Comscore Tracker

6 Tips Sederhana Agar Kamu Terhindar dari Masalah Kulit Kering

Kulit sehat berawal dari merawat hal kecil

Kulit kering merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami beberapa orang. Yups, masalah kulit yang satu ini memang bukan masalah yang serius untuk dikhawatirkan.

Akan tetapi, jika kamu biarkan begitu saja kulit wajah maupun kulit lain di tubuh jadi kering, maka lama-kelamaan kulit bisa mengelupas. Nah, berikut ini 6 tips sederhana yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari masalah kulit kering.

1. Konsumsi air putih dengan cukup

6 Tips Sederhana Agar Kamu Terhindar dari Masalah Kulit Keringpixabay.com/PublicDomainPictures

Tips sederhana pertama agar kamu terhindar dari masalah kulit kering adalah mengonsumsi air putih secukupnya. Yups, perlu kamu tahu salah satu penyebab kulit kita kering adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Apalagi jika kamu sering menghabiskan waktu di tembat yang ber-AC, kulit kamu bakalan cepat sekali kering. Untuk itu kamu perlu rutin meminum air agar kulitmu menjadi segar dan merona.

2. Kurangi mandi air panas

6 Tips Sederhana Agar Kamu Terhindar dari Masalah Kulit Keringunsplash.com/ohshoothannah

Terkadang mandi menggunakan air panas memang sedikit membuat sensasi rileks. Apalagi jika suhu di luar dingin, mandi dengan air panas merupakan salah satu cara untuk menghangatkan tubuh. Eits, tapi jika kamu keseringan mandi dengan air panas kulit kamu bisa kering lho.

Yups, mandi air panas bisa menyebabkan minyak alami yang diproduksi tubuh jadi berkurang. Padahal minyak tersebut merupakan zat yang bisa membuat kulitmu tetap lembap dan halus. So, mulai sekarang kurangi ya untuk mandi air panas.

3. Mencukur bulu tubuh dengan baik dan benar

6 Tips Sederhana Agar Kamu Terhindar dari Masalah Kulit KeringInstagram.com/sugarwaxingkit

Tips ketiga agar kulitmu terhindar dari masalah kulit kering adalah mencukur bulu-bulu yang ada di tubuh dengan baik dan benar. Jika kamu ingin mencukur bulu-bulu yang berada di daerah sensitif seperti di ketiak atau daerah genital, lakukan setelah kamu mandi ya karena setelah mandi, rambut lebih halus dan mudah diatur.

Gunakan juga cream atau gel khusus untuk mencukur bulu dan ikuti arah tumbuh rambut saat mencukur untuk meminimalisir luka. Pastikan juga alat cukurmu itu tajam karena jika tumpul, kulitmu bakalan mudah iritasi.

Baca Juga: 6 Manfaat Face Oil bagi Kulit Berminyak dan Berjerawat

4. Menggunakan pelindung saat di bawah matahari

6 Tips Sederhana Agar Kamu Terhindar dari Masalah Kulit KeringInstagram.com/sugarwaxingkit

Kalau tips satu ini memang wajib untuk kamu lakukan. Apalagi kalau kamu lebih sering beraktivitas di luar ruangan dan panas-panasan di bawah terik matahari. Menggunakan pelindung seperti sunscreen dengan SPF 30 dan lip balm merupakan cara ampuh untuk mencegah kulit kamu kering.

Gak cuma itu, usahakan memakai payung ataupun jaket agar kulit kamu tidak terpapar dengan sinar matahari secara langsung. Cara-cara ini tidak hanya membuat kulitmu terlindung dari kekeringan, tapi juga bisa mencegah kerusakan kulit dan penuaan dini.

5. Gunakan sabun lembut

6 Tips Sederhana Agar Kamu Terhindar dari Masalah Kulit KeringInstagram.com/theglowyvirgo

Pemilihan sabun mandi ataupun sabun pencuci muka yang salah adalah salah satu pemicu kulit kamu mengalami kekeringan lho. Yups, kalau kamu ingin kulit kamu senantiasa lembap dan lembut, pilihlah sabun yang tidak mengandung alkohol maupun parfum karena kedua bahan tersebut memicu kulit mudah menguap dan memuai. Akibatnya kulit kamu terasa sangat kering.

Untuk kulit wajah, pilihlah produk yang mengandung pelembap yang cukup tinggi.

6. Aplikasikan moisturizer setelah mandi

6 Tips Sederhana Agar Kamu Terhindar dari Masalah Kulit KeringInstagram.com/sugarwaxingkit

Tips terakhir agar kamu terhindar dari masalah kulit kering adalah menggunakan moisturizer setelah mandi. Kenapa harus setelah mandi? Karena setelah mandi pori-pori kulitmu lebih terbuka dan lebih mudah untuk menyerap moisturizer dengan baik.

Pelembap sendiri merupakan salah satu skincare yang mengandung berbagai zat baik untuk kulit senantiasa terasa lembap dan terlihat segar. So, pilih dan gunakanlah moisturizer  yang tepat untuk jenis kulit kamu ya.

Gimana guys, gampang banget kan tipsnya? Selamat mencoba dan mudah-mudahan berhasil ya.

Baca Juga: Simak 5 Tips Cara Merawat Kulit Berjerawat Agar Tetap Sehat

Ocha Lubis Photo Verified Writer Ocha Lubis

I like food so iam interesting for cooking. Iam simple how about u ☺☺☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya