Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Bikin Muka Sehat Bebas Jerawat

Cukup dengan lima langkah

Memiliki wajah sehat berseri adalah dambaan setiap perempuan. Pasalnya, wajah adalah objek pertama yang bisa dilihat orang secara langsung. 

Namun, ada kalanya masalah kulit muka muncul karena berbagai penyebab. Seperti kurang menjaga kebersihan muka, faktor makanan, perubahan hormon, stres, hingga kesalahan dalam memilih produk perawatan. 

Untuk itu, berikut kami bagikan beberapa kebiasaan yang bikin muka sehat bebas jerawat. Apa aja? 

1. Hindari makanan yang bisa memproduksi banyak insulin

5 Kebiasaan yang Bikin Muka Sehat Bebas Jerawatilustrasi roti (pexels.com/Mariana Kurnyk)

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi kondisi kulit adalah pola makan. Dikutip dari Healthline, penelitian Journal of Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology menyebutkan bahwa jenis makanan tertentu merangsang produksi hormon yang bisa mengelurkan minyak berlebih. 

Makanan tertentu meningkatkan gula darah lebih cepat, yang mana akan melepaskan hormon insulin. Nah, hormon insulin yang berada dalam darah ini menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak sehingga meningkatkan risiko jerawat. 

Jadi, kamu sebaiknya menghindari makanan yang memicu lonjakan insulin. Makanan itu biasanya terdapat pada spageti, nasi putih, roti putih, dan gula. 

2. Memenuhi asupan nutrisi kulit dengan karbohidrat kompleks

5 Kebiasaan yang Bikin Muka Sehat Bebas Jerawatilustrasi jeruk (pexels.com/Pixabay)

Makanan dengan glikemik rendah seperti karbohidrat kompleks akan mengurangi risiko tumbuhnya jerawat. Karbohidrat kompleks ini dapat kamu temukan pada makanan yang dimasak dengan waktu cukup dan biji-bijian utuh.

Selain itu, beberapa makanan mampu mengurangi inflamasi seperti zinc mineral, vitamin A dan E, dan antioksidan. Makanan sehat juga terdapat pada makanan warna berwarna kuning dan orange, tomat, blueberries, beras merah, labu, kacang-kacangan, salmon, ikan, dan quinoa. 

3. Mengelola stres dengan tepat

5 Kebiasaan yang Bikin Muka Sehat Bebas Jerawatilustrasi kelola stres (pexels.com/energepic.com)

Pernah gak kamu tiba-tiba mendapat jerawat sesaat sebelum menghadiri acara penting? Kemunculan jerawat di bagian muka memang gak bisa diprediksi datangnya.

Dilansir Medical News Today, para ilmuwan meneliti keterkaitan antara hubungan stres dengan masalah kulit. Hasilnya menyebutkan bahwa mereka yang mengalami tingkat stres lebih tinggi dengan gejala seperti kulit gatal, rambut rontok, berkeringat, kulit bersisik, dan ruam tangan lebih mungkin mengalami masalah kulit.

Nah para peneliti ini menduga bahwa stres meningkatkan sebum, yang merupakan zat berminyak penyumbat pori-pori. Fase ini yang nantinya akan memperparah jerawat. 

Untuk itu, disarankan buat kamu untuk mengurangi stres sehingga kesehatan kulit lebih terjaga dari dalam. Selain itu, kamu bisa lho coba teknik pengurangan stres seperti latihan tai chi, yoga, atau meditasi.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Wajah Kencang dan Glowing, Mudah dan Murah!

4. Mengoleskan pelembap pada muka secara rutin

5 Kebiasaan yang Bikin Muka Sehat Bebas Jerawatilustrasi pelembap (pexels.com/Karolina Grabowska)

Fungsi dari pelembap adalah untuk menjaga lapisan atas sel kulit supaya terhidrasi dan mengunci kelembapan. Pelembap juga sering mengandung humektan yang membantu melembapkan. Bahan oklusif ini berguna buat mempertahankan kelembapan kulit dan emolien untuk menghaluskan ruang di antara sel kulit.

The American Academy of Dermatology merekomendasikan cara-cara untuk menjaga kulit supaya lembap. Yang mana seperti mengggunakan pembersih lembut dan bebas pewangi, mengeringkan kulit dengan handuk, hingga memakai krim atau lotion untuk menjaga kelembapan kulit.

5. Tidur cukup

5 Kebiasaan yang Bikin Muka Sehat Bebas Jerawatilustrasi tidur cukup (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Yep, kebiasaan baik yang paling mudah dilakukan buat menjaga agar kulit sehat dan bebas jerawat adalah tidur yang cukup. Tidur nyenyak akan menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata sekaligus memperbaiki warna kulit kamu. 

National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa tidur antara 7-9 jam setiap hari. Jadi, tidur di bawah jumlah waktu bisa jadi dapat merusak kesehatan, termasuk pada area kulit.

Selama tidur, kamu akan memasuki mode perbaikan dengan meregenerasi kulit, otot, dan sel darah serta otak. Tanpa tidur cukup, tubuh kamu akan kesulitan memproduksi kolagen baru yang juga berfungsi buat mencegah kulit kendur. 

Ternyata, menjaga kesehatan kulit agar tetap berseri bebas jerawat cukup mudah karena bisa kamu lakukan sendiri di rumah, bukan? 

Baca Juga: 5 Manfaat Ekstrak Buah Kaktus untuk Kulit, Atasi Jerawat dan Kerutan!

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya