Comscore Tracker

6 Alternatif Cincin Permata buat Tunangan, Bikin Bingung Milihnya!

Mana yang pengin kamu pakai untuk tunangan nanti?

Selain emas dan berlian, ada alternatif cincin lain untuk tunangan yang tidak kalah cantik. Cincin dari batu permata dengan berbagai jenis dan bahan adalah salah satunya. Belakangan ini, batu permata jadi naik daun lagi dan menjadi populer dipakai untuk cincin nikahan dan tunangan. Jika kamu dan pasangan berinisiatif untuk memakai cincin model ini, boleh nih simak beberapa referensi dari cincin batu permata berikut.

Ada beberapa alternatif yang bisa kamu pilih untuk memperindah jari manismu di hari tunangan nanti. Seperti apa saja? Simak di bawah ini ya!

1. Rubi

6 Alternatif Cincin Permata buat Tunangan, Bikin Bingung Milihnya!gemstonechronicle.com

Cincin jenis rubi merupakan versi merah korundum dan satu tingkat di bawah berlian atau moissanite dalam hal kekerasan. Rubi punya berbagai alternatif warna seperti merah dan merah muda kemerahan atau yang kerap kali disebut darah merapati. Batu bentuk emerald cut lebih mahal daripada bentuk oval atau bundar. Salah satunya karena batu masih kasar dan dibutuhkan potongan yang lebih besar.

2. Moissanite

6 Alternatif Cincin Permata buat Tunangan, Bikin Bingung Milihnya!boards.weddingbee.com

Moissanite adalah batu permata putih yang memiliki pancaran cahaya mirip dengan berlian. Permata jenis ini termasuk langka dan dibuat dari bahan paling rumit yang ada di bumi. Meskipun harganya lebih murah dibandingkan berlian, namun permata moissanite lebih jarang ditemukan karena terbuat dari silikon karbida. Batu ini punya indeks bias lebih tinggi yang membuatnya memancarkan sinar cahaya berbeda ketika jatuh ke sudut tertentu, sempurna untuk dipakai di hari tunanganmu. 

3. Safir

6 Alternatif Cincin Permata buat Tunangan, Bikin Bingung Milihnya!etsy.com

Batu permata safir juga salah satu jenis korundum, namun warnanya lebih beragam kecuali merah. Jenis batu safir yang paling jadi favorit adalah biru dengan kombinasi warna bunga jagung dan sentuhan ungu. Salah satu jenis batu safir populer lain adalah padparadscha yang berwarna pink-jingga; permata ini merupakan salah satu batu safir permata yang juga langka. 

Baca Juga: Cincin Tunangan Seperti Apa Ya yang Cocok Buatmu?

4. Cubic Zirconia

6 Alternatif Cincin Permata buat Tunangan, Bikin Bingung Milihnya!overstock.com

Satu alternatif permata lain yang bisa kamu pakai di hari tunangan adalah cincin cubic zirconia. Cincin model ini tampak sempurna dengan kilauan yang terbuat dari cubic zirconia kualitas tinggi. Batu permata tampak lebih indah ketika potongannya tidak terlalu dalam atau terlalu dangkal. Untuk melindunginya dari goresan, sebaiknya cincin jenis cubic zirconia dilindungi dengan bezel atau channel agar lebih aman dan tidak mudah tergores. 

5. Opal

6 Alternatif Cincin Permata buat Tunangan, Bikin Bingung Milihnya!capucinne.com

Cincin jenis opal adalah salah satu permata yang berbeda dengan warna-warna cerah yang kental. Batu permata opal dibentuk dari silika dan air dengan bantuan bidang mikroskopis. Cincin Opal biasa ditemui dalam potongan persegi, sedangkan bentuk lain dipoles lagi sehingga membentuk cabonhons. Salah satu yang paling mahal adalah opal hitam dengan perpaduan berbagai warna.

Sedangkan opal yang jarang ditemui adalah jenis chatoyancy yang memiliki mata kucing di dalamnya. Satu yang membedakan dari permata jenis lain adalah permata opal harus dimasukkan ke dalam air untuk menyimpannya.

6. Zamrud

6 Alternatif Cincin Permata buat Tunangan, Bikin Bingung Milihnya!dev.mejuri.com

Cincin jenis zamrud merupakan batu permata hijau lembut yang punya potongan indah dengan berbagai tingkat. Tingkatan ini dibuat untuk mencegah sudut permata dari goresan. Cincin dari batu zamrud memiliki beragam jenis dan perpaduan warna hijau, salah satu yang paling berharga adalah perpaduan hijau tua. Cincin dari batu permata zamrud termasuk cincin yang langka dan mahal. 

Dari beberapa cincin permata dari batu tadi, mana nih yang paling kamu suka? 

Baca Juga: 10 Model Cincin Tunangan Unik dan Favorit yang Bisa Jadi Inspirasi

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya