Comscore Tracker

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Efektif Mengurangi Kerontokan

#IDNTimesLife Pakai secara rutin agar mendapat hasil optimal

Setiap perempuan tentunya ingin memiliki rambut yang sehat dan berkilau. Gak heran jika hampir sebagian besar perempuan rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk merawat dan menjaga kesehatan rambutnya.

Salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk merawat rambut adalah lidah buaya. Pasalnya, lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin E, antioksidan, asam folat, dan kolin yang terbukti dalam merawat dan menjaga kesehatan rambut. Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, simak artikel di bawah ini!

1. Mengatasi rambut rontok

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Efektif Mengurangi KerontokanMartin Slavoljubovski dari Pixabay" target="_blank">ilustrasi rambut rontok (pixabay.com/slavoljubovski)

Memiliki rambut rontok memang menjadi permasalahan terbesar bagi setiap perempuan. Pada umumnya kerontokan pada rambut memang hal yang wajar terjadi, namun jika mengalami kerontokan yang berlebih dapat menyebabkan kebotakan.

Dilansir Urbancompany, lidah buaya memiliki kandungan protein, vitamin yang membantu menutrisi rambut agar tetap sehat. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu mengontrol dan mengatasi permasalahan rambut yang rontok.

Penggunaan lidah buaya secara rutin juga dapat membantu membersihkan kulit kepala dan mengurangi kerusakan, lho. Maka dari itu, lidah buaya menjadi salah satu bahan alami utama untuk mengatasi permasalahan rambut rontok.

2. Mengurangi kadar minyak yang ada di rambut

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Efektif Mengurangi Kerontokanilustrasi rambut dikepang (unsplash.com/tamarabellis)

Rambut lepek memang menggangu penampilan untuk setiap perempuan. Oleh karena itu, memilih kandungan perawatan rambut yang mengandung lidah buaya adalah pilihan yang tepat.

Pasalnya, lidah buaya mampu membersihkan batang rambut, membersihkan minyak berlebih hingga membersihkan residu yang berasal dari produk rambut lainnya secara optimal.  Meskipun membersihkan secara menyeluruh, lidah buaya tidak akan melukai helai rambut.

3. Meredakan kulit kepala yang gatal

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Efektif Mengurangi Kerontokanilustrasi cewek keramas (Pexels.com/Armin Rimoldi)

Dilansir Healthline, Dermatitis seboroik adalah istilah klinis yang biasa kita kenal dengan ketombe. Jika kamu memiliki permasalahan kulit kepala yang gatal dan mengelupas di bawah rambut, gak perlu khawatir lagi karena hal tersebut dapat diobati dengan menggunakan produk rambut dengan kandungan lidah buaya.

Selain itu, ada sebuah studi tahun 1998 yang menemukan bahwa asam lemak yang ada pada lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi. Berkat kandungan tersebut lidah buaya mampu mengatasi permasalahan kulit ketombe.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk untuk Mengatasi Rambut Rontok, Jadi Lebat Lagi!

4. Memperkuat dan memperbaiki helai rambut

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Efektif Mengurangi Kerontokanilustrasi rambut sehat (Pexels.com/Element5 Digital)

Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan Vitamin E yang dimana mampu meningkatkan pertumbuhan sel yang dapat membuat rambut menjadi sehat dan berkilau. Gak hanya itu, di dalam lidah buaya juga mengandung vitamin B12 dan Asam Folat yang juga berfungsi untuk mencegah dan merawat rambut agar rambut tumbuh dengan optimal.

5. Melindungi rambut dari paparan sinar matahari

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Efektif Mengurangi Kerontokanilustrasi rambut sehat (unsplash.com/alexandershustov)

Gel yang dihasilkan oleh lidah buaya dapat membuat lapisan pelindung di bagian rambut yang berguna untuk menjaga rambut agar tetap tehidrasi dengan baik. Selain itu, gel yang dihasikan oleh lidah buaya juga dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat terlalu sering terpapar sinar matahari dan polusi.

Itu tadi adalah 5 manfaat lidah buaya bagi rambut. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Mengalami Rambut Rontok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya