Comscore Tracker

Duh, 5 Bahan Skincare Ini Bikin Kulit Lebih Sensitif Terhadap Matahari

Ada dalam produk skincare favoritmu nggak, nih?

Pernah dengar istilah photosensitive? Istilah tersebut mengacu pada reaksi berlebih yang dialami kulit ketika terkena paparan sinar matahari. Reaksi yang muncul umumnya berupa sunburn, iritasi, rasa perih hingga munculnya ruam.

Secara alami, manusia memiliki tingkat sensitivitas terhadap matahari yang berbeda-beda. Namun pengaruh beberapa hal seperti penggunaan produk atau obat-obatan yang mengandung bahan tertentu, sensitivitas kulit dapat meningkat sehingga menyebabkannya lebih rentan terhadap sinar matahari. Nah, hati-hati, Ladies. Beberapa bahan skincare juga ternyata dapat memberikan efek photosensitive pada kulit, lho. Ini dia daftarnya!

1. AHA dan BHA

Duh, 5 Bahan Skincare Ini Bikin Kulit Lebih Sensitif Terhadap Mataharishape.com

Baik AHA maupun BHA umumnya digunakan dalam produk scrub wajah, exfoliating toner, maupun serum. Meski bermanfaat untuk mencerahkan kulit kusam dengan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati serta mengangkat komedo, penggunaan skincare yang mengandung kedua bahan ini harus lebih diperhatikan ya. Pasalnya AHA dan BHA dapat menyebabkan kulit menjadi lebih rentan mengalami iritasi jika terkena sinar matahari.

Cara mengetahui apakah skincare tertentu mengandung dua bahan ini adalah dengan menilik daftar ingredients-nya. AHA biasanya ditemukan dalam bentuk lactic acid, glycolic acid, mandelic acid atausalicylic acid. Sedangkan BHA yang umum digunakan adalah salicylic acid.

2. Vitamin C

Duh, 5 Bahan Skincare Ini Bikin Kulit Lebih Sensitif Terhadap Mataharitoday.com

Kamu pasti sudah sering melihat produk-produk skincare yang menawarkan kandungan lemon / vitamin C sebagai agen pencerah kulit. Vitamin C memang memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dengan bekerja sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas, namun sebaiknya kamu gunakan skincare ini di malam hari, ya. Sebab vitamin C bersifat acidic dan dapat membuat kulitmu lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

3. Essential oil

Duh, 5 Bahan Skincare Ini Bikin Kulit Lebih Sensitif Terhadap Mataharilivingtraditionally.com

Kamu yang menyukai dengan produk skincare alami atau senang mencoba resep DIY skincare pasti sudah tak asing dengan essential oil. Minyak sari tumbuhan ini memang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit, namun penggunaannya tidak boleh sembarangan, ya.

Selain tak boleh digunakan langsung ke kulit (harus dicampurkan dahulu dengan bahan lain), beberapa jenis essential oil juga ternyata bersifat photosensitive alias membuat kulit mudah terbakar saat terkena matahari. Beberapa essential oil yang termasuk diantaranya bergamot, peppermint, grapefruit, lemon, bitter orange dan mandarin leaf.

Baca Juga: Skincare 101: Mengenal "Glass Skin Look", Kulit yang Glowing dan Dewy

4. Benzoyl peroxide

Duh, 5 Bahan Skincare Ini Bikin Kulit Lebih Sensitif Terhadap Mataharihealth.com

Benzoyl peroxide pasti sudah tak asing di telingamu jika kamu memiliki masalah kulit berjerawat. Berkhasiat untuk membunuh bakteri jerawat dan mengatasi peradangan, bahan ini sering dimanfaatkan dalam produk acne spot treatment untuk mengatasi jerawat membandel. Namun meski efektif, perlu diperhatikan bahwa benzoyl peroxide dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

5. Retinol

Duh, 5 Bahan Skincare Ini Bikin Kulit Lebih Sensitif Terhadap Mataharifreepik.com

Retinol merupakan bahan turunan dari vitamin A yang sering dimanfaatkan dalam produk anti-aging. Hal ini karena retinol efektif dalam merangsang regenerasi kulit, meningkatkan produksi kolagen dan dapat menangkal radikal bebas. Namun karena bekerja dengan cara mengelupas sel-sel kulit mati, kulit pun jadi lebih rentan dan sensitif terlebih jika terkena sinar matahari.

Meski membuat kulit lebih rentan, bukan berarti bahan-bahan ini tidak boleh digunakan sama sekali

Duh, 5 Bahan Skincare Ini Bikin Kulit Lebih Sensitif Terhadap Mataharilorealparisusa.com

Bahan-bahan produk skincare diatas memiliki manfaat masing-masing untuk memperbaiki masalah kulit. Namun untuk menghindari efek sampingnya, bukan berarti bahan-bahan ini tidak boleh digunakan sama sekali, ya.

Selalu perhatikan daftar ingredients produk sebelum membeli. Untuk amannya, gunakan produk yang mengandung bahan-bahan diatas di malam hari saja. Namun jangan lupa untuk selalu melindungi kulit dengan tabir surya sebelum beraktivitas di siang hari. Siapa tahu kamu kurang jeli dalam melihat daftar ingredients produk skincare pagimu.

Baca Juga: Skincare 101: Makna Jerawat di Bagian Wajahmu, Ternyata Gak Semua Sama

Friska NR Photo Community Writer Friska NR

a tree hugger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You