Comscore Tracker

Yuk Coba 4 Pembersih Wajah Alami Ini, Dijamin Anti Ribet!

Kulit cantik bersih alami dengan DIY

Gerah dengan sabun wajah yang membuat kulit kering? Yuk saatnya beralih ke pembersih wajah alami. Tidak hanya kaya akan manfaat dan minim efek samping, pembersih wajah alami juga sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Empat DIY berikut bahkan hanya memerlukan satu bahan untuk membuatnya namun tetap efektif untuk membersihkan wajah, lho. Yuk simak!

1. Oatmeal

Yuk Coba 4 Pembersih Wajah Alami Ini, Dijamin Anti Ribet!authoritynutrition.com

Oatmeal mengandung senyawa pembersih alami yang disebut saponin sehingga ampuh membersihkan wajah dari kotoran dan minyak. Oatmeal juga merupakan exfoliator alami yang lembut sehingga dapat mengangkat sel-sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi.

Sebelum digunakan, haluskan oatmeal dengan blender hingga menjadi bubuk. Aplikasikan ke wajah dengan cara mencampurkan 1 sdt oatmeal dengan air agar berbentuk pasta, lalu usapkan ke wajah yang telah dibasahi. Pijat-pijat lembut sebelum akhirnya dibilas.

2. Madu murni

Yuk Coba 4 Pembersih Wajah Alami Ini, Dijamin Anti Ribet!unsplash/Lindsay Moe

Pernah dengar madu dapat menyembuhkan jerawat? Ternyata memang benar, lho. Madu mengandung antiseptik dan antibakterial sehingga selain dapat mengangkat kotoran di wajah, madu juga ampuh melawan kuman jerawat dan mencegahnya datang kembali. Pastikan madu yang digunakan adalah madu murni berlabel unfiltered atau unproceeded, agar mendapat hasil yang optimal.

Cara pakainya mudah. Ambil 1/2sdt madu kemudian beri sedikit air agar tekstur tidak terlalu kental. Aplikasikan ke seluruh wajah, namun hindari area mata, ya. Sebab madu akan terasa sangat perih bila terkena mata. Bilas hingga bersih setelah didiamkan 1-2 menit.

Baca Juga: Gak Cuma Buat Masak, Ini 5 Keajaiban Belimbing Wuluh Bagi Wajahmu

3. Yogurt

Yuk Coba 4 Pembersih Wajah Alami Ini, Dijamin Anti Ribet!freepik.com

Kandungan asam laktat pada yogurt bermanfaat untuk membersihkan sekaligus mengecilkan pori. Hal ini menjadikan yogurt dikenal sebagai exfoliator alami yang lembut namun efektif, seperti halnya oatmeal.

Aplikasikan yogurt seperti menggunakan sabun pembersih wajah biasa. Ambil sebanyak 1 sdt lalu pijatkan merata ke seluruh wajah yang telah dibasahi. Disarankan untuk menggunakan yogurt bertekstur creamy (bukan cair) agar lebih mudah aplikasikan ke wajah. Pilih pula yogurt plain sehingga murni tanpa tambahan rasa maupun gula.

4. Jeruk nipis

Yuk Coba 4 Pembersih Wajah Alami Ini, Dijamin Anti Ribet!unsplash.com/rawpixel

Tidak hanya untuk piring, ternyata jeruk nipis juga ampuh membersihkan wajah. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak dan masalah jerawat, sedangkan kandungan vitamin C-nya yang tinggi bekerja membersihkan sekaligus mencerahkan kulit secara alami.

Aplikasikan jeruk nipis dengan cara mencampurkan air perasannya ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk membasuh wajah. Penggunaan air hangat dapat membantu menenangkan kulit sehingga rasa perih dari jeruk nipis dapat dihindari. Kamu juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak zaitun untuk mendapatkan manfaat lebih optimal.

Nah, tertarik mencobanya? Jangan lupa bersihkan wajahmu dari makeup dengan makeup remover sebelum mencuci wajah, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Bersihkan Sisa Makeup di Wajah

Friska Zrt Photo Writer Friska Zrt

a tree hugger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya