Comscore Tracker

Jangan Asal Oles! 5 Bahan Alami Ini Ternyata Terlalu Keras untuk Wajah

Sebaiknya hindari, ya

Bahan alami seringkali dipilih karena dibanding bahan kimia, ia dianggap lebih aman karena minim efek samping. Hal itu benar adanya, asalkan bahan-bahan tersebut digunakan dengan cara dan takaran yang tepat.

Nah, beberapa bahan alami berikut ini sudah umum digunakan dalam urusan kecantikan. Namun jika digunakan dengan tidak mestinya, bukannya makin cantik kulitmu justru bisa rusak karenanya. Duh, ngeri ya?

1. Cuka

Jangan Asal Oles! 5 Bahan Alami Ini Ternyata Terlalu Keras untuk Wajahthegloss.com

Beberapa tahun belakangan, cuka sangat populer di dunia kecantikan sebagai bahan campuran toner. Selama dicampurkan bersama bahan lain dengan takaran yang tepat, maka tidak masalah. Namun, jangan sekali-kali menggunakan cuka murni langsung ke wajah.

Cuka memiliki pH terlalu rendah sehingga sifatnya yang terlalu asam dapat merusak lapisan pelindung kulit. Akibatnya, kulit akan kehilangan kelembaban, terasa terbakar hingga mengalami iritasi.

Bila kamu memiliki kulit super sensitif, disarankan untuk lebih memilih air mawar atau witch hazel sebagai toner alami.

2. Lemon

Jangan Asal Oles! 5 Bahan Alami Ini Ternyata Terlalu Keras untuk Wajahunsplash.com/Noah Buscher

Lemon dikenal dapat menyembuhkan jerawat, namun menggunakannya langsung sebagai spot treatment agaknya kurang tepat untuk dilakukan.

Seperti halnya cuka, lemon memiliki sifat terlalu asam sehingga menggosokkannya langsung ke wajah dapat berakibat buruk. Agar aman, campurkan air perasan lemon dengan bahan lain seperti madu sebelum digunakan untuk mengobati jerawat. Selain itu pastikan tidak mengaplikasikannya sebelum keluar rumah karena lemon dapat menyebabkan kulit mudah terbakar saat terpapar sinar matahari. Jadi jangan lupa bilas wajahmu sebelum pergi, ya.

Baca Juga: Bahaya Skincare Palsu: Kenapa Kamu HARUS Beli yang Asli?

3. Es batu

Jangan Asal Oles! 5 Bahan Alami Ini Ternyata Terlalu Keras untuk Wajahtopinspired.com

Es batu banyak digunakan untuk menyegarkan wajah setelah terpapar matahari, mengompres kantung mata, juga mengecilkan pori.

Masalahnya, banyak orang yang seringkali lupa untuk membungkus es batu dengan kain sebelum mengaplikasikannya ke wajah. Padahal, menggosokkan es batu langsung ke wajah dapat merusak sel-sel kulit karena kulit tak tahan dengan paparan dingin yang ekstrim. Alhasil, bukannya dapat manfaat yang diinginkan, sel-sel kulit matimu justru semakin banyak.

4. Gula (dan garam)

Jangan Asal Oles! 5 Bahan Alami Ini Ternyata Terlalu Keras untuk Wajahhomemademasks.net

Tidak masalah menggunakan gula atau garam sebagai scrub bibir, namun menggunakannya untuk wajah bukanlah tindakan yang tepat. Butiran gula dan garam terlalu kasar apabila digunakan sebagai eksfoliator wajah sehingga dapat menyebabkan kulit memerah, terkelupas bahkan iritasi .

Jika ingin mengeksfoliasi wajah dengan bahan alami, gunakan oatmeal atau yogurt yang memiliki tekstur lebih lembut bagi wajah.

5. Essential Oil

Jangan Asal Oles! 5 Bahan Alami Ini Ternyata Terlalu Keras untuk Wajahunsplash.com/Tiara Leiztman

Essential oil atau minyak atsiri mengandung sari tanaman berkonsentrasi tinggi. Untuk menggunakannya, disarankan hanya mengambil beberapa tetes aja kemudian campurkan ke dalam carrier oil atau pelembab wajah. Karena kepekatannya, satu tetes minyak atsiri pada satu sendok teh saja sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya.

Jadi, mengoleskan minyak atsiri langsung ke wajah sangat tidak dianjurkan karena dalam dosis berlebihan, minyak atsiri dapat menyebabkan iritasi, kulit kemerahan, rasa terbakar bahkan alergi.

Nah, terutama untuk kamu yang doyan mencoba resep DIY, semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Baca Juga: Yuk Mengenal Hyaluronic Acid, Ratunya Kandungan Skincare

Friska NR Photo Community Writer Friska NR

a tree hugger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You