Comscore Tracker

6 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Pembalut Kain

Yuk, ganti ke pembalut yang bisa dipakai kembali!

Pernah merasa risii, gatal, atau panas saat menggunakan pembalut sekali pakai, gak guys? Faktor keluhan itu muncul, di antaranya kulit yang sensitif hingga bahan kimia dari pembalut sekali pakai. Supaya lebih aman, hemat dan bisa ikut dalam melindungi lingkungan, ganti pembalut sekali pakai kalian ke pembalut kain. Ada beberapa perempuan yang gak mau ribet karena harus mencuci pembalut kainnya dan sebagainya. Tapi perlu diketahui penggunaan pembalut ini ramah lingkungan jadi kita bisa ikut menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah bekas pembalut sekali pakai. 

1. Ramah lingkungan dan bisa digunakan berkali-kali

6 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Pembalut KainPembalut Kain (instagram.com/b.i.y.u.n.g)

Reusable menstruasi pads memang bisa digunakan berkali-kali. Pembalut kain bisa dicuci dan memiliki daya tahan yang lebih lama. Jadi pemakaian pembalut kain ini menjadi salah satu solusi mengatasi masalah sampah pembalut bekas pakai, sehingga lebih ramah lingkungan. 

Hanya cukup memiliki beberapa buah pembalut kain untuk setiap siklus menstruasi. Bahkan, umur rata-rata pembalut kain diklaim bisa mencapai lima tahun lho, jika digunakan dengan benar.

2. Terbuat dari kain dengan daya serap baik

6 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Pembalut Kainpembalut kain (instagram.com/021suarasampah)

Saat menggunakan pembalut kain, sebenarnya tidak perlu khawatir takut bocor. Sebab, pembalut kain ini terbuat dari kain dengan daya serap yang baik lho, guys

Contohnya aja katun lembut yang memungkinkan sirkulasi udara tetap baik. Namun, untuk memastikan tetap aman, sebaiknya dari hari pertama sampai ketiga, cek pembalut kain setiap 3 jam sekali.

3. Bentuknya sama seperti pembalut sekali pakai

6 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Pembalut KainPembalut kain (instagram.com/toko_ummafatih)

Meski terbuat dari kain, bentuk pembalut kain modern dibuat seperti pembalut sekali pakai. 

Jadi pembalut kain ini akan menawarkan kenyamanan saat dipakai. Pembalut kain modern ini juga dilengkapi model sayap dan kancing yang dapat direkatkan pada celana dalam, sehingga tidak mudah bergeser.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pembalut Kain dari Brand Lokal, Eco Friendly!

4. Mengurangi risiko ruam

6 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Pembalut Kainpembalut kain (instagram.com/mensped_medan)

Biasanya penggunaan pembalut sekali pakai akan menimbulkan beberapa gangguan di antaranya adalah muncul ruam dan mengakibatkan iritasi, karena memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya. 

Tapi untuk pembalut kain tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, sehingga menurunkan risiko terjadinya ruam atau iritasi pada daerah vagina. Ruam dan iritasi memang sering terjadi ketika menggunakan pembalut biasa sekali pakai.

5. Harus rajin mengganti dan mencuci

6 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Pembalut Kainpembalut kain (instagram.com/mensped_medan)

Penggunaan pembalut kain harus tetap terjaga kebersihannya, agar bisa berfungsi dengan maksimal. Sebelum menggunakan pembalut kain baru, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu. 

Ketika menjadi pengguna pembalut kain berarti harus berkomitmen untuk rajin mengganti dan mencuci pembalut kain. Penggunaan pembalut kain yang terlalu lama bisa menyebabkan area vagina mudah lembap dan memicu pertumbuhan bakteri.

6. Cara mencuci pembalut kain

6 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Pembalut Kainpembalut kain (instagram.com/sabinettebymikhadou)

Perawatan pembalut kain ini mudah sekali, lho, saat mencuci pembalut kain ini hanya cukup dengan tangan menggunakan air dan sabun berformula lembut, sabun khusus pencuci pakaian dalam atau sabun untuk pakai bayi. 

Setelah itu jemur sampai benar-benar kering di bawah sinar matahari, supaya tidak lembap dan bakterinya mati. Kalau tidak bersih dan lembab bisa menimbulkan bakteri atau jamur yang mengancam kesehatan vagina. 

Dari beberapa hal tersebut gimana, tertarik untuk berganti ke pembalut kain? Selain mengurangi risiko ruam, pembalut kain juga ramah lingkungan, lho, agar kita juga ikut menjaga lingkungan, serta bisa lebih berhemat tiap bulannya

Baca Juga: 5 Alasan Beralih Gunakan Pembalut Reusable, Cintai Bumi!

pratiwi wii Photo Verified Writer pratiwi wii

"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain" Instagram @hestiprtiwi_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya