Comscore Tracker

5 Tips Merawat Kuas Makeup Agar Tetap Steril & Tahan Lama

Lakukan agar kuas makeup-mu awet!

Kuas makeup merupakan salah satu alat kecantikan yang tidak bisa dilepaskan dari wanita. Berguna untuk membantu pengaplikasian riasan wajah, kebersihan kuas makeup tidak boleh diabaikan jika kamu tidak ingin kena masalah kulit seperti jerawat dan iritasi. Tak hanya itu, kuas makeup pun harus selalu dirawat dengan baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Bingung bagaimana cara merawat kuas makeup dengan baik? Lima tips berikut akan membantumu mempertahankannya agar tidak mudah rusak!

1. Bersihkan secara rutin

5 Tips Merawat Kuas Makeup Agar Tetap Steril & Tahan Lamaprettydesigns.com

Kebersihan kuas makeup penting untuk selalu dijaga karena ia sering bersentuhan langsung dengan wajah. Oleh karena itu, pastikan kamu rutin mencucinya paling tidak satu bulan sekali, meskipun waktu yang paling ideal adalah satu minggu sekali. 

Jika tidak memiliki sabun khusus pembersih kuas makeup, kamu dapat menggunakan sabun lain yang memiliki formula lembut seperti sabun / shampoo bayi agar kelembutan bulu kuas tetap terjaga.

2. Keringkan dengan cara yang benar

5 Tips Merawat Kuas Makeup Agar Tetap Steril & Tahan Lamareddit.com

Setelah dicuci, tekan-tekan bulu kuas dengan handuk agar sisa air keluar. Setelah itu, segera keringkan dengan cara diangin-anginkan. Sebaiknya hindari mengeringkan kuas dengan bantuan hair dryer karena paparan suhu panas yang berlebihan dapat membuatnya cepat rusak.

Saat mengeringkan, gantung kuas makeup dengan posisi bulu menghadap ke bawah agar sisa air tidak masuk ke leher kuas dan menyebabkan lem yang merekatkan bulu-bulu kuas terkelupas. 

Baca Juga: Untuk Pemula, Ini 5 Jenis Brush Makeup yang Harus Kamu Punya

3. Simpan di tempat yang kering dalam posisi tegak

5 Tips Merawat Kuas Makeup Agar Tetap Steril & Tahan Lamapexels/freestocks.org

Agar kuas makeup tidak cepat rusak, cara penyimpananya juga harus diperhatikan. Letakkan kuas makeup di tempat yang kering namun jauhi paparan sinar matahari, ya. Sementara agar bentuk bulunya tetap bagus, tempatkan kuas dalam posisi berdiri dengan bulu kuas berada diatas. Namun jika kamu ingin selalu membawanya di dalam tas, letakkan kuas makeup-mu di dalam brush roll atau jaring kuas agar bulunya tidak rusak.

4. Pulaskan dengan lembut

5 Tips Merawat Kuas Makeup Agar Tetap Steril & Tahan Lamapexels/rawpixels.com

Saat sedang mengaplikasikan makeup, hindari menekankan kuas dengan tenaga berlebih pada wajah. Hal ini dapat menyebabkan bulu kuas jadi melebar dan akhirnya kehilangan bentuk aslinya. Apabila bentuknya sudah rusak, kamu pun akan sulit mendapatkan hasil makeup yang flawless karena kuas makeup-mu sudah tak bisa berfungsi maksimal.

5. Pilih kuas berbahan sintetis

5 Tips Merawat Kuas Makeup Agar Tetap Steril & Tahan Lamapexels/Dids

Berbeda dengan kuas berbahan natural yang cenderung cepat rontok, kuas berbahan sintetis dapat bertahan lebih lama karena memiliki bulu yang lebih kuat. Soal perawatan, kuas sintetis juga lebih mudah dibersihkan. Sementara kuas natural memerlukan perlakuan khusus karena bulunya rentan patah dan rusak.

Nah, itu dia lima tips untuk menjaga kuas makeup agar tetap steril dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Ini 5 Beda Kuas Makeup Sintetis vs. Natural yang Perlu Kamu Ketahui!

Friska Zrt Photo Writer Friska Zrt

a tree hugger

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya