Comscore Tracker

7 Tips Cerdas Merawat Kulit Sehat tanpa Uang Sepeser pun!

Cuma modal ketekunan kok, girls!

Siapa sih yang gak suka dengan hal-hal yang gratis? Semua pasti sangat menyukai dan memburu yang namanya gratisan. Apalagi dalam hal merawat kulit yang memerlukan banyak biaya untuk membeli berbagai macam produk skincare untuk menjaga kesehatan kulit, apalagi pada bagian wajah.

Banyak yang mencoba mengikuti give away ataupun kuis-kuis berhadiah lainnya untuk bisa mendapatkan skincare secara cuma-cuma. Namun banyak pula yang sudah sering mengikuti give away tapi tak pernah berhasil mendapatkan apa yang diincarnya. Sedih banget ya!

Tapi kamu tak perlu khawatir lagi, ada beberapa tips yang dapat membuat kulit terjaga kesehatannya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun lho! Meski ada beberapa bahan yang harus dipakai, namun bahan atau barang tersebut pasti sudah tersedia di rumahmu. Pasti penasaran kan? Yuk, cek di bawah ini.

1. Berikan pijatan pada wajahmu

7 Tips Cerdas Merawat Kulit Sehat tanpa Uang Sepeser pun!baomoi.com

Memberikan pijatan pada wajah adalah salah satu cara menjaga wajah tetap sehat, hanya dengan bermodalkan kekuatan tangan dan juga ketekunan untuk melakukannya. Georgia Louise, seorang celebrity facialist sekaligus penasehat La Mer global skincare  mengatakan bahwa pijatan dapat merangsang pertumbuhan kolagen. "Tanganmu adalah senjata terkuatmu" ungkapnya.

Selain itu jika kamu memiliki masalah kantung mata, kamu tak perlu membeli krim mata untuk menghilangkannya. Cukup lakukan pijatan pada tulang orbital dengan bergerak dari sudut dalam ke sudut luar menggunakan jari manis, lakukan dua sampai tiga kali.

Hal ini akan membuat sirkulasi menjadi lancar sehingga pembengkakan berkurang, serta meminimalkan garis-garis halus pada mata.

2. Basuh wajah menggunakan air es

7 Tips Cerdas Merawat Kulit Sehat tanpa Uang Sepeser pun!bioclarity.com

Es batu atau air dingin tak hanya berfungsi untuk mendinginkan serta menyegarkan dirimu lho! Ia secara ajaib juga dapat membuat kulitmu menjadi sehat dan mengurangi masalah-masalah yang biasanya merusak penampilan kulit.

Dengan mencuci wajah menggunakan air es atau air dingin, wajahmu akan segera terbebas dari pembengkakan, peradangan, minyak berlebih serta pori-pori yang melebar. Jadi sesekali basuhlah wajahmu menggunakan air dingin, agar kulitmu terhindar dari masalah-masalah di atas.

Baca Juga: Skincare 101: Cara Kombinasikan Retinol, Vitamin C & Hyaluronic Acid

3. Ganti sarung bantal, guling, dan sprei secara rutin

7 Tips Cerdas Merawat Kulit Sehat tanpa Uang Sepeser pun!fantasticcleaners.com.au

Emang ada hubungannya menjaga kesehatan kulit dengan mengganti sarung bantal, guling, dan sprei? Ada dong, meski terlihat bersih namun sebenarnya terdapat banyak sekali kotoran dan bakteri yang menempel di sarung bantalmu. Entah kotoran tersebut berasal dari lingkungan atau malah dari minyak di rambutmu.

Dan saat kamu tidur pasti wajahmu akan menyentuh sarung bantal, sehingga perpindahan bakteri dan kotoran pasti terjadi. Akhirnya adalah kulitmu akan menjadi berjerawat dan nampak kusam.

Oleh karena itu, jangan malas mengganti sarung bantal, guling, dan sprei hanya karena kamu tak ingin daftar cucianmu semakin banyak ya! Ganti paling minimal satu minggu sekali untuk kulit wajah yang sehat dan terhindar dari jerawat.

4. Tidur secara terlentang

7 Tips Cerdas Merawat Kulit Sehat tanpa Uang Sepeser pun!pexels.com/@olly

Hal yang sangat-sangat umum dan pasti kamu ketahui tentang hubungan tidur dengan kesehatan kulit adalah kita harus tidur selama delapan jam agar kesehatannya terjaga. Namun tak cuma itu lho! Posisi kita saat tidur juga mempengaruhi kulit sama besarnya dengan waktu yang diperlukan untuk tidur.

Siapa nih yang suka tidur telungkup ataupun menyelipkan wajahmu di bawah bantal? Tahu nggak sih, posisi tidur ternyata dapat mempengaruhi banyak sedikitnya kerutan di wajahmu. Menempelkan wajahmu pada bantal dapat membuat kulit mengalami kerutan. Oleh karena itu, posisi tidur terbaik adalah dengan cara terlentang sehingga wajah tak menyentuh bantal.

5. Rawat wajah dengan garam

7 Tips Cerdas Merawat Kulit Sehat tanpa Uang Sepeser pun!cosmopolitan.de

Garam tak hanya berfungsi sebagai pemberi rasa pada makanan, ia juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan perawatan kulit lho. Garam laut memiliki sifat anti bakteri yang kuat serta mampu menyerap minyak dari pori-pori. Ia juga mampu menyembuhkan dan mengurangi peradangan pada jerawat.

Karen Young, pendiri Oui Shave merekomendasikan untuk menggabungkan satu sendok teh garam dengan air secukupnya hingga ia berbentuk pasta. Oleskan pada jerawatmu, tunggu hingga satu jam atau 10 menit untuk kulit yang sensitif lalu bilas. Selain itu, kamu juga dapat mencampur garam dengan air hangat dan menggunakannya untuk membasuh wajahmu.

6. Lakukan gerakan yoga Standing Forward Bend Pose

7 Tips Cerdas Merawat Kulit Sehat tanpa Uang Sepeser pun!yogabasics.com

Melakukan yoga dengan pose di atas dapat menjaga kesehatan kulit wajahmu lho! Karena dengan bertahan melakukan pose tersebut selama lima menit, kamu dapat membuat darah mengalir ke wajahmu. Sehingga sirkulasi darah di wajah menjadi lancar dan tentunya membuat kulit wajahmu menjadi sehat dan berseri. 

7. Mencuci tangan

7 Tips Cerdas Merawat Kulit Sehat tanpa Uang Sepeser pun!pexels.com/@burst

Mencuci tangan tiap kali akan menyentuh wajah adalah hal paling mudah namun sangat sulit untuk diterapkan di kehidupan sehar-hari. Rasanya males banget gitu ya, bolak balik cuci tangan sebelum menyentuh wajah. Tapi hal ini adalah yang paling fatal, karena tangan kita penuh dengan kuman, kotoran, dan bakteri.

Sehingga jika kita menyentuh wajah menggunakan tangan tersebut, nggak usah ditanya lagi deh pasti semua hal buruk tersebut akan berpindah pada wajah. Jadi jangan salahkan siapa pun jika wajahmu mengalami banyak masalah kulit karena kamu sering menyentuhnya. Kalau malas cuci tangan, usahakan jangan menyentuh wajahmu, kamu boleh menyentuhnya saat tanganmu sudah di cuci ya. 

Nah, itu dia 7 tips merawat kulit wajah tanpa mengeluarkan uang sepersen pun. Lho tapi kan membeli garam, sarung bantal, dan biaya listrik untuk kulkas butuh uang?

Duh! Kalau kamu mempermasalahkan hal tersebut, maka yang gratis di dunia ini hanya bernafas. Gimana, sudah siap mempraktikkannya secara rutin dalam kehidupan sehari-hari? 

Baca Juga: 5 Resep Masker DIY dari Bahan Alami yang Ampuh Cerahkan Kulit Wajah

iefa_pooh Photo Community Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You