Comscore Tracker

5 Amalan Bagi Wanita Haid di Bulan Ramadan, Biar Tetap Panen Pahala

Datang bulan, bukan berarti harus bermalas-malasan ya!

Berbeda dengan laki-laki, wanita memiliki masa menstruasi yang datang setiap bulannya. Sepanjang masa datang bulan tersebut, ibadah wajib seperti alat dan puasa pun haram untuk dikerjakan, termasuk di bulan Ramadan ini.

Namun, kamu para perempuan gak perlu khawatir karena masih banyak hal lainnya yang bisa kamu lakukan agar panen pahala di bulan Ramadan ini. Apa saja itu? Yuk simak!

1. Mendengarkan bacaan Al-quran

5 Amalan Bagi Wanita Haid di Bulan Ramadan, Biar Tetap Panen Pahalapinterest/Terezinha da Silva Bernardi

Ketika wanita sedang dalam masa datang bulan, memang ada beberapa ibadah yang haram dilakukan, salah satunya adalah membaca Al-quran. Namun kamu masih diperbolehkan untuk mendengarkan bacaan Al-quran orang lain. Hal tersebut juga bisa mendatangkan pahala, lho. 

Apalagi saat ini dimudahkan dengan adanya YouTube di mana kita bisa mendengarkan murottal Quran. Gak hanya itu, mendengarkan sanak saudaramu yang sedang membaca Al-quran di rumah juga boleh, kok.

2. Menonton kajian agama Islam

5 Amalan Bagi Wanita Haid di Bulan Ramadan, Biar Tetap Panen PahalaUnsplash/Deddy Yoga Pratama

Hadirnya internet saat ini memang sangat membantu dalam berbagai hal. Salah satunya mencari ilmu agama. Bagi kamu yang sedang datang bulan, kegiatan ini bisa menjadi hal berfaedah yang kamu kerjakan di bulan Ramadan. Gak hanya menambah ilmu agama, tetapi juga memberikanmu pahala.

Lewat saluran YouTube, kamu tinggal memilih tema kajian apa yang ingin kamu tonton dan butuhkan.

Baca Juga: 5 Hal yang Dirasakan Cewek Ketika Berhalangan di Awal Bulan Ramadan

3. Membaca buku Islami

5 Amalan Bagi Wanita Haid di Bulan Ramadan, Biar Tetap Panen Pahaladawntravels.com

Jika kamu adalah seorang pecinta buku, maka kegiatan yang satu ini juga bisa mendatangkan pahala saat kamu sedang haid, lho. Tentunya bukan membaca roman picisan ya, tetapi membaca buku-buku yang bisa memberikan kita ilmu baru seputar agama dan ilmu-ilmu yang mampu memperbaiki diri kita lebih baik lagi.

4. Berzikir dan berdoa

5 Amalan Bagi Wanita Haid di Bulan Ramadan, Biar Tetap Panen Pahalapinterest/rawpixel

Kamu yang sedang datang bulan masih boleh, kok melakukan beberapa ibadah yaitu berzikir dan berdoa. Membaca lafaz-lafaz zikir seperti tasbih (subhanallah), tahlil (la ilaha illallah), tahmid (alhamdulillah) bisa kamu lakukan sebanyak yang kamu mampu. Gak hanya bisa mendatangkan pahala, hal ini juga bisa membuat hatimu makin tenang.

5. Bersedekah dengan memberi makan mereka yang berbuka puasa

5 Amalan Bagi Wanita Haid di Bulan Ramadan, Biar Tetap Panen Pahalatwitter.com/jogokaryan

Salah satu keistimewaan dari sedekah adalah bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja. Apalagi di bulan Ramadan ini di mana pahala dilipatgandakan. Kamu yang sedang datang bulan, jangan sia-siakan amalan yang satu ini. Salah satu cara agar kamu juga bisa mendapatkan pahala seperti mereka yang sedang berpuasa adalah bersedekah dengan memberi makan untuk berbuka puasa.

Jika kamu seorang ibu rumah tangga, jangan menyepelekan kegiatan memasak untuk mempersiapkan berbuka dan bersantap sahur, lho. Hal itu juga merupakan kegiatan yang mendatangkan pahala yang berlipat ganda.

Itulah lima amalan yang bisa dilakukan kamu yang sedang berhalangan puasa di bulan Ramadan ini. Meski tidak berpuasa, kamu tetap bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Yuk, terapkan!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya