Comscore Tracker

5 Tips Merawat Outfit Berbahan Jeans, biar Awet dan Gak Pudar

Supaya jeans kamu tahan lama, nih

Jeans atau denim menjadi bahan outfit yang diminati oleh semua kalangan. Selain  sebagai penunjang penampilan, jeans merupakan fashion item yang tak lekang oleh zaman. Hadir dengan berbagai model baik atasan maupun bawahan, perawatan jeans yang benar tentu membuat jeans semakin awet.

Kamu barangkali punya satu dua potong jeans di lemari. Namun, apa kamu sudah tahu bagaimana cara perawatan dengan benar? Berikut beberapa tips perawatan jeans yang mudah kamu terapkan. 

1. Hindari mencuci jeans yang masih baru

5 Tips Merawat Outfit Berbahan Jeans, biar Awet dan Gak Pudarpexels.com/The Lazy Artist Gallery

Berbeda dengan perawatan pakaian lainnya, jeans yang baru dibeli bisa kamu pakai  dahulu kemudian baru dicuci. Perlakuan ini khusus diterapkan pada jeans agar warnanya gak mudah luntur. Sehingga, bahannya pun bisa tahan lama dan gak mudah usang.

Untuk mencucinya, hindari penggunaan mesin cuci agar awet. Kamu cukup pakai tangan dengan cara memisahkan dulu terhadap pakaian lain. Pakai air suhu normal dengan detergen yang bebas dari kandungan flourescent. Satu lagi, jangan terlalu lama merendam jeans pada air detergen ya!

2. Balikkan jeans ketika disetrika

5 Tips Merawat Outfit Berbahan Jeans, biar Awet dan Gak Pudarpexels.com/Mica Asato

Tips selanjutnya adalah saat menyetrika outfit berbahan jeans. Kamu perlu membalikkan jeans terlebih dahulu sebelum disetrika agar warna pada permukaan luar tidak mudah pudar. 

Siapkan outfit berbahan jeans yang benar-benar kering sebelum menyetrika. Jeans yang kering akan memperkecil tumbuhnya jamur setelah disetrika. 

3. Simpan dengan cara digantung

5 Tips Merawat Outfit Berbahan Jeans, biar Awet dan Gak Pudarpexels.com/Mica Asato

Untuk menyimpan jeans di lemari, kamu bisa menyimpannya dengan cara digantung. Sebab, jeans yang disimpan dengan cara dilipat akan memberikan bekas lipatan serta memudarkan warna jeans. 

Jadi agar awet, simpan jeans atau bahan pakaian denim kamu dengan cara digantung, ya! Aplikasikan lemari yang ada gantungan dan hanger.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Ripped Jeans Kesayangan Agar Tetap Awet

4. Tips merawat jeans yang terkena noda

5 Tips Merawat Outfit Berbahan Jeans, biar Awet dan Gak Pudarmaids.com

Bahan jeans yang tebal terkadang menyulitkan kamu untuk membersihkan saat terkena noda. Di sisi lain, setiap noda pada jeans perlu perlakuan khusus lho!

Jika terkena noda tinta, jeans perlu digosok dengan alkohol sedikit sebelum dicuci. Saat terkena noda getah, kamu bisa mendiamkan dengan alkohol selama lima menit kemudian gosok dengan jari tangan, setelah itu baru dicuci. 

Untuk noda permen karet, pakai es batu dan diamkan hingga beku lalu cuci seperti biasa. Untuk noda lumpur, kamu bisa rendam dengan mencampur detergen dan air hangat terlebih dahulu. Nah, ternyata jeans yang terkena noda tertentu juga perlu diperhatikan cara membersihkannya dengan tepat ya!

5. Hindari parfum, kamu bisa menghilangkan bau dengan menaruh di microwave atau freezer

5 Tips Merawat Outfit Berbahan Jeans, biar Awet dan Gak Pudarpexels.com/Curtis Adams

Untuk menghilangkan bau tak sedap pada jeans, hindari penggunaan pengharum pakaian. Pergilah ke dapur dan temukan beberapa alat yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau.

Mungkin cara ini terkesan absurb, tapi coba masukkan jeans pada microwave hingga suhu 148 derajat Celcius selama satu jam. Cara ini bisa kamu lakukan untuk membunuh bakteri yang ada pada jeans.

Selain memasukkan pada microwave, kamu bisa memanfaatkan freezer di lemari es. Cara ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap yang belum terlalu menyengat. 

Itu tadi beberapa tips merawat celana jeans agar tidak mudah pudar. Meski terkesan sepele, tapi cara ini bisa bermanfaat jika kamu ingin jeans tahan lama. 

Baca Juga: 9 Ide OOTD Pakai Jeans ala Kendall Jenner, Gak Tampak Membosankan Lho!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya