Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Coat dan Jaket agar Tahan Lama, Bahannya Tetap Tebal!

Jangan asal ya!

Coat dan jaket memiliki bahan yang cukup tebal. Perawatannya pun gak boleh sembarangan. Cara kamu menyimpan jaket, juga memengaruhi keawetan dari jaket itu.

Kondisi lingkungan, suhu, dan kelembapan ruangan turut memengaruhi apakah jaket mampu bertahan lama atau justru sebaliknya. Kali ini, kami akan bagikan tips menyimpan jaket dan coat dengan cara yang benar agar berumur panjang. Apa saja?

1. Gantung jaket atau coat setelah dicuci di lemari

5 Tips Menyimpan Coat dan Jaket agar Tahan Lama, Bahannya Tetap Tebal!pexels.com/Zhanzat Mamytova

Jaket dan coat memiliki bahan yang berbeda-beda. Ada jaket yang terbuat dari denim, kulit, bulu angsa, parasut, hingga corduroy. Namun secara umum, coat dan jaket biasanya disimpan dengan cara digantung setelah dicuci.

Trik menyimpan ini membantu jaket agar tetap kering dan awet. Sebaliknya, jika kamu menyimpan dengan cara melipat, maka akan menambah lekukan pada jaket kamu. 

2. Pakai penyerap kelembapan ruangan atau silica gel

5 Tips Menyimpan Coat dan Jaket agar Tahan Lama, Bahannya Tetap Tebal!pexels.com/Leticia Ribeiro

Apabila lemari pakaian tertutup rapat alias gak memiliki ventilasi atau rongga udara, maka gunakan alat penyerap kelembapan seperti silica gel. Melakukan cara ini akan membantu penyimpanan jaket dan coat agar tetap lembap.

Jaket pun tidak mudah kena jamur karena terjamin kebersihannya. Kotoran atau debu bisa tersaring dengan tambahan silica gel di lemari.

3. Jika kamu ingin memakai kembali jaket, gantung di luar lemari

5 Tips Menyimpan Coat dan Jaket agar Tahan Lama, Bahannya Tetap Tebal!pexels.com/Lisa Fotios

Bahan kain yang tebal dan beragam membuat jaket menjadi lumrah dipakai beberapa kali sebelum dicuci. Maka dari itu, kamu bisa menggantung kembali jaket di luar lemari setelah dipakai keluar ruangan.

Gantung di tempat yang memiliki sirkulasi serta udara yang baik. Misalnya, seperti kapstok atau gantungan pakaian yang ada di luar lemari. 

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Noda di Jaket Suede, Bukan Pakai Mesin Cuci

4. Hindari merendam jaket atau coat ketika dicuci

5 Tips Menyimpan Coat dan Jaket agar Tahan Lama, Bahannya Tetap Tebal!pexels.com/Daria Sannikova

Untuk menghindari kerusakan pada bahan jaket, hindari mencuci dengan cara merendam menggunakan detergen. Kalau bisa, gunakan detergen yang ringan seperti detergen bayi ketika mencuci jaket.

Selain itu, hindari mengeringkan jaket melalui sinar matahari secara langsung. Jaket akan kaku dan kering jika terkena panas matahari secara langsung. 

5. Setrika jaket dengan suhu yang tepat

5 Tips Menyimpan Coat dan Jaket agar Tahan Lama, Bahannya Tetap Tebal!pexels.com/Pixabay

Setelah jaket kering, kamu bisa menggunakan setrika untuk merapikan. Namun ingat bahwa penggunaan setrika juga perlu memperhatikan suhu yang tepat. 

Penggunaan suhu yang tepat akan membantu jaket tidak cepat rusak dan memudar. Misalnya, jika jaket kamu berbahan denim, maka suhu yang aman adalah dengan suhu setrika sedang. 

Baca Juga: 9 Ide Mix and Match Jaket Ala Ryujin ITZY, Simpel Banget Lho!  

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya