Comscore Tracker

6 Cara Memutihkan Leher Secara Alami dan Ampuh, Aman Kok!

Agar lebih cerah

Leher yang menghitam bisa bikin kita kurang percaya diri, kesannya seperti tak bisa menjaga kebersihan tubuh. Padahal meski bagian itu adalah leher yang jarang terlihat,  kebersihannya harus tetap diperhatikan seperti bagian tubuh lain. Jika tidak, kotoran akan terus menumpuk dan menyebabkan leher berwarna hitam.

Namun tenang dulu, karena kotoran yang menumpuk hingga membuat leher menghitam itu sebenarnya juga bisa dicegah, lho. Mau tahu seperti apa saja tips atau cara memutihkan leher secara alami yang aman untuk kamu coba?  

Yuk, simak di artikel berikut ini!

1. Memperbanyak konsumsi air putih

6 Cara Memutihkan Leher Secara Alami dan Ampuh, Aman Kok!unsplash/ Mitch Lensink

Air putih dapat menutrisi kulit leher sekaligus memberikan kelembapan dengan baik. Rata-rata air yang dibutuhkan tubuh pada umumnya sekitar 8 gelas dalam sehari.

Jika kebutuhan air terjaga, kulit akan memiliki cadangan air cukup untuk memberi kelembapan sekaligus mencerahkan kulit termasuk kulit leher.

Tentunya hal ini tetap dibarengi dengan usaha lain seperti membersihkan leher dengan teratur saat mandi. Kamu juga dapat membersihkan sisa kotoran yang menempel dengan baby oil dan kapas. 

2. Jika BB kamu melebihi rata-rata, mulai kurangi BB untuk mencegah acanthosis nigricans

6 Cara Memutihkan Leher Secara Alami dan Ampuh, Aman Kok!unsplash/ Matthew LeJune

Kulit yang menghitam dapat disebabkan oleh acanthosis nigricans. Istilah ini merujuk pada gangguan kulit yang ditandai dengan kulit lebih gelap, tebal, seperti beludru pada lipatan tubuh.

Jika saat ini berat badan kamu di atas rata-rata, mulai perhatikan pola makan yang benar dan mulailah membiasakan hidup sehat.

Lipatan di tubuh karena menumpuknya lemak dapat kamu kendalikan dengan memulai diet dan membiasakan olahraga secara teratur.

Dengan menjaga berat tubuh maka lemak akan berkurang, sehingga lipatan tubuh yang menampung kotoran menumpuk dapat lebih mudah dibersihkan.

3. Meski kesannya sepele, namun membersihkan leher tiap kali mandi itu penting agar kotoran tidak menumpuk

6 Cara Memutihkan Leher Secara Alami dan Ampuh, Aman Kok!unsplash/ Roberto Nickson

Kerap kali menjadi bagian yang sering lupa dibersihkan saat mandi, leher yang menghitam sebenarnya dapat kamu cegah dengan membersihkan secara rutin tiap kali mandi.

Karena ketika kamu membiarkan beberapa waktu, kotoran bisa jadi akan menumpuk sehingga lebih susah dibersihkan. 

Mulailah membersihkan dari bagian leher depan kemudian memutar ke bagian daki belakang. Saat kamu rajin membersihkan tiap hari, maka bagian kulit yang menghitam akan kembali ke warna kulit semula. 

Baca Juga: 8 Perempuan Ini Tunjukkan bahwa Kulit Hitam Juga Menawan

4. Bersihkan dengan baby oil dan kapas

6 Cara Memutihkan Leher Secara Alami dan Ampuh, Aman Kok!ichaafrizajourney.com

Beauty hacks memakai baby oil dan kapas ini bisa kamu pakai untuk membersihkan kotoran yang menempel di lipatan lemak leher juga, lho.

Tekstur minyak dari baby oil akan memudahkan untuk membersihkan kotoran tanpa harus terjadi iritasi.

Kandungan dalam minyak bayi ini aman diaplikasikan pada bagian tubuh manapun termasuk leher.

5. Membersihkan dengan bahan-bahan alami secara rutin

6 Cara Memutihkan Leher Secara Alami dan Ampuh, Aman Kok!goodhousekeeping.com

Beberapa bahan alami dapat kamu gunakan untuk membersihkan kotoran pada leher. Seperti misalnya cuka apel, lidah buaya, lemon, kentang, almond oil, baking soda, dan lain-lain.

Cara memakainya cukup mudah, tuangkan beberapa tetes cairan seperti cuka apel, air dari rendaman kentang atau baking soda, almond oil, lidah buaya, atau air lemon pada kapas.

Kemudian usapkan kapas merata pada leher seperti kamu sedang membersihkan sisa makeup di wajah. 

6. Pakai cleanser, kamu juga bisa menambahkan face mist untuk melembapkan kulit leher

6 Cara Memutihkan Leher Secara Alami dan Ampuh, Aman Kok!unsplash/ Charisse Kenion

Untuk hasil lebih maksimal, kamu dapat memakai cleanser  muka untuk membersihkan bagian leher. Baik itu face wash maupun cleanser biasa yang biasa kamu gunakan untuk membersihkan wajah.

Jika kulitmu cenderung mudah kusam, gelap, dan kering, pakai face mist untuk menjaga kelembapan dan kecerahan kulit leher. 

Demikianlah ulasan kali ini mengenai metode cara memutihkan leher yang hitam dan mudah untuk kamu coba terapkan sehari-hari.

Leher barangkali tidak terlihat, namun bukan berarti kamu dapat mengabaikan hingga lupa membersihkannya. Yuk, mulai sekarang lebih perhatian sama kebersihan leher kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Penyebab Leher Hitam dan Cara Mengatasinya, Mudah kok!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya