Comscore Tracker

Dari Ujung Rambut Hingga Kaki, Ini 8 Manfaat Jojoba Oil bagi Tubuh

Kamu wajib coba!

Jojoba oil (dibaca: ho-ho-ba) telah banyak digunakan dalam produk skin care dan makeup. Meski dinamakan "oil", jojoba oil sejatinya merupakan lilin cair yang dihasilkan dari biji tanaman jojoba (simmondsia chinensis), yaitu sejenis tanaman belukar yang banyak tumbuh di wilayah gurun Meksiko, Arizona dan California.

Memiliki banyak manfaat, jojoba oil tidak hanya digunakan untuk merawat wajah namun juga dapat menjadi solusi aman untuk mengatasi berbagai masalah dari ujung rambut hingga kaki. Berikut ulasannya.

1. Dapat digunakan sebagai kondisioner untuk atasi rambut kering dan bercabang

Dari Ujung Rambut Hingga Kaki, Ini 8 Manfaat Jojoba Oil bagi Tubuhlorensworld.com

Karena kandungan vitamin E, protein dan mineralnya, jojoba oil sangat baik digunakan untuk melembabkan dan menutrisi rambut kering dan bercabang.

Campurkan satu sendok teh jojoba oil pada kondisioner yang akan dipakai atau usapkan langsung pada rambut basah sebagai leave-in conditioner.

2. Sebagai moisturizer yang cocok untuk segala jenis kulit

Dari Ujung Rambut Hingga Kaki, Ini 8 Manfaat Jojoba Oil bagi Tubuhsheknows.com

Jojoba oil memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan minyak alami kulit (sebum) sehingga dapat terserap lebih dalam dan bekerja lebih efektif tanpa meninggalkan rasa lengket di kulit.

Hal itu membuat jojoba oil tak hanya baik untuk kulit kering namun juga untuk kulit berminyak bahkan kulit sensitif.

Kandungan zat anti-bakterial dan anti-inflamasinya juga membuat jojoba oil berkhasiat untuk mencegah dan menyembuhkan jerawat.

3. Sebagai makeup remover

Dari Ujung Rambut Hingga Kaki, Ini 8 Manfaat Jojoba Oil bagi Tubuhmakeupandbeauty.com

Sudah pernah membersihkan wajah dengan metode cleansing oil? Kamu dapat menggunakan jojoba oil untuk melakukannya karena pada dasarnya metode ini menggunakan minyak alami untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup di wajah.

Tak hanya efektif mengangkat makeup waterproof, metode ini juga unggul karena tak menyebabkan menjadi kulit kering.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Jaga Kelembaban Kulit di Cuaca Dingin

4. Sebagai pelembap bibir

Dari Ujung Rambut Hingga Kaki, Ini 8 Manfaat Jojoba Oil bagi Tubuhpexels/Pixabay

Terlalu sering menggunakan lipmatte dapat membuat bibir kering. Jojoba oil dapat mengembalikan dan mengunci kelembapan bibir sehingga terasa lebih lembut dan kenyal.

Gunakan dengan mengoleskannya ke bibir setiap usai mandi dan di malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Sebagai pelembap kutikula

Dari Ujung Rambut Hingga Kaki, Ini 8 Manfaat Jojoba Oil bagi Tubuhbeautyheaven.com.au

Jojoba oil mengandung vitamin E yang dapat melembabkan kutikula. Kutikula yang kering akan rawan mengalami pecah-pecah hingga sobek, yang mana dapat merusak penampilan serta meninggalkan rasa tak nyaman.

Aplikasikan jojoba oil setiap usai mandi agar kutikula jadi lebih sehat dan terjaga kelembapannya.

6. Menyamarkan stretch mark dan bekas luka

Dari Ujung Rambut Hingga Kaki, Ini 8 Manfaat Jojoba Oil bagi Tubuhpexels/freestocks.org

Di daerah asalnya, jojoba oil telah lama dikenal akan khasiatnya menyamarkan bekas luka, termasuk noda bekas jerawat maupun stretch mark.

Untuk membantu memudarkan stretch mark, gunakan jojoba oil dua kali sehari.

7. Sebagai pelembap badan

Dari Ujung Rambut Hingga Kaki, Ini 8 Manfaat Jojoba Oil bagi Tubuhpexels/Juan Pablo Arenas

Tidak hanya untuk wajah, jojoba oil dapat digunakan untuk seluruh badan sehingga kamu tak perlu lagi memakai body lotion. Aplikasikan jojoba oil terutama di bagian tubuh yang kering seperti siku agar terjaga kelembapannya.

8. Melembapkan tumit kering dan pecah-pecah

Dari Ujung Rambut Hingga Kaki, Ini 8 Manfaat Jojoba Oil bagi Tubuhunsplash/anja.

Tumit kaki kering dan pecah-pecah seringkali memicu turunnya rasa percaya diri. Jojoba oil merupakan pilihan yang tepat untuk membantu mengembalikan kelembapan tumit pecah-pecah dan mencegahnya menjadi lebih parah.

Aplikasikan jojoba oil pada tumit setiap sebelum tidur kemudian bungkus kakimu dengan kaos kaki. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil terbaik.

Pastikan juga jojoba oil yang kamu gunakan 100 persen murni tanpa mengandung campuran bahan lain dan tanpa melewati proses pemanasan (cold-pressed) ya.

Baca Juga: Multifungsi, 5 Cara Jitu Memanfaatkan Rose Water untuk Perawatan Tubuh

Friska Zrt Photo Writer Friska Zrt

a tree hugger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya