Comscore Tracker

5 Inspirasi Kebaya Prosesi Midodareni, Elegan dengan Konde Jawa

#IDNTimesLife Inspirasi tampil anggun buat calon mempelai

Kebaya menjadi busana yang kerap ditemui saat menyelenggarakan pernikahan. Bukan hanya ketika hari H, kain Nusantara yang identik dengan payet ini juga dipakai calon manten putri untuk lamaran hingga prosesi sebelum nikah seperti midodareni. 

Prosesi midodareni yang berasal dari adat Jawa memiliki pakem tersendiri, mulai dari tatanan rambut hingga busana pengantin. Nah kali ini, kami bakal kasih tunjuk inspirasi kebaya prosesi midodareni yang bisa jadi pilihan manis di hari pernikahanmu. Kayak apa aja? Keep scrolling!

1. Kebaya kutubaru pink dengan stagen ungu dan rok jarit berwiru

5 Inspirasi Kebaya Prosesi Midodareni, Elegan dengan Konde JawaVicky Shu (instagram.com/vickyshu)

Vicky Shu kenakan kebaya kutubaru dengan detail warna pink. Ia memadukannya sama stagen batik jumput ungu dan bawahan rok jarit berwiru depan. 

Untuk sepatu, penyanyi pop ini memadukan dengan peep toe heels warna pink. Sementara pada hairstyle, ia mengaplikasikan konde khas Jawa dengan detail ronce melati yang dipasang di bagian konde.

2. Kebaya panjang payet warna nude dengan bros dan rok jarit

5 Inspirasi Kebaya Prosesi Midodareni, Elegan dengan Konde JawaPaula Verhoeven (instagram.com/paula_verhoeven)

Paula Verhoven tampil menawan dengan kebaya panjang payet warna nude. Ia menambahkan bros klasik bertingkat dan detail bunga artifisial di bagian satu sisi lengan atas. 

Sedangkan untuk bawahan, pasangan aktris Baim Wong ini padukan sama rok jarit batik. Penampilannya terlihat paripurna dengan tatanan rambut konde khas Jawa, ronce melati, dan headpiece.

Baca Juga: 7 Ragam Kebaya Klasik ala Faradina Mufti, Ada Kebaya Pengantin Jawa!

3. Kebaya jumput orange dan rok batik merah

5 Inspirasi Kebaya Prosesi Midodareni, Elegan dengan Konde JawaKahiyang Ayu (instagram.com/allseasonsphoto)

Kahiyang Ayu melaksanakan prosesi midodareni dengan kebaya jumput warna orange. Ia memadukannya dengan bawahan rok batik warna merah. 

Persis pengantin khas Jawa, putri Presiden Joko Widodo ini padukan sama tatanan rambut dengan konde dan ronce melati. Penampilannya terlihat anggun dengan motif batik jumput yang memberi kesan atraktif.

4. Kebaya dengan train dengan detail payet dan rok jarit

5 Inspirasi Kebaya Prosesi Midodareni, Elegan dengan Konde JawaMomo Geisha (instagram.com/therealmomogeisha)

Momo Geisha tampil elok dengan kebaya panjang ber-train warna cokelat muda. Ia tambahkan bros klasik dan bawahan rok batik jarit.

OOTD kebayanya terlihat mewah dengan detail payet floral. Pada tatanan rambut, penyanyi ini mengenakan konde, ronce melati, dan tiara warna keemasan yang matching sama kebaya. 

5. Kebaya pink payet dengan bawahan rok batik motif floral

5 Inspirasi Kebaya Prosesi Midodareni, Elegan dengan Konde JawaNagita Slavina (instagram.com/chintamiatmanagara)

Nagita Slavina tampak anggun memakai kebaya pink dengan payet ketika prosesi midodareni. Pasangan Raffi Ahmad ini padukan dengan rok jarit motif floral. 

Terlihat glamor, kebaya yang ia pakai memancarkan pantulan emas putih dari payet dan bros. Aktris yang kerap disapa Gigi ini padukan dengan aksesori cincin dan tatanan rambut konde serta sematan ronce melati. 

Acara midodareni adalah satu dari beberapa rangkaian prosesi penting untuk pernikahan adat Jawa. Prosesi ini merupakan malam menjelang pernikahan bagi kedua mempelai. Dengan mengenakan kebaya, calon mempelai diharapkan memancarkan aura pengantinnya secara maksimal. 

Baca Juga: 10 Momen Haru Siraman dan Pengajian Alika Islamadina

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya