Comscore Tracker

5 Kesalahan Pakai Maskara Ini Bikin Riasan Kamu Gak Maksimal lho!

Jangan sampe gagal cetar!

Pemakaian maskara pada makeup difungsikan supaya bulu mata tampak lentik. Alih-alih memakai eyelashes yang ribet, biasanya para cewek memakai produk maskara yang simpel untuk memperindah riasan mata.

Namun, masih banyak di antara kita yang masih salah dalam mengaplikasikan maskara. Apakah kamu salah satunya? Untuk itu, berikut IDN Times berikan beberapa kesalahan memakai maskara yang bikin riasan jadi gak maksimal. 

1. Tidak menjepit bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara, atau justru menjepit setelah memakai maskara

5 Kesalahan Pakai Maskara Ini Bikin Riasan Kamu Gak Maksimal lho!pexels/kinkate

Langkah pertama yang perlu kamu perhatikan adalah menjepit bulu mata sebelum memakai maskara. Beberapa dari kita masih ada yang menjepit bulu mata setelah memakai maskara. Padahal cara ini bisa menyebabkan kerontokan bulu mata karena bulu mata sudah dalam tekstur yang agar keras.

Selain itu perhatikan pula produk maskara. Simpan di tempat yang bersih dan perhatikan waktu expired produk maskara sebelum kamu memakainya. Meski terkesan sepele, namun pemakaian produk maskara yang sudah kedaluwarsa tidak aman lho! Begitu pula produk maskara yang tidak cocok bisa menyebabkan iritasi pada mata. 

2. Berkali-kali memompa maskara dengan aplikator

5 Kesalahan Pakai Maskara Ini Bikin Riasan Kamu Gak Maksimal lho!pexels/Breakingpic

Cukup putar aplikator dalam botol selama sekali untuk mendapatkan cairan maskara yang dibutuhkan. Jangan terbiasa memompa berkali-kali karena hal ini bisa menyebabkan udara masuk sehingga cairan dalam maskara akan lebih mudah mengering.

Kalau cairan mengering, otomatis produk maskara tidak dapat digunakan lagi. Nah untuk itu, kurangi memompa aplikator pada maskara terlalu sering dan terlalu ke dalam ya! 

3. Penggunaan yang salah saat memoles pada bulu mata

5 Kesalahan Pakai Maskara Ini Bikin Riasan Kamu Gak Maksimal lho!pexels/Andrea Piacquadio

Untuk menghasilkan bulu mata yang lentik hindari mengaplikasikan maskara dengan gerakan ke atas dari akar hingga ujung. Coba mulai variasi dengan gerakan zig-zag, ke kiri dan ke kanan. Cara ini bisa kamu lakukan agar bulu mata mudah dilapisi maskara dan bisa tampak lentik. 

Kemudian hindari memoles terlalu sering karena ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Sebab jika terlalu banyak, kamu justru membuat bulu mata menjadi berat dan menggumpal. Kamu cukup memoleskan maskara sebanyak dua sampai tiga kali untuk mendapat bulu mata yang indah nan cetar. 

Baca Juga: Gagal Cetar! Stop Ulangi 5 Kesalahan Ini Saat Pakai Penjepit Bulu Mata

4. Tidak memisahkan bulu mata dengan spoiler brush

5 Kesalahan Pakai Maskara Ini Bikin Riasan Kamu Gak Maksimal lho!pexels/Creative Stash Studio

Untuk merapikan riasan maskara pada bulu mata kamu, gunakan spoiler brush saat akan memakai maskara dan setelah menggunakannya. Masih banyak dari kita yang belum memakai sapuan spoiler brush ini karena mengira sudah cukup dengan menggunakan maskara.

Penggunaan spoiler brush akan membantu bulu mata menjadi rapi. Bulu mata tampak terpisah, tidak menggumpal sehingga terlihat natural. Pastikan yang kamu gunakan adalah sisir khusus untuk bulu mata ya!

5. Tidak mengganti produk maskara yang sudah kedaluwarsa

5 Kesalahan Pakai Maskara Ini Bikin Riasan Kamu Gak Maksimal lho!pexels/Mateusz Dach

Kembali lagi ke poin pertama, jangan sampai kamu memakai kembali produk maskara yang jelas-jelas sudah tidak layak digunakan. Hindari memakai maskara daur ulang seperti memberi cairan panas agar maskara yang kering kembali cair. Sebab cara ini akan merusak produk maskara itu sendiri. 

Pokoknya kalau sudah gak bisa digunakan kamu bisa membuangnya. Kalau kamu masih nekat, nanti riasan makeup kamu jadi gak higienis lagi. Jadinya kamu sendiri yang repot jika mata kamu kena iritasi. Setidaknya ganti maskara setiap tiga bulan, atau sesuai dengan tanggal kedaluwarsa yang tertera di botol.

Berikut tadi beberapa kesalahan saat memakai maskara yang perlu kamu perhatikan. Kalau sudah tahu kesalahan yang mungkin masih kamu lakukan, sekarang jadi tahu deh bagaimana menggunakan dengan benar! 

Baca Juga: Tahukah Kalian 5 Kesalahan Makeup Ini Ternyata Bikin Wajahmu Jerawatan

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya