Comscore Tracker

Musim Hujan, Haruskah Tetap Pakai Sunscreen Sebelum Beraktivitas?

Perlu atau tidak?

Sinar matahari dapat memberikan dampak buruk bagi kulit. Terlalu lama (dan sering) terpapar sinar matahari dapat membuat kulit menggelap, mengalami tanda-tanda penuaan dini hingga beresiko terkena kanker kulit. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas agar kulit terlindungi dari bahaya matahari.

Namun memasuki musim hujan, banyak orang yang beranggapan sunscreen tidak lagi dibutuhkan. Toh matahari lebih sering tertutup awan gelap ketimbang menampakkan dirinya dengan cemerlang. Tapi sebetulnya, benarkah awan dapat melindungi kita dari bahaya matahari?

1. Pada dasarnya, kulit perlu perlindungan karena matahari memancarkan sinar UV

Musim Hujan, Haruskah Tetap Pakai Sunscreen Sebelum Beraktivitas?bustle.com

Sinar UV terdiri dari 3 macam, yaitu UVA, UVB dan UVC. Diantara ketiganya, sinar UVC adalah yang paling berbahaya. Namun kita patut bersyukur karena sinar UVC terserap sepenuhnya di lapisan ozon sehingga tidak berdampak pada manusia.

Hal ini lain dengan sinar UVA dan sebagian kecil sinar UVB yang mampu menembus hingga permukaan bumi. Kendati dapat membantu pembentukan vitamin D, paparan sinar UV dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Sinar UVA sendiri dapat menembus kulit hingga lapisan terdalam dan menyebabkan kerusakan sel serta memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Sedangkan sinar UVB berdampak pada jaringan kulit yang lebih luar dan menyebabkan kulit kemerahan hingga memicu penggelapan warna kulit.

2. Meskipun langit mendung, 80% sinar UV masih dapat menembus hingga mencapai permukaan bumi

Musim Hujan, Haruskah Tetap Pakai Sunscreen Sebelum Beraktivitas?pexels/Gabriela Palai

Jangan terkecoh dengan langit mendung yang tampak menyagomi. Menurut WHO, awan hanya dapat menahan sekitar 20% sinar UV, sementara 80% sisanya masih dapat menembus hingga mencapai permukaan bumi. Jadi meskipun terik matahari terhalang, jangan anggap itu aman. Karena nyatanya, kita masih dapat terkena dampak sinar UV saat langit dalam keadaan mendung sekalipun.

Baca Juga: Makna Angka "SPF" pada Produk Sunscreen yang Sering Gak Dipahami Orang

3. Bahkan kita tak benar-benar aman dari sinar UV meski beraktivitas di dalam ruangan

Musim Hujan, Haruskah Tetap Pakai Sunscreen Sebelum Beraktivitas?pexels/bruce mars

Selain dapat menembus awan, sinar UV -terutama UVA- juga mampu menembus kaca. Jadi selama kantor atau rumahmu memiliki jendela, maka sinar UVA masih dapat masuk ke dalam ruangan. Selain itu, lampu neon juga berpotensi memancarkan sinar UV. Meski dalam jumlah sedikit, sinar UV dari lampu neon tetap akan berdampak pada kesehatan kulit seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, kamu tetap butuh memakai sunscreen kecuali jika berada di ruangan tak berjendela dan tanpa lampu.

4. Bagaimanapun kondisi harinya, memakai sunscreen itu penting

Musim Hujan, Haruskah Tetap Pakai Sunscreen Sebelum Beraktivitas?freepik/Nensuria

Apapun aktivitas harianmu, baik itu di luar maupun di dalam ruangan, saat hari sedang terik maupun sedang mendung, penting untuk selalu memakai sunscreen agar kulit terlindungi dari bahaya sinar UV, ya.

Baca Juga: Makna Angka "SPF" pada Produk Sunscreen yang Sering Gak Dipahami Orang

Friska Zrt Photo Writer Friska Zrt

a tree hugger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya