Comscore Tracker

7 DIY Masker Minyak Kelapa Murni Terbaik untuk Dapatkan Kulit Bersinar

Karena riasan terbaik adalah kulit yang sehat dan bercahaya

Kita semua selalu berusaha mencari perawatan yang terbaik untuk memperoleh kulit wajah yang sehat dan bercahaya. Dan perawatan yang mungkin kalian lewatkan adalah masker minyak kelapa. Minyak kelapa yang kita bicarakan disini adalah minyak kelapa murni, dan bukan minyak yang ada didapurmu.

Kenapa bukan minyak kelapa biasa? Karena minyak kelapa biasa melewati proses penyulingan dengan beberapa bahan kimia sehingga tak semua orang aman menggunakannya di wajah. Minyak kelapa murni memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kulit, diantaranya adalah:

  1. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat membunuh minkroba berbahaya di kulit.
  2. Minyak kelapa juga mengandung anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit, serta dapat menigkatkan anti-oksidan sehingga membantu kulitmu melawan radikal bebas.
  3. Pelembab yang sangat baik untuk melawan dan merawat kulit kering.
  4. Selain mengandung antioksidan, minyak kelapa juga membantu dalam meningkatkan kadar kolagen sehingga dapat menyembuhkan luka dengan baik.

Banyak sekalikan manfaat dari minyak kelapa murni, apalagi jika kamu dapat mencampurnya dengan bahan-bahan alami lainnya dan menjadikannya masker. Tentu yang kamu dapat adalah manfaat yang berlimpah serta kulit yang sehat dan cerah.

Berikut adalah 7 DIY Masker minyak kelapa murni terbaik yang dapat kamu buat sendiri di rumah.

1. Masker minyak kelapa dan tea tree essential oil

7 DIY Masker Minyak Kelapa Murni Terbaik untuk Dapatkan Kulit Bersinarstylepresso.com

Minyak kelapa dan tea tree essential oil memiliki sifat antiseptik dan penyembuhan. Ketika kamu tidur, tubuh memperbaiki dan meremajakan sel-sel kulit dan sistem lainnya. Dan masker minyak yang akan kita buat ini membantu mengoptimalkan proses tersebut. Sehingga kamu akan mendapatkan kulit yang bercahaya keesokan harinya. Bahan yang kamu perlukan:

  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • 2-3 tetes tea tree essential oil
  • Jika kamu ingin membuatnya dalam jumlah yang besar, maka kamu dapat mencampurkan satu gelas minyak kelapa dan 10 tetes tea tree oil.

Cara membuatnya sangat mudah yaitu kalian hanya perlu mencampurkan dua bahan tersebut dan mengaduknya hingga merata. Oleskan 3-4 tetes masker minyak ini pada wajah saat malam hari, lakukan pijatan-pijatan dan biarkan masker bekerja semalaman. Kamu dapat menggunakan masker ini setiap hari, namun bagi yang memiliki kulit berminyak kalian dapat menggunakannya dua atau tiga hari sekali.

NB: Hati-hati dalam menggunakan essential oil, jangan menggunakan essensial oil melebihi takaran atau jumlah tetes yang disarankan.

2. Masker minyak kelapa dan baking soda

7 DIY Masker Minyak Kelapa Murni Terbaik untuk Dapatkan Kulit Bersinarenglish.newstracklive.com

Masker wajah ini memiliki fungsi yang sangat baik sebagi pembersih. Masker ini dapat mengangkat dan menghilangkan kotoran serta sel-sel kulit mati sehingga wajahmu akan tampak lebih bersinar. Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuatnya adalah:

  • 1 sdm minyak kelapa
  • 1 sdt soda kue

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan soda kue dengan minyak kelapa hingga berbentuk pasta. Oleskan pada kulit, khususnya bagian kulit wajah yang terdapat komedo. Pijat lembut menggunakan jari selama 10 menit. Lalu bilas wajahmu sampai bersih. Kamu dapat menggunakan masker ini sebanyak dua kali seminggu.

NB: Jangan gunakan masker ini jika kulitmu sangat kering, ataupun terkelupas.

3. Masker minyak kelapa dan kopi

7 DIY Masker Minyak Kelapa Murni Terbaik untuk Dapatkan Kulit Bersinarapothecarylife.org

Kopi dan minyak kelapa kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas yang berbahaya. Selain itu keduanya juga dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga sangat bagus untuk penyembuhan ataupun menghilangkan bekas luka. Bahan yang kamu butuhkan adalah:

  • 1 sdt minyak kelapa
  • 1 sdt kopi

Campurkan kedua bahan tersebut hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah, lalu pijat lembut dengan jari dalam gerakan memutar kurang lebih 10-15 menit. Kemudian cuci bersih dengan air hangat, lakukan sebanyak dua kali dalam satu minggu.

NB: Saat memijat jangan terlalu cepat ataupun terlalu keras saat menekannya, karena hal ini akan dapat merusak kulitmu.

Baca Juga: Menurut Ahli, Inilah 6 Manfaat Minyak Kelapa Sawit bagi Kesehatan

4. Masker minyak kelapa dan lidah buaya

7 DIY Masker Minyak Kelapa Murni Terbaik untuk Dapatkan Kulit Bersinardeejayfarm.com

Minyak kelapa dan lidah buaya memiliki efek yang sama pada kulit, mereka sama-sama mendinginkan kulit serta melembabkannya. Masker ini dapat menenangkan kulit yang iritasi, membunuh bakteri penyebab jerawat, serta meningkatkan produksi sel. Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah:

  • 1 sdt minyak kelapa 
  • 1 sdm gel lidah buaya

Campurkan kedua bahan lalu oleskan secara merata pada wajah. Pijat lembut wajah, lalu biarkan selama 10-15 menit. Bilas menggunakan air dingin, kamu dapat menggunakan masker ini sebanyak dua sampai tiga kali seminggu. Masker ini aman untuk semua jenis kulit.

5. Masker minyak kelapa dan kayu manis

7 DIY Masker Minyak Kelapa Murni Terbaik untuk Dapatkan Kulit Bersinarhindustantimes.com

Baik minyak kelapa maupun kayu manis memiliki anti-inflamasi dan anti-mikroba. Sehingga masker ini bekerja sangat baik pada kulit berjerawat. Bahan-bahan yang digunakan adalah:

  • 1 sdt minyak kelapa 
  • 1 sdt serbuk kayu manis organik

Campurkan minyak kelapa dan serbuk kayu manis hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan selama 30 menit. Lalu cuci hingga bersih, kamu dapat menerapkannya sebanyak tiga kali seminggu. 

NB: Sebelum menggunakannya pada wajah, coba oleskan terlebih dahulu pada kulit tangan. Jika selama 10 menit tidak ada rasa gatas, kemerahan, ataupun pembengkakan yang terjadi maka ini aman untuk wajahmu. Mungkin akan terasa sedikit menyengat, namun ini adalah efek yang biasa. 

6. Masker minyak kelapa dan alpukat

7 DIY Masker Minyak Kelapa Murni Terbaik untuk Dapatkan Kulit Bersinarfarmersalmanac.com

Minyak kelapa dan alpukat dapat melembabkan kulitmu, dan juga dapat melindunginya dari radikal bebas. Kedua bahan ini juga dapat memperlambat proses penuaan pada kulit, sehingga kulitmu akan tetap terlihat kencang dan bersinar.

  • 1 sdm minyak kelapa
  • 1/4  sdm alpukat matang

Tumbuk halus alpukat, lalu campurkan dengan minyak kelapa sehingga membentuk pasta. Oleskan pada wajahmu diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Kamu dapat menggunakan masker ini 2 sampai 3 kali seminggu.

7. Masker minyak kelapa, lemon, dan yogurt

7 DIY Masker Minyak Kelapa Murni Terbaik untuk Dapatkan Kulit Bersinarscribhun.com

Minyak kelapa dan yogurt melembabkan dan menyehatkan kulit. Sedangkan lemon memiliki sifat astringen yang dapat mencerahkan kulit wajah, serta dapat mengurangi noda hitam pada wajah. Bahan yang diperlukan adalah:

  • 1/2 sdm minyak kelapa
  • 1 sdm yogurt
  • 1/2 sdm air perasan lemon

Campurkan minyak kelapa, air lemon, dan yogurt dalam mangkok. Oleskan masker secara merata di bagian wajah dan leher. Biarkan selama 15 menit atau sampai masker mengering. Lalu bilas menggunakan air hangat, kamu dapat menggunakan masker ini sebanyak dua kali seminggu.

Itulah 7 DIY Masker minyak kelapa yang dapat menyehatkan serta mencerahkan wajahmu. Buatlah dan gunakan sesuai dengan saran yang diberikan untuk memperoleh hasil yang optimal.

Baca Juga: Gokil, Ternyata Ini 6 Manfaat Ajaib Minyak Kelapa bagi Kesehatan

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya