Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Bikin Wajahmu Makin Komedoan lho!

Kamu masih sering melakukannya?

Berbeda dengan jerawat yang letaknya lebih dalam, komedo biasanya terletak di permukaan kulit dan tersebar luas di bagian T-zone. Penyebab komedo bisa bermacam-macam, mulai dari tersumbatnya folikel rambut karena minyak dan bakteri hingga kesalahan saat mengaplikasikan produk makeup atau salah pilih skincare.Selain itu, beberapa kebiasaan sepele di bawah ini juga bisa bikin masalah komedo makin parah. 

1. Konsumsi makanan yang mengandung minyak atau gula berlebihan

5 Kebiasaan Ini Bikin Wajahmu Makin Komedoan lho!IDN Times/Rizka Yulita

Meski kesannya sepele, tapi makanan yang kita konsumsi juga berperan penting dalam produksi jumlah minyak di wajah. Semakin banyak makanan yang mengandung minyak seperti gorengan masuk tubuh, semakin rentan pula wajah mengalami komedoan karena kelebihan dalam produksi sebum. 

Selain itu, hati-hati dengan konsumsi gula. Batasi konsumsi glukosa dalam makanan berat serta pemanis buatan. 

2. Pemilihan makeup atau skincare yang tidak sesuai jenis kulit

5 Kebiasaan Ini Bikin Wajahmu Makin Komedoan lho!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Sebelum kamu memutuskan untuk mengaplikasikan produk tertentu, perhatikan dulu bahan serta manfaat yang tertera dalam kemasan tersebut. Jangan asal ambil karena mengikuti tren atau tergiur dengan klaim. Produk dengan testimoni bagus pun belum tentu cocok dengan jenis kulit wajah kamu.

Misalnya nih, kulit kamu adalah tipikal yang mudah berminyak. Maka hindari bedak two way cake, cushion atau foundation yang cenderung punya tekstur berat. Produk makeup dengan tekstur berat akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan masalah seperti komedo. 

3. Memegang wajah dalam keadaan tangan tidak steril

5 Kebiasaan Ini Bikin Wajahmu Makin Komedoan lho!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Menggesek atau memegang wajah dengan tangan terbuka bisa berbahaya karena biasanya tangan mengandung banyak bakteri yang tak terlihat. Hindari pula memencet komedo tanpa profesional di bidang perawatan. 

Jika hendak menghilangkan bagian wajah yang berminyak, kamu cukup memakai tisu wajah atau bloating paper di bagian T-zone yang banyak mengeluarkan minyak. 

Baca Juga: 5 Skincare Korea yang Ampuh Basmi Komedo Membandel 

4. Mencuci muka terlalu sering

5 Kebiasaan Ini Bikin Wajahmu Makin Komedoan lho!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Bahan kimia yang terkandung dalam facewash kurang baik apabila digunakan secara berlebihan. Meski pembersih muka kamu mengklaim memiliki khasiat beragam termasuk dalam hal ini adalah mengatasi masalah komedo, tapi kalau penggunaannya terlalu sering justru menimbulkan kulit kering dan rentan iritasi. Iritasi pada kulit muka yang sensitif ini yang menimbulkan komedo baik komedo putih maupun hitam.

5. Pola hidup yang buruk seperti kecanduan kafein dan nikotin

5 Kebiasaan Ini Bikin Wajahmu Makin Komedoan lho!IDN Times/Rizka Yulita

Setiap hal yang berlebihan bisa jadi menimbulkan masalah tanpa kamu sadari. Seperti misalnya membiasakan minum kopi atau mengonsumsi rokok setiap hari. Kalau sekali dua kali masih gak masalah, tapi kalau sampai kecanduan setiap hari nanti kamu yang repot sendiri.

Mulai sekarang kurangi konsumsi kafein karena kandungan di dalamnya bisa merangsang kelenjar minyak berlebih sehingga menimbulkan komedo. Asap pada rokok juga mengandung bahan berbahaya yang kurang baik untuk kulit wajah kamu. 

Itu tadi beberapa kebiasaan sepele yang tanpa disadari bisa membuat masalah komedo makin parah. Yuk, segera kurangin kalo pengin komedo kamu hilang!

Baca Juga: Harganya Mulai Rp11 Ribuan, 6 Skincare Lokal Ini Ampuh Atasi Komedo

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya