Comscore Tracker

Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lho

Hayo, siapa yang sering pinjam spons bedak teman?

Jerawat di wajah memang menjadi momok menakutkan, terutama bagi kaum wanita. Muncul saja satu jerawat, bisa membuat rasa percaya diri merosot jauh ke bawah. Selain karena faktor hormonal, terdapat beberapa kebiasaan perawatan kulit wajah yang terdengar sepele, namun jika terus menerus dilakukan maka bisa membuat jerawat tumbuh subur di kulit wajah.

Kalau kamu gak mau jadi korban hilangnya kepercayaan diri karena jerawat, sebaiknya kamu hindari 10 kebiasaan buruk yang bisa memicu tumbuhnya jerawat berikut ini ya girls.

1. Sering gonta-ganti produk penghilang jerawat

Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lhoeverydayhealth.com

Terkadang kalau jerawat sudah muncul di wajah, kamu sering merasa gak sabaran untuk segera membasminya. Nah, kebiasaan buruknya adalah kamu gak mau menunggu lama untuk melihat efek dari produk tersebut, alias mau hasil instan. Alhasil, kalau misalnya dalam seminggu saja gak ada perubahan, kamu cenderung untuk pindah ke produk anti jerawat lain.

Sebaiknya, tunggu sekitar dua hingga tiga bulan untuk melihat apakah ada perubahan dari treatment yang kamu lakukan, kalau tidak ya kamu pun bisa move on ke produk selanjutnya.

2. Mengoleskan obat anti jerawat hanya pada bagian jerawatnya saja

Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lhord.com

Kebiasaanmu saat merawat wajah yang harus diubah adalah, mengoleskan produk pembasmi jerawat hanya pada bagian jerawatnya tersebut. Saat wajah terpapar satu jerawat saja, maka besar kemungkinan akan muncul jerawat-jerawat lain sesudahnya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, oleskan juga produk pembasmi jerawat tersebut pada bagian wajah lain, seperti dahi, dagu atau area wajah tempat jerawat sering bermunculan.

3. Menggunakan kosmetik serta produk perawatan kulit dan rambut yang bisa memicu munculnya jerawat

Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lhostorybookapothecary.com

Bagi pemilik kulit sensitif, pilihan produk kosmetik atau perawatan rambut yang salah pun bisa mengakibatkan munculnya jerawat ataupun flek hitam pada wajah. Untuk mengantisipasinya, kamu bisa menggunakan produk kecantikan atau perawatan kulit serta rambut yang memiliki label 'non-comedogenic' atau tak akan menimbulkan penyumbatan pada pori-pori kulit.

4. Berbagi produk dan peralatan makeup

Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lhoshefinds.com

Siapa disini yang sering berbagi spons bedak dengan temannya? Kalau bisa dari sekarang kebiasaan ini dihentikan ya, girls. Saling berbagi produk dan alat makeup, terutama yang lansung kontak dengan wajah, bisa mengakibatkan migrasinya bakteri penyebab jerawat, minyak di wajah, serta sel kulit mati dari wajah orang lain ke wajahmu lho.

Baca Juga: Hati-hati, 7 Kebiasaan Mandi Ini Bisa Memunculkan Jerawat Muka & Tubuh

5. Tidur tanpa membersihkan wajah dari sisa riasan

Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lhofreshpointnews.com

Lelah setelah beraktivitas seharian sih iya, tapi jangan sampai kamu biarkan wajahmu tetap penuh dengan riasan saat kamu tidur ya.

6. Terlalu sering mencuci wajah setiap harinya

Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lhoallure.com

Bukannya tambah bersih, wajahmu akan mengalami iritasi jika kamu terlalu sering mencucinya sepanjang hari. Cuci mukamu saat bangun, menjelang tidur dan setelah kamu melakukan aktivitas yang membuatmu berkeringat.

7. Membiarkan wajahmu kering

Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lhohealthline.com

Jangan merasa nyaman saat wajah berminyakmu menjadi kering, setelah kamu memakai produk perawatan wajah. Hal ini malah akan membuat kulit wajahmu menjadi iritasi. Kalau kulitmu terasa kering, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap yang cocok untuk wajahmu.

8. Menggosok kulit wajah terlalu keras

Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lhoverywellhealth.com

Bukannya malah menghilangkan jerawat, tindakanmu ini malah akan melukai wajahmu dan menyebabkan jerawat menjadi semakin parah. Gosok wajahmu dengan lembut ketika mencucinya, terutama di bagian tumbuhnya jerawat.

9. Menyeka keringat di kulit wajah sembarangan

Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lhobustle.com

Setelah berolahraga atau beraktivitas, jangan menyeka keringat di kulit wajah dengan handuk secara kasar, apalagi menyekanya dengan tanganmu yang sedang dalam keadaan kotor. Hal ini bisa menyebabkan kulit wajahmu meradang, iritasi dan tentu saja jerawat bermunculan. Seka dengan lembut keringat di wajahmu dengan menggunakan handuk lembut yang bersih.

10. Memencet jerawat

Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lhoacne.com

Melihat satu jerawat muncul di wajah, terkadang membuatmu geregetan ingin lansung menghilangkannya. Jalan pintas yang sering kamu ambil adalah dengan memencetnya. Kalau kamu melakukan ini, kamu malah akan membuat jerawatmu semakin parah dan malah meninggalkan bekas di wajahmu.

Tahan dirimu untuk tidak memencet jerawat, kamu bisa mencoba untuk menggunakan produk pembasmi jerawat atau lansung konsultasi dengan ahli dermatologi di sekitarmu.

Untuk punya kulit wajah yang sempurna, kebiasaan buruk memang harus dirubah. Kan sayang, karena satu kebiasaan kecil, malah membuatmu merasa tidak percaya diri dengan adanya jerawat di wajah cantikmu. Semangat untuk berubah ke arah yang lebih baik ya, girls!

Baca Juga: 7 Kebiasaan Baik Supaya Kulit Sembuh dari Jerawat, Catat Nih Girls!

Gusti Hafsari Photo Verified Writer Gusti Hafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya