Comscore Tracker

Arum Sumiati: Perempuan Tidak Hanya Dilihat dari Kecerdasan

"Perempuan harus terbebas dari segala bentuk kekerasan."

Nama Arum Sumiati, mungkin masih asing di kalangan millenials. Namun, dalam dunia politik nama beliau adalah salah satu perempuan yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif DPR RI 2019 dari partai Nasional Dempokrat (NasDem). Dalam acara diskusi tokoh SK Trimurti dan Laksamana Malahayati (28/8), yang diadakan di Cemara 6 - Galeri, ia memberikan pendapatnya tentang arti perempuan hebat. Seperti apa?

1. Menurut Arum, Perempuan hebat itu harus bisa survive dalam menghadapi situasi sulit dan menjadi dirinya sendiri

Arum Sumiati: Perempuan Tidak Hanya Dilihat dari KecerdasanIDN Times/Geralda Talitha

"Perempuan memang harus menjadi dirinya sendiri dan kesadaran bahwa perempuan memiliki otonomi terhadap pemikirannya, bertanggung jawab terhadap apa yang dia lakukan, itu sangat penting" ujar Arum.

Ia juga menambahkan, bahwa seorang perempuan harus mengetahui tujuan hidupnya seperti apa. Karena dalam hidup ini ada tantangan-tantangan yang tidak kasat mata, tapi harus dihadapi. 

2. Dalam kariernya di dunia politik, ia ingin berkontribusi untuk kemajuan perempuan

Arum Sumiati: Perempuan Tidak Hanya Dilihat dari KecerdasanIDN Times/Geralda Talitha

Sadar bahwa karier berpolitiknya bukan hanya untuk kepentingannya sendiri, tapi ia ingin bisa memberikan dampak yang positif dan berkontribusi untuk memajukan kehidupan kaum perempuan.

"Dulu saya menganggap bahwa diskriminasi terhadap perempuan merupakan suatu hal yang wajar. Tapi ketika saya melihat bahwa diskriminasi terhadap perempuan itu merupakan hal yang merugikan bagi kaum wanita." ujarnya.

Masalah diskriminasi terhadap perempuan itulah, yang akhirnya membuat Arum Sumiati memutuskan untuk lebih memperhatikan masalah-masalah perempuan, khususnya di Indonesia. Bahkan, hal ini menjadi penyemangat bagi dirinya untuk lebih memiliki kesadaran dan memperjuangkan hak-hak yang harusnya dimiliki oleh seorang perempuan.

Melalui organisasi Garnita Mahayati, yang lebih memfokuskan pada peran dan posisi perempuan dalam sosial politik, diharapkan bisa menjadi wadah bagi para kaum wanita untuk bisa berpartisipasi di ruang publik . 

"Empat isu yang saya perhatikan di antaranya pendidikan, kesehatan, ekonomi dan yang terpenting bahwa perempuan harus terbebas dari segala bentuk kekerasan." katanya.

3. Prinsip dan visi yang jelas, menjadi modal utama Arum Sumiati untuk tetap fokus terhadap kariernya di dunia politik

Arum Sumiati: Perempuan Tidak Hanya Dilihat dari KecerdasanIDN Times/Geralda Talitha

Dalam karier berpolitiknya, sebagai Sekretaris Jenderal Garnita Mahayati, beliau mengakui bahwa ada kesulitan dalam karier berpolitiknya. Dunia politik yang memang lebih banyak didominasi oleh para kaum lelaki, tidak membuatnya menjadi minder.

Sibuk di dunia politik dan mengharuskan dirinya untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki karakter yang berbeda setiap harinya. Hal itu yang menjadi dasar ibu Arum untuk memiliki prinsip dan visi yang jelas, sebagai modal utamanya dalam meniti karier di kehidupan berpolitiknya. Dirinya juga menambahkan bahwa hal itu tidak hanya berlaku bagi dunia politik, tapi juga berlaku bagi perempuan-perempuan dalam menjalani kariernya.

Baca Juga: Arti Perempuan Hebat ala Silvia Halim, Direktur Konstruksi MRT Jakarta

4. Tidak cepat puas dengan posisinya sekarang, ia menganggapnya sebagai mandat yang harus dilakukan

Arum Sumiati: Perempuan Tidak Hanya Dilihat dari KecerdasanIDN Times/Geralda Talitha

Dengan jabatannya saat ini di organisasi Garnita Malahayati, ia bukan merupakan tipe orang yang puas dengan apa yang sudah dimilikinya saat ini. Malah dengan pencapaiannya saat ini, dirinya tidak menganggap bahwa ini sebagai beban. Namun ia memiliki pemikiran bahwa ini adalah mandat bagi dirinya.

"Tidak berproses seperti organisasi-organisasi yang sudah lama berjalan. Ada kompetisi, ada sesuatu yang harus dimenangkan. Memenangkan pemimpin yang memberikan mandat, saya akan lebih bangga misalnya pemilihan itu di dalam satu proses demokratis." tutur Arum.

5. Melihat dari perjuangan S.K Trimurti, perlu ada keseimbangan peran antara laki-laki dan perempuan

Arum Sumiati: Perempuan Tidak Hanya Dilihat dari KecerdasanIDN Times/Geralda Talitha

Dalam acara ini, juga diputarkan film S.K Trimurti yang merupakan salah satu pejuang wanita dari Indonesia yang merupakan istri dari Sayuti Melik. Salah satu alasan, mengapa memilih tokoh ini untuk difilmkan, karena ingin mengambil kisah seorang pejuang yang kisah hidupnya masih dekat dengan kehidupan perempuan-perempuan di zaman modern ini. Dari kisah S.K Trimurti ini, dapat dilihat bahwa bagaimana perjuangan perempuan pada zaman penjajahan, dimana beliau memiliki karakter perempuan yang kuat, tangguh dan pada masa-masa sulitnya.

"Dari pemutaran film S.K Trimurti, saya melihat bahwa dia adalah perempuan yang kuat, tangguh dan di era masa sulitnya, beliau bisa bertahan sekaligus memikirkan kehidupan perempuan-perempuan di Indonesia pada zamannya dengan memberikan kontribusi untuk kemajuan perempuan. Dari perjuangan S.K Trimurti, keseimbangan antara peran laki-laki dan perempuan itu sangatlah penting. Di Indonesia saat ini, harus ada kesamaan kesempatan baik untuk laki-laki maupun perempuan dalam mengembangkan karier dalam dunia kerja" papar Arum Sumiati.

Itulah arti perempuan hebat ala Arum Sumiati, Sekjen Garnita Mahayati. Bagaimana denganmu? Apakah kamu sependapat dengan sosok perempuan hebat menurutnya? Atau kamu memiliki definisi perempuan hebat sendiri?

Baca Juga: Definisi Perempuan Hebat ala Zulfa Maharani, Gak Cuma Kuat Mental!

Topic:

  • Geralda Talitha
  • Pinka Wima

Just For You