Comscore Tracker

5 Penyebab Tak Terduga Jerawat di Area Mulut, Bisa dari Lip Balm!

#IDNTimesLife Jaga kebersihan wajahmu

Jerawat tentu bukanlah masalah asing yang dialami setiap orang. Biasanya, jerawat muncul di wajah pada T-zone, yaitu area dahi dan meluas ke hidung sampai dagu. Area itu yang mengeluarkan kelenjar sebum lebih besar.

Jerawat juga bisa muncul di area wajah lainnya, seperti di area mulut. Area itu bisa iritasi dan mempunyai kemungkinan sering tersentuh. Yuk, cari tahu penyebab adanya jerawat di area mulut!

1. Tali helm

5 Penyebab Tak Terduga Jerawat di Area Mulut, Bisa dari Lip Balm!pexels.com/@brett-sayles

Tali yang menempel di dagu, bisa menyumbat pori-pori di dekat mulut. Kalau kamu memakai helm, pastikan tali tidak terlalu ketat. Setelah memakai helm, kamu sebaiknya membersihkan wajah dengan lembut.

2. Alat-alat musik yang menyentuh area mulut

5 Penyebab Tak Terduga Jerawat di Area Mulut, Bisa dari Lip Balm!pexels.com/@simon-leonardo-353203

Alat-alat musik yang menyentuh bagian dagu atau area mulut, bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan timbul jerawat. Kalau kamu memainkan alat musik, seperti biola atau seruling, perhatikan kebersihannya juga ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Acne Patch untukmu, biar Jerawat Cepat Kempes!

3. Lip balm

5 Penyebab Tak Terduga Jerawat di Area Mulut, Bisa dari Lip Balm!pexels.com/@oleg-magni

Beberapa kandungan dalam lip balm bisa mengiritasi kulit. Unsur lilin dan parfumnya bisa menyebabkan penyumbatan area sekitar mulut dan menyebabkan jerawat. Usahakan untuk menggunakan lip balm tanpa aroma, ya!

4. Pasta gigi

5 Penyebab Tak Terduga Jerawat di Area Mulut, Bisa dari Lip Balm!pexels.com/@olly

Tidak semua pasta gigi menggunakan bahan yang baik. Kandungan natrium lauril sulfat pada pasta gigi, bisa menyebabkan jerawat karena reaksi kimia dari kandungan tersebut.

5. Penggunaan handphone

5 Penyebab Tak Terduga Jerawat di Area Mulut, Bisa dari Lip Balm!pexels.com/@breakingpic

Kalau kamu menggunakan handphone untuk telepon dalam waktu yang lama, kontak pada bagian dagu dan area mulut bisa menyumbat pori. Ini karena kotoran yang ada di handphone bisa menyebar ke area yang disentuhnya sehingga menyebabkan jerawat.

Jerawat berkaitan dengan kebersihanmu dalam mencuci wajah dan benda yang bersentuhan dengan kulit. Kalau malas membersihkannya, kamu pun akan berjerawat. Jadi, lebih teliti ya!

Baca Juga: 6 Langkah Atasi Maskne, Jerawat yang Muncul karena Penggunaan Masker

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya