Comscore Tracker

7 Tips Puasa yang Bikin Wajahmu Berseri, Dijamin!

#RamadanMasaKini Jangan malas rawat wajah saat puasa ya!

Puasa emang sudah terbukti memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi gak jarang, sebagian orang malah terlihat lemas dan lesu saat berpuasa.

Gak cuma itu, saat puasa wajah sebagian orang pun terlihat kusam akibat kurang merawat diri. Padahal, jika kita menjaga dan merawat tubuh dengan baik dan benar saat puasa, pasti tubuh kita tetap bugar dan wajah kita tampak segar berseri.

Nah, berikut ini 7 tips puasa yang bakal buat wajahmu tetap terlihat cerah berseri!

1. Perhatikan asupan makananmu

7 Tips Puasa yang Bikin Wajahmu Berseri, Dijamin!Unsplash.com/annapelzer

Tips pertama yang harus kamu lakukan agar wajah kamu tetap terlihat segar saat berpuasa adalah menjaga dan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kamu. Sebabnya saat puasa tubuh kita tidak menerima asupan makanan hampir 12 jam lebih. Sehingga kita harus mengkonsumsi makanan yang benar-benar sehat bergizi.

Gak cuma membuat perutmu  kenyang lebih lama, makanan yang kamu konsumsi saat puasa harus benar-benar memiliki kandungan serat dan vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh dan kulit wajah, seperti sayur dan buah-buahan. Karena bukan rahasia lagi sayur dan buah-buahan kaya dengan serat serta vitamin yang baik buat tubuh.

So, kamu harus memperbanyak makan sayur dan buah saat sahur maupun berbuka ya.

2. Hindari begadang

7 Tips Puasa yang Bikin Wajahmu Berseri, Dijamin!shutterstock.com/ Stock-Asso

Tips kedua agar wajah kamu tetap terlihat segar saat berpuasa adalah hindari begadang. Ya, dengan alasan apapun begadang emang gak baik buat kesehatan. Apalagi malam merupakan waktu terbaik untuk regenerasi kulit wajah kamu lho.

Gak cuma itu, saat puasa waktu bangun tidur kamu relatif cepat dari biasanya dan pastinya jam tidur kamu sedikit berkurang. So kamu harus buru-buru tidur ketika ibadah salat tarawih kamu udah selesai.

Walaupun sehabis sahur kamu bisa tidur lagi, tapi itu kurang disarankan. Sebabnya proses pencernaan makanan yang kamu makan saat sahur tadi belum terproses dengan sempurna. Apabila kamu langsung tidur, ini akan mengganggu lambung dan pencernaan kamu guys.

3. Rajin membersihkan wajah

7 Tips Puasa yang Bikin Wajahmu Berseri, Dijamin!Instagram.com/catra.medika

Ketiga, tips yang kamu harus lakukan agar wajah kamu terlihat segar saat berpuasa adalah rajin membersihkannya.

Idealnya bersihkan wajah kamu dua kali sehari. Kotoran dan debu yang menempel di wajah kamu, bakal terangkat jika kamu rajin membersihkannya dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Apalagi pas puasa tubuh kita gak menerima air selama 12 jam, mencuci muka bakalan membantu memberikan sedikit kelembapan untuk kulit wajah kamu.

Baca Juga: 5 Masalah Kulit Saat Puasa dan Cara Mudah Mengatasinya

4. Gunakan pelembap wajah

7 Tips Puasa yang Bikin Wajahmu Berseri, Dijamin!stock.adobe.com/Prostock-studio

Selanjutnya, agar wajah kamu tetap terlihat cerah saat berpuasa gunakanlah pelembap muka sesuai jenis kulit kamu. Usahakan memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi.

Saat puasa asupan air yang masuk ke tubuh kita tidak seperti biasanya. So, pelembap wajah akan membantu mencerahkan kulit kamu saat puasa. Apalagi cuaca pada siang hari sangat terik, ini akan membantu menangkal sinar UV yang gak baik untuk kulit wajah kamu.

5. Gunakan tabir surya

7 Tips Puasa yang Bikin Wajahmu Berseri, Dijamin!Instagram.com/neo_celeteque

Gak cuma pelembap, kamu juga wajib menggunakan tabir surya buat wajah kamu agar terlihat segar bercahaya. Apalagi buat kamu yang suka beraktivitas di luar ruangan saat puasa, kamu harus menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah kamu. Soalnya, bukan tidak mungkin banyak radikal bebas yang bakal mengintai wajahmu seperti debu maupun sengatan sinar UV yang bakal menyerang wajah.

Karena selama puasa kamu gak bisa mengonsumsi makanan atau vitamin pada saat siang hari, nah tabir surya ini menjadi alternatif untuk menjaga kulit kamu agar terbebas dari radikal bebas.

6. Menggunakan facemist

7 Tips Puasa yang Bikin Wajahmu Berseri, Dijamin!Instagram.com/flafacosmeticssolo

Gak cuma tabir surya, hal yang mesti kamu lakukan agar wajah kamu terlihat segar adalah memakai facemist.

Facemist merupakan produk yang berfungsi untuk menyegarkan wajah kita. So, sesekali kamu harus menyemprotkan facemist ke wajah kamu, apalagi saat cuaca terik dan kamu merasa wajah kamu agak kering. Dijamin wajah kamu bakalan segar walaupun kamu sedang berpuasa.

7. Melakukan eksfoliasi

7 Tips Puasa yang Bikin Wajahmu Berseri, Dijamin!shutterstock.com/LuciaRomero

Terakhir, hal yang harus kamu lakukan agar wajah kamu terlihat segar saat puasa adalah melakukan eksfoliasi seminggu sekali.

Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan kulit wajah yang berguna mengangkat sel-sel kulit mati yang dilakukan melalui beberapa perawatan wajah seperti facial. Nah, jika kamu melakukan hal ini saat puasa wajah kamu bakalan cerah bersinar deh.

Nah, itu tadi 7 tips puasa agar wajah kamu terlihat segar di bulan Ramadan ini, guys. Apakah kamu punya tips lainnya?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Ocha Lubis Photo Community Writer Ocha Lubis

I like food so iam interesting for cooking. Iam simple how about u ☺☺☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Just For You