6 Inspirasi Motif Batik Nusantara, Bikin Kamu Anggun & Stylish

Sudah tahu batik punya kamu itu motif apa?

Indonesia kaya dengan seni dan budaya, termasuk dengan busana tradisi yang tersebar di nusantara. Salah satu busana yang menjadi kebanggaan adalah kain batik yang tersebar dari berbagai daerah. Batik jadi semakin populer semenjak tahun 2009 karena menjadi warisan budaya dunia yang terus dilestarikan dan telah diakui oleh UNESCO.

Kamu pasti setidaknya punya satu batik di rumah, namun apakah kamu tahu batik itu motif apa? Nah untuk lebih mengenal lagi, berikut adalah beberapa motif batik beserta asal mulanya. Yuk, simak artikel berikut ini.

1. Batik Kawung

6 Inspirasi Motif Batik Nusantara, Bikin Kamu Anggun & Stylishelevenia.co.id

Kawung adalah motif batik paling populer dan dipercaya menjadi motif tertua, batik ini memiliki pola seragam yang punya kemiripan dengan bagian tubuh kumbang dan buah kolang-kaling. Menurut sejarah, motif ini hanya dapat dipakai oleh lingkungan dalam kerajaan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. 

2. Batik Megamendung

6 Inspirasi Motif Batik Nusantara, Bikin Kamu Anggun & Stylishfasnina.com

Motif batik megamendung merupakan ciri khas dari batik Cirebon yang berbentuk awan. Biasanya motif batik ini didominasi oleh warna cerah seperti biru, putih, hijau, dan merah melambangkan pemukiman masyarakat Cirebon yang berada di daerah pesisir yang ramah dan terbuka. Motif batik ini bermula dari perpaduan budaya Tiongkok dan Jawa Barat, namun sekarang sudah dikenal di berbagai dunia.

3. Batik Parang

6 Inspirasi Motif Batik Nusantara, Bikin Kamu Anggun & Stylishfasnina.com/batik-parang

Motif batik parang merupakan salah satu motif tertua yang berasal dari kata parang atau lereng yang memiliki bentuk garis diagonal seperti motif batik ini. Pada setiap susunan motif terdapat huruf S yang saling terkait satu dengan yang lain, ini melambangkan kesinambungan. Bentuk S diadaptasi dari bentuk ombak lautan yang melambangkan semangat yang tidak pernah padam. 

Secara filosofis batik ini mengandung makna atau pesan bahwa manusia hendaknya tidak pernah menyerah mengarungi kehidupan, sebagaimana ombak di samudra yang tidak pernah lelah untuk bergerak.

Baca Juga: 9 Motif Batik Tancep Gunungkidul yang Indah Bernilai Tinggi

4. Batik Papua

6 Inspirasi Motif Batik Nusantara, Bikin Kamu Anggun & Stylishfasnina.com/batik-papua

Banyak kota di Indonesia yang memiliki motif batik sendiri, termasuk juga motif batik luar Jawa seperti Papua. Motif batik Papua menunjukkan kekayaan di sekitar Papua dan adat istiadat yang masih dipertahankan. Biasanya motif batik Papua cenderung berwarna gelap dan banyak bentuk dari gambaran patung khas daerah timur Indonesia, atau burung cenderawasih yang terkenal. 

5. Batik Bali

6 Inspirasi Motif Batik Nusantara, Bikin Kamu Anggun & Stylishshopperboard.com

Bali juga memiliki batik motif sendiri yang menampilkan kerajinan warga lokal. Corak yang dimuat beragam termasuk perpaduan dengan motif Tiongkok. Cara pembuatannya dengan cara ditulis di atas kain sehingga tampak indah dan bernilai seni tinggi. 

6. Batik Pekalongan

6 Inspirasi Motif Batik Nusantara, Bikin Kamu Anggun & Stylishfasnina.com

Batik Pekalongan sangat populer dengan koleksinya bermotif bunga. Pada awalnya, motif batik Pekalongan merupakan perpaduan antara budaya Arab dan Tionghoa. Batik ini cukup khas dan memiliki ciri karena dibuat dengan pewarna soga dan didominasi dengan garis dan titik. Batik Pekalongan cukup digemari dan menjadi trend setter untuk dimodifikasi para perancang busana.

Itulah tadi beberapa motif batik yang bisa menginspirasi dan menambah anggun tampilan kamu.

Baca Juga: Perajin Difabel Jadi Cerita di Balik Jahitan Batik Kultur

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Just For You