Comscore Tracker

Meski Gak ke Mana-Mana, Ini Pentingnya Cuci Muka Saat di Rumah Aja!

Biar wajah tetap glowing

Kulit wajah setiap orang memiliki karakteristik berbeda. Ada yang sensitif, normal, hingga oily skin. Inilah kenapa setiap perawatan kulit wajah punya treatment sendiri.

Apalagi dalam kondisi sekarang yang mengharuskanmu banyak berkegiatan di rumah, wajah tetap harus dirawat setidaknya dengan cuci muka rutin. Berikut ini IDN Times beberkan pentingnya cuci muka saat di rumah aja.

1. Slogan #dirumahaja terkadang membuat kita abai dengan perawatan kulit, khususnya wajah

Meski Gak ke Mana-Mana, Ini Pentingnya Cuci Muka Saat di Rumah Aja!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Dokter Spesialis Kulit, dr. Eddy Karta Sp.KK, Ph.D. dalam siaran pers oleh Senka pada Kamis (9/4) mengatakan bahwa slogan #dirumahaja terkadang membuat kita abai dengan perawatan kulit, khususnya wajah.

Berkurangnya kegiatan rutin yang membuat kondisi wajah tidak banyak bersentuhan dengan sinar matahari, debu, dan polusi, kadang membuat kita lalai untuk membersihkan wajah pada waktunya. 

2. Padahal momen di rumah saja bisa jadi kesempatan baik untuk memberikan perhatian lebih pada diri sendiri

Meski Gak ke Mana-Mana, Ini Pentingnya Cuci Muka Saat di Rumah Aja!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Beberapa masalah kulit justru muncul ketika berkegiatan di rumah saja. Misalnya, dehidrasi yang membuat wajah berminyak, yang selanjutnya membuat wajah tak segar.

Kemudian, pola makan atau pola tidur yang tidak teratur membuat kulit tidak dapat melakukan regenerasi secara optimal. 

"Momen di rumah saja sesungguhnya bisa menjadi kesempatan baik untuk memberikan perhatian lebih pada diri sendiri. Salah satunya dengan merawat wajah. Dimulai dengan penggunaan pembersih wajah yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit sekaligus meningkatkan kolagen kulit", terang dr. Eddy Karta Sp.KK, Ph.D.

3. Masalah jerawat yang muncul saat berkegiatan di rumah, bisa jadi karena kulit yang memproduksi sebum terlalu banyak

Meski Gak ke Mana-Mana, Ini Pentingnya Cuci Muka Saat di Rumah Aja!IDN Times/Rizka Yulita

Jerawat dan komedo bisa muncul karena kulit yang memproduksi sebum terlalu banyak sehingga menyumbat pori-pori, tertimbunnya kotoran, dan sel kulit mati yang juga menyumbat pori.

Penyebab lainnya karena adanya kuman Cutibacterium Acnes di kulit wajah dan reaksi imunitas tubuh melawan infeksi dengan reaksi peradangan yang menyebabkan jerawat. 

Senka, brand pembersih wajah dari Jepang menghadirkan pembersih wajah untuk kulit berjerawat yaitu Senka Perfect Whip Acne Care, pembersih wajah pertama dengan ekstrak Kyoto Chamomile.

Selain memiliki berbagai manfaat kesehatan, Chamomile juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan kulit. Ekstrak Kyoto Chamomile memiliki manfaat sebagai antibakteri, membantu jerawat lebih cepat sembuh, dan mencegah kerusakan kulit lebih lanjut. 

Baca Juga: Buat Pemula, 6 Langkah Sederhana Pakai Skincare di Rumah

4. Antibakteri dan antioksidan diperlukan untuk mengurangi koloni kuman penyebab jerawat

Meski Gak ke Mana-Mana, Ini Pentingnya Cuci Muka Saat di Rumah Aja!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Produk perawatan wajah seharusnya dibuat untuk membersihkan dari kotoran dan kulit mati sehingga tidak terjadi sumbatan pori, sekaligus menjaga kulit dari iritasi sehingga produksi minyak tidak bertambah.

"Antibakteri dan antioksidan diperlukan untuk mengurangi koloni kuman penyebab jerawat dan mengurangi reaksi radang. Sehingga peradangan jerawat dapat ditekan dan tidak meninggalkan bekas hiperpigmentasi pasca acne," papar dr. Eddy Karta Sp.KK, Ph.D.

5. Kandungan asam salisilat dalam Senka Perfect Whip Acne Care berperan merawat kulit berjerawat sekaligus sebagai pembersih

Meski Gak ke Mana-Mana, Ini Pentingnya Cuci Muka Saat di Rumah Aja!Dok. Senka

Kandungan asam salisilat dalam Senka Perfect Whip Acne Care mampu membersihkan pori-pori dari kotoran, minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan membersihkan makeup secara menyeluruh.

Sedangkan kandungan White Cocoon Essence & Double Hyaluronic Acid merupakan bahan unggulan untuk membantu melindungi kulit dari dehidrasi sehingga bisa terawat dengan lembut. 

"Kami ingin melengkapi produk perawatan kulit perempuan Indonesia untuk kondisi kulit apa pun, agar mereka percaya diri melakukan berbagai aktivitas dengan wajah cantik alami, bersih dan lembap," pungkas Senior Brand Manager Senka Indonesia, Fanny Aeni.

6. Berbarengan dengan itu, Senka turut menghadirkan Senka Perfect Whip Collagen In yang membantu meningkatkan elastisitas kulit

Meski Gak ke Mana-Mana, Ini Pentingnya Cuci Muka Saat di Rumah Aja!Dok. Senka

Kolagen merupakan protein penting dalam tubuh. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan menurun dan menyebabkan kulit kurang elastis serta muncul garis-garis halus atau keriput.

Sejumlah kondisi juga dapat memperparah produksi kolagen, seperti pola makan, stres, dan pola tidur yang tidak teratur. Meski kamu sedang di rumah saja, pasti beberapa di antara kamu ada yang mengalami masalah-masalah itu bukan?

“Disempurnakan dengan inovasi unggulan dari Shiseido Group, yaitu teknologi Micro Dense Foam dengan Aqua In Pool untuk melindungi kulit terhadap kerusakan sehari-hari sekaligus memperkuat fungsi pelindung kulit, serta Silk Cocoon Essence yang mampu mengunci kelembapan wajah," tutur Fanny.

Jadi, itu tadi pentingnya merawat wajah meski kamu sekarang sedang banyak berkegiatan di rumah. Kulit harus diperhatikan agar tetap bersih dan terhindar masalah kulit wajah, khususnya untuk oily skin supaya jerawat bisa diminimalisir. 

Baca Juga: 7 Urutan Skin Care Pagi Bikin Muka Tambah Glowing, Sudah Melakukannya?

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya