawat Kulit Kusam agar Lebih Cerah dan Bersinar, Masker WajibIlustrasi maskeran (Pexels.com/Shiny Diamond)

Selain pelembap, kamu juga bisa menggunakan sheet mask secara rutin. Pasalnya, di sheet mask sudah terdiri dari essence ataupun serum yang dapat menutrisi kulit secara optimal.

Sheet mask memiliki kandungan yang sangat beragam. Jika memang kamu ingin mencerahkan wajah, kamu bisa pilih sheet mask dengan kandungan Vitamin C.

5. Selalu memakai sunscreen

5 Cara Merawat Kulit Kusam agar Lebih Cerah dan Bersinar, Masker WajibIlustrasi bercermin (Pexels.com/Sora Shimazaki)

Menggunakan sunscreen saat berada di luar atau dalam rumah, adalah hal yang wajib. Sunscreen memiliki kandungan SPF yang menjaga kulit dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit. Pastikan selalu mengaplikasikan ulang selama 2 atau 3 jam sekali.

Itu tadi 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit kusam. Selamat mencoba!

Baca Juga: Duo Kulit Kering dan Berminyak, Ini 7 Tips Merawat Kulit Kombinasi 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya