Comscore Tracker

Macam-macam Minyak Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah

#IDNTimesLife bisa untuk meredakan luka

Sekarang, banyak skincare yang menggunakan minyak alami sebagai campuran kandungan dalam produknya. Ini karena minyak alami memiliki berbagai khasiat untuk kulit. Yuk, simak macam-macam minyak alami yang bermanfaat untuk kulit wajahmu!

1. Rice Bran Oil

Macam-macam Minyak Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit WajahPexels.com/icon0.com

Minyak ini adalah minyak nabati tersehat di dunia. Kamu bisa mendapatkan manfaat dari sifat antioksidan di dalamnya yang lebih efektif dari vitamin E. Selain itu, minyak ini dapat mencegah efek buruk radikal bebas, baik sinar UV maupun polusi.

2. Calendula Oil

Macam-macam Minyak Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit WajahPexels.com/Aldreen Lozano

Minyak ini berasal dari bunga marigold. Calendula oil memiliki sifat antijamur, anti-inflamasi, dan antibakteri sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan luka, meredakan eksim, dan meredakan ruam pada kulit.

3. Golden Jojoba Oil

Macam-macam Minyak Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit Wajahpexels.com/Shiniy Diamond

Golden Jojoba Oil berguna untuk menyeimbangkan kadar minyak pada wajah dan menambah kelembapan di tempat yang dibutuhkan. Selain itu, minyak ini dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih dalam tubuh.

4. Grapeseed Oil

Macam-macam Minyak Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit WajahPexels.com/Pixabay

Minyak ini mengandung omega 6 dan linoleic acid yang berguna sebagai antibakteri. Kulit yang memiliki kadar linoleic acid rendah, cenderung mudah berjerawat. Selain itu, minyak ini juga mudah diserap kulit sehingga efektif menyerap bakteri.

5. Squalane

Macam-macam Minyak Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit WajahPexels.com/Dominika Roseclay

Squalane sering disebut sebagai penemuan terbaik dalam dunia kecantikan. Ini karena squalene berfungsi seperti pelembap alami yang dihasilkan tubuh. Selain itu, minyak ini juga pas untuk mencegah penuaan dini.

Baca Juga: 10 Tips Hilangkan Minyak Membandel pada Wajan, Bersih Seketika!

6. Tamanu Oil

Macam-macam Minyak Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit WajahPexels.com/Karolina Grabowska

Minyak alami ini bekerja dengan efektif untuk memperbaiki kerusakan kulit. Memiliki kadar asam lemak tak jenuh, tamanu oil dapat menembus tiga lapisan kulit untuk mencegah keriput. Selain itu, minyak ini juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

7. Neem Oil

Macam-macam Minyak Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit WajahPexels.com/Ghulam Khairul Bashar

Neem atau daun mimba adalah tanaman khas dari India. Daun ini dikenal sebagai penyembuh jerawat. Sementara itu, neem oil memiliki banyak kandungan nutrisi untuk kulit, seperti linoleic acid, palmitic acid, stearic acid, Vitamin C, dan carotenoid.

8. Tea Tree Oil

Macam-macam Minyak Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit Wajahpexels.com/Karolina Grabowska

Tea Tree Oil memiliki kandungan terpinen-4-ol yang dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur. Sifat ini dapat menjadi obat alami untuk mengobati berbagai kondisi kulit, mencegah infeksi, dan mempercepat penyembuhan kulit.

9. Rosemary Oil

Macam-macam Minyak Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit WajahPexels.com/Nika Akin

Minyak alami ini kaya akan antioksidan dan dapat membuat kulit terlihat lebih muda. Ini karena rosemary oil meningkatkan sirkulasi kulit dengan mengurangi kadar air sehingga kulit terlihat kencang.

10. Lavender Oil

Macam-macam Minyak Alami yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit Wajahpexels.com/Mareefe

Kulit juga dapat merasa stres, baik dari rasa penat hingga radikal bebas. Minyak lavender ini dapat memberi rasa rileks untuk kulit yang stres. Wanginya pun dapat membuatmu merasakan efek relaksasi seperti di spa.

Dari sekian banyaknya minyak alami yang bermanfaat di atas, mungkin kamu bingung harus memilih yang mana. Namun, kini sudah banyak produk yang menggabungkan beberapa khasiat minyak alami sekaligus.

Salah satunya adalah BYT Glo Oil, face oil skincare dari BYT yang diluncurkan oleh Listia Magdalena. Produk ini menggunakan minyak alami yang mudah diserap dan menutrisi kulit. Selain itu, ia tidak membuat wajah terasa berminyak dan bekerja seperti pelembap alami yang dihasilkan tubuh.

Itu dia manfaat minyak alami untuk kulit wajahm. Yuk, gunakan produk alami dan sesuai kebutuhanmu!

Baca Juga: 5 Minyak Ini Bisa Merawat Rambutmu Secara Alami

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya