Girls, Ini 6 Alasan Pentingnya Gunakan Tabir Surya Sehari-hari

Berikan perlindungan ekstra untuk kulit cantikmu

Tabir surya atau yang dikenal juga dengan istilah sunscreen atau sunblock adalah suatu produk yang mampu memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Sehari-harinya kamu tentu terpapar dengan sinar matahari, apalagi bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Terlebih lagi karena kita tinggal di negara tropis seperti Indonesia.

Sinar matahari memang mempunyai manfaat untuk kesehatan. Namun jika terkena sinar matahari terlalu lama, maka akan berdampak buruk untuk kesehatan kulitmu lho. Untuk itu kamu harus tahu seberapa pentingnya penggunaan tabir surya buat kulit kamu.

1. Melindungi dari pengaruh buruk sinar matahari

Girls, Ini 6 Alasan Pentingnya Gunakan Tabir Surya Sehari-hariherworld.com

Sinar Ultraviolet (UVA dan UVB) dapat membuat kulit tersengat dan terbakar sehingga menimbulkan reaksi peradangan, gatal-gatal dan penggelapan kulit.

Karena itu, kamu perlu menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF 15 ke atas untuk menghadang dan menekan sinar radiasi sehingga kulitmu terlindungi.

2. Mencegah penuaan dini

Girls, Ini 6 Alasan Pentingnya Gunakan Tabir Surya Sehari-haricandymag.com

Tabir surya mampu mencegahnya timbulnya tanda tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus pada wajah. Penelitian menunjukkan bahwa orang orang yang rutin menggunakan tabir surya menunjukkan gejala penuaan dini lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak. Kalau bisa dicegah dari sekarang, kenapa tidak?

3. Mencegah dan menyamarkan flek hitam pada wajah

Girls, Ini 6 Alasan Pentingnya Gunakan Tabir Surya Sehari-haridramabeans.com

Sinar matahari dapat menyebabkan timbulnya bintik-bintik atau flek hitam pada wajah yang tentunya akan mengganggu penampilanmu. Penggunaan tabir surya secara rutin yang digunakan paling kurang 30 menit sebelum memulai aktivitasmu bisa membantu untuk mencegah dan bahkan memudarkan noda noda hitam pada wajah akibat pemakaian kosmetik yang salah.

dm-player

Baca Juga: Musim Hujan, Haruskah Tetap Pakai Sunscreen Sebelum Beraktivitas?

4. Menjadikan kulit lembap dan lembut

Girls, Ini 6 Alasan Pentingnya Gunakan Tabir Surya Sehari-haricosmopolitan.co.za

Tabir surya mempunyai kekuatan untuk mempertahankan air dan minyak alami yang tersembunyi di bawah kulit sehingga membantu kulitmu terhindar dari kekeringan dan dehidrasi sehingga menjadi lembab dan lembut. Kamu bisa menggunakan tabir surya dalam bentuk gel, krim, atau spray.

5. Kulit menjadi cerah dan bercahaya

Girls, Ini 6 Alasan Pentingnya Gunakan Tabir Surya Sehari-hariimdb.com

Paparan sinar matahari yang terlalu lama dan berulang ulang akan membuat kusam dan tidak bercahaya. Tabir surya mampu mencerahkan pigmentasi yang menggumpal akibat sinar matahari dan radikal bebas serta mampu mempertahankan kesehatan kolagen dan keratin sehingga membuat kulitmu cerah, bercahaya dan gak kusam.

6. Mencegah kanker kulit

Girls, Ini 6 Alasan Pentingnya Gunakan Tabir Surya Sehari-haribeautytap.com

Kulit yang terpapar sinar matahari langsung akan memiliki risiko tinggi terkena kanker kulit. Sinar UVA dan UVB akan memicu produksi melanin atau sel pigmen kulit, yang dalam keadaan berlebihan akan menyebabkan mutasi sel yang akhirnya akan berkembang menjadi kanker kulit seperti melanoma atau karsinoma sel skuamosa.

Untuk itu, kamu perlu melindungi kulitmu dengan rutin menggunakan tabir surya yang mengandung Titanium dioksida, Oktil methoxycinnimate, Avobenzone, dan Seng oksida.

Ternyata penggunaan tabir surya sangat penting untuk kulit kita. Untuk itu, jangan lupa untuk memasukkan tabir surya dalam skincare rutinmu sehari-hari ya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Pakai Skincare yang Justru Merusak Kulit Wajah

fatya well Photo Verified Writer fatya well

If you believe, then make it real.. Let's walk in the flower path ..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya