Comscore Tracker

6 Tips Merawat Rambut Bergelombang Biar Tampak Bervolume Alami

Siap bikin pangling semua orang

Rambut cewek banyak jenisnya; ada yang lurus, keriting, dan bergelombang. Dari semua itu, banyak yang menginginkan rambut tipe bergelombang karena terlihat lebih bervolume dan mengembang alami.

Namun ada saatnya juga, punya rambut tipe ini membuat kurang nyaman karena cenderung mudah berantakan dan cepat kusut. Kalau kurang paham bagaimana cara merawatnya, bisa-bisa justru membuat rambut tidak sehat sehingga kurang enak dipandang.

Untuk merawat rambut tipe ini tidak perlu rutin ke salon kok, kamu juga bisa merawatnya dengan mengaplikasikan cara sederhana di rumah seperti di bawah ini.

1. Rutin memotong rambut panjangmu yang bergelombang, ini akan merawat ujung rambut agar tetap sehat dan tidak mudah bercabang

6 Tips Merawat Rambut Bergelombang Biar Tampak Bervolume Alamikaleandcaramel.com

Rambut panjang yang bergelombang memang tampak indah karena terlihat bervolume secara alami. Meski begitu, rutinlah memotong ujung rambut untuk menghindari kerusakan akibat rambut kering.

Kamu bisa juga memakai model rambut layer atau trap agar kelihatan rapi dan lebih ringan. Hindari membiarkan ujung rambut bercabang karena disamping tidak sehat juga akan membuat rambut juga susah dirapikan.

2. Agar tidak mudah kusut, jaga kelembapan rambut dengan memakai conditioner, gunakan maksimal 3 kali seminggu

6 Tips Merawat Rambut Bergelombang Biar Tampak Bervolume Alamigetthegloss.com

Menjaga kelembapan adalah hal yang wajib kamu lakukan supaya rambut tidak mudah  berantakan. Kamu bisa memakai conditioner setelah keramas, atau juga vitamin rambut yang dapat membantu melembabkan. Cukup gunakan conditioner maksimal 3 kali seminggu agar produk kimia dalam conditioner tidak merusak rambut.

Hindari menggunakannya sampai akar rambut karena hal ini bisa menyebabkan rambut jadi lepek, cukup pakai conditioner 1/3 dari bagian rambut. Conditioner dapat membantu memberi kelembapan dan kelembutan pada rambut sehingga tampak lembut.

3. Pilih produk shampoo yang sesuai dengan rambut, gunakan vitamin rambut secukupnya

6 Tips Merawat Rambut Bergelombang Biar Tampak Bervolume Alamigoodhousekeeping.com

Usahakan memakai produk shampoo yang tidak menimbulkan kering di rambut dan bisa membantu untuk menghalau paparan sinar matahari. Pilih shampoo yang mengandung keratin untuk memberi protein pada rambut.

Kamu juga bisa mencari shampoo yang mengandung minyak argan, karena di dalamnya terdapat formula yang berfungsi untuk menghindari rambut kusut sehingga rambut lebih mudah ditata.

Baca Juga: 10 Style Fresh Bunga Zainal dengan Rambut Pendek, Bak Masih Remaja!

4. Hindari penggunaan alat pengering atau hair styling, biarkan rambut kering dengan sendirinya setelah keramas

6 Tips Merawat Rambut Bergelombang Biar Tampak Bervolume Alamimanrepeller.com

Menggunakan alat pengering rambut adalah hal yang biasanya susah untuk ditinggalkan. Namun, kamu bisa mulai membiasakan mengurangi penggunaan alat pengering rambut ini mulai sekarang. Alih-alih menggunakan alat pengering, biarkan rambut mengering dengan sendirinya setelah keramas.

Kamu juga bisa menggosoknya dengan handuk pelan-pelan supaya lebih mudah kering. Hindari juga pemakaian alat penata rambut seperti catokan atau pengkriting yang aliran panasnya justru dapat membuat rambut rusak bahkan bercabang.

5. Kamu bisa memakai produk anti frizz untuk membantu menata rambut yang mulai berantakan, semprot dan ratakan dengan tangan

6 Tips Merawat Rambut Bergelombang Biar Tampak Bervolume Alamiadorebeauty.com.au

Produk yang mengandung anti frizz di dalamnya dapat membantu menata rambut bergelombang supaya lebih halus dan rapi. Jadi ketika kamu membeli shampoo, conditioner, serum atau vitamin semprot rambut; usahakan di dalamnya juga mengandung formula ini. Formula ini dapat membantu memperbaiki tekstur rambut secara keseluruhan sehingga rambut lebih mudah diatur.

6. Kamu bisa buat sendiri masker untuk menutrisi rambut seperti dari madu, lidah buaya, alpukat, susu, atau bahan alami lain supaya tumbuh sehat

6 Tips Merawat Rambut Bergelombang Biar Tampak Bervolume Alamikinkycurlycoilyme.com

Tidak melulu harus creambath ke salon, kamu juga bisa membersihkan dan menutrisi rambut di rumah dengan rutin memakai masker rambut buatan sendiri. Manfaatkan bahan yang tersedia dan mudah ditemukan seperti madu, susu, alpukat, lidah buaya, minyak zaitun, telur, atau bahan alami lainnya. Ini akan membantu merawat rambut bergelombangmu agar tetap sehat dan mengembang alami.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut bergelombangmu agar tampak rapi dan indah.

Baca Juga: Duh, Ternyata 6 Makanan Ini Bisa Bikin Rambutmu Cepat Ubanan Lho!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Just For You