Comscore Tracker

Kulit Kaku dan Jerawatan, Ini 5 Tanda Kamu Salah Pilih Sabun Cuci Muka

Gak boleh diremehin walau cuma sabun

Klaim skincare yang bermacam-macam kerap kali membuat orang tergiur, bahkan menggunakannya atas dalih coba-coba. Padahal, memilih skincare seperti sabun wajah yang tepat, sangat dianjurkan agar muka bersih tanpa menimbulkan efek samping.

Selain perih dan kering, berikut ini beberapa tanda kamu telah salah pilih sabun cuci muka. Jangan sampai kamu gak menyadarinya, ya!

1. Kulit makin kering atau justru berminyak

Kulit Kaku dan Jerawatan, Ini 5 Tanda Kamu Salah Pilih Sabun Cuci MukaIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Tanda pertama salah pilih sabun muka adalah wajah semakin kering untuk kulit kering atau justru mengeluarkan sebum berlebih untuk kulit berminyak. Jika dibiarkan, pori-pori wajah akan tersumbat kotoran hingga muncul jerawat putih maupun hitam. 

Untuk menghindarinya, kamu bisa pilih sabun cuci muka yang bebas minyak. Selain itu, pilih sabun dengan formula membersihkan pori secara menyeluruh. Dengan memakai sabun muka sesuai jenis kulit atau kebutuhanmu, maka hasilnya pun akan lebih maksimal.

2. Terjadi iritasi di seluruh wajah

Kulit Kaku dan Jerawatan, Ini 5 Tanda Kamu Salah Pilih Sabun Cuci Mukaunsplash.com/ Laura Cukaj

Kulit yang terasa perih merupakan tanda kedua bahwa sabunmu tidak cocok sama jenis kulit. Kemungkinan besar, sabun muka yang kamu pakai memiliki kandungan yang cenderung keras. Kulit pun jadi mudah mengelupas karena iritasi.

Selain itu, kulit perih ini biasanya disertai dengan ruam merah, terlebih buat kamu yang memiliki tipe kulit sensitif. Kamu bisa menghindari sabun cuci muka yang mengandung alkohol, scrub, dan sulfat. 

3. Wajah lebih mudah berjerawat

Kulit Kaku dan Jerawatan, Ini 5 Tanda Kamu Salah Pilih Sabun Cuci MukaIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Niat hati ingin membersihkan wajah agar terhindar dari masalah kulit, namun sabun yang dipakai justru menyebabkan jerawat atau breakout. Dengan kata lain, sabun yang kamu pakai tak cocok sehingga menyebabkan bahan dalam sabun menimbulkan jerawat. 

Pastikan kamu memilih sabun cuci muka yang tak hanya membersihkan, namun juga melembapkan. Sebelum membeli, baca dulu kandungan yang ada dalam kemasan dan efek samping untuk kulitmu, ya!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Facial Foam Cleanser Mulai dari Rp9 Ribuan!

4. Kulit wajah bertekstur kasar, bahkan terasa gatal dan panas

Kulit Kaku dan Jerawatan, Ini 5 Tanda Kamu Salah Pilih Sabun Cuci MukaIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Tanda selanjutnya kalau mukamu tak cocok dengan sabun yang dipakai adalah ketika kulit terasa kasar. Bahkan, mungkin kamu merasakan panas akibat kandungan tertentu yang ada di dalamnya. 

Ini berarti produk yang digunakan membuat kulit dehidrasi secara berkala. Kulit yang kekurangan kelembapan, akan tampak lebih kusam lho! Sering kali, wajah kasar disertai rasa panas atau gatal. Kamu dapat beralih pada produk yang berbasis air untuk menghindarinya. 

5. Kulit terasa kencang atau kaku

Kulit Kaku dan Jerawatan, Ini 5 Tanda Kamu Salah Pilih Sabun Cuci MukaIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Tanda yang paling sering dijumpai ketika salah pilih sabun cuci muka adalah kulit jadi kencang seperti ditarik. Pernah gak setelah cuci muka, kulit justru terasa kaku? Barangkali, sabun yang dipakai dapat membersihkan, namun tak mampu menghidrasi kulit.

Jika kulit terasa kencang, ini adalah tanda sabun muka justru menyerap minyak alami wajah sehingga kadar pH kulit tak seimbang. Untuk mengatasinya, kamu dapat memilih sabun cuci muka yang mengandung ceramide atau hyaluronic acid demi menjaga kelembapan.

Itu tadi beberapa gangguan kulit yang ditimbulkan akibat salah pilih sabun cuci muka atau facial wash. Sebelum terjadi masalah kulit yang lebih lanjut, setidaknya kamu tahu beberapa hal di atas untuk segera mengatasinya ya!

Baca Juga: Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 6 Manfaat Facial secara Rutin

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya