Comscore Tracker

8 Kesalahan Cewek dalam Memakai Pelembab Ini Masih Sering Dilakukan

Dapat menyebabkan penuaan dini lho!

Pelembab adalah hal penting dan merupakan makeup yang pasti digunakan oleh semua perempuan. Selain memiliki fungsi untuk melindungi kelembaban kulit, pelembab juga dapat mencegah kulit dari dehidrasi dan terlihat kusam. Para ahli kulit di seluruh dunia mendesak para cewek untuk memastikan kulit mereka tetap lembab sepanjang waktu.

Selain menjaga agar kulit tidak mengelupas, pelembab juga membantu agar kulit tetap sehat dan awet muda. Namun jika kamu tidak melembabkan kulit setiap hari atau tidak melakukannya dengan benar hal ini dapat membuat kulitmu menua lebih cepat.

Selain itu, bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan dini muncul lebih cepat seperti kerutan atau garis-garis halus.

Ada kesalahan penggunaan pelembab yang kita lakukan setiap hari, dan kesalahan ini dapat mengakibatkan kulit menganlami penuaan dini. Dilansir dari boldsky.com berikut adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh para cewek pada saat pengaplikasian pelembab.

1. Mengaplikasikan pelembab pada kulit kering

8 Kesalahan Cewek dalam Memakai Pelembab Ini Masih Sering Dilakukanhttps://bestcream.reviews

Pengaplikasian pelembab pada kulit kering adalah kesahan yang sering dilakukan. Menerapakan pelembab pada kulit kering tidak seefektif saat mengaplikasikannya pada kulit yang lembab. Untuk membuat pelembab benar-benar terserap ke kulit dengan sempurna, sangat penting untuk membuat kulitmu menjadi sedikit lembab.

Cara membuat kulit menjadi sedikit lembab adalah dengan mencuci wajahmu. Lalu jangan menggunakan handuk untuk mengeringkan air yang ada di wajahmu.

Keringkanlah wajahmu dengan cara ditepuk-tepuk sampai tidak ada lagi tetesan air di wajah, namun wajah masih tetap lembab.

2. Pemakaian pelembab yang tidak konsisten

8 Kesalahan Cewek dalam Memakai Pelembab Ini Masih Sering Dilakukanhttps://www.lucys.net

Semakin sibuknya para cewek di era millennial ini membuat mereka terburu-buru dalam menggunakan pelembab. Karena diburu oleh waktu, terkadang mereka mengoleskan pelembab dalam jumlah yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

Penerapan pelembab yang tidak konsisten ini dapat berakibat buruk bagi kulit, jadi alangkah lebih baiknya jika kamu selalu memastikan takaran pelembab yang kamu gunakan tetap sama sepanjang waktu.

Selain itu banyak cewek yang tidak mengaplikasikan pelembab saat berada di dalam rumah dan sedang tidak ada rencana untuk keluar rumah. Hal ini tentunya salah untuk dilakukan, selalu aplikasikan pelembab untuk memastikan kulitmu tetap sehat sepanjang waktu.

3. Tidak mengaplikasikan pada area leher

8 Kesalahan Cewek dalam Memakai Pelembab Ini Masih Sering Dilakukanhttps://www.skincare.com

Kesalahan yang berikutnya adalah kebanyakan para cewek hanya mementingkan wajah dan melupakan area leher. Apalagi bagi para cewek yang menggunakan hijab, hanya karena lehermu tidak terlihat bukan berarti kalian boleh mengabaikannya ya!

Kebiasaan tersebut dapat membuat kulit leher menjadi lebih cepat menua dibandingkan dengan wajah, hal ini juga berakibat pada perbedaan warna antara wajah dan leher. Kulit di bagian leher akan terlihat lebih gelap serta kusam dibandingkan dengan area wajah. 

4. Langsung menggunakan makeup setelah penggunaan pelembab

8 Kesalahan Cewek dalam Memakai Pelembab Ini Masih Sering Dilakukanhttps://www.productexpert.com

Kesalahan ini juga sering dilakukan oleh para cewek, baik dalam keadaan teburu-buru ataupun tidak. Kesalahan ini harus kita hindari, pelembab harus didiamkan selama 10-15 menit agar dapat melapisi, menyerap, dan memberikan perlindungan secara merata pada kulit.

Penggunaan makeup tepat setelah pemakaian pelembab dapat berakibat kulit terkena bahan kimia yang terkandung dalam makeup, yang tentunya dapat berakibat buruk bagi kulit.

5. Mengabaikan komposisi dari pelembab

8 Kesalahan Cewek dalam Memakai Pelembab Ini Masih Sering Dilakukanhttps://theaseanpost.com

Banyak cewek yang mengabaikan membaca bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalam pelembab sebelum membelinya. Mulai sekarang budayakanlah membaca bahan-bahan yang digunakan dalam pelembab yang akan kamu beli.

Karena ada beberapa pelembab yang mengandung banyak sekali bahan kimia, dan tentunya penggunaan pelembab dengan terlalu banyak bahan kimia di dalamnya dapat membuat kulitmu mengalami penuaan dini.

 

6. Tidak menggunakan pelembab sesuai jenis kulit

8 Kesalahan Cewek dalam Memakai Pelembab Ini Masih Sering Dilakukanhttps://www.cosmo.ru

Berbagai alasan dapat menyebabkan cewek memilih pelembab yang tidak sesuai dengan jenis kulitnya. Mulai dari tertarik dengan kemasan pelembab, mendengar seorang teman sangat cocok menggunakan pelembab merk tertentu dan menjadi tertarik untuk membeli yang sama padahal bisa jadi jenis kulit mereka berbeda, dan masih banyak alasan lainnya.

Padahal penggunaan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit merupakan hal yang sangat penting agar pelembab mampu bekerja lebh efektif untuk membuat kulitmu menjadi sehat.

7. Tidak menggunakan pelembab pada kulit berminyak

8 Kesalahan Cewek dalam Memakai Pelembab Ini Masih Sering Dilakukanhttp://www.newlovetimes.com

Kesalahan ini dapat menyebabkan penuaan dini lho! Buang jauh-jauh anggapan bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab atau penggunaan pelembab pada kulit berminyak dapat membuat kulitmu semakin berminyak.

Meskipun kulitmu berminyak kamu tetap perlu menggunakan pelembab, hal ini berfungsi untuk menyeimbangkan kadar air pada kulitmu. Gunakanlah pelembab yang khusus untuk kulit berminyak untuk hasil yang lebih maksimal.

 

8. Tidak melakukan eksfoliasi kulit

8 Kesalahan Cewek dalam Memakai Pelembab Ini Masih Sering Dilakukanhttps://www.healthyoptions.com

Apabila kamu tidak mengekfoliasi kulitmu, hal ini dapat mengakibatkan sel-sel kulit mati dan kotoran menumpuk dikulitmu. Penumpukan sel kulit mati dn kotoran dapat menyumbat pori-pori sehingga pelembab tidak terserap secara maksimal dan tidak dapat menjangkau lapisan kulit terdalammu. Kurangnya kelembaban dapat mengakibatkan kusam serta munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Itulah 8 kesalahan yang masih sering dilakukan oleh para cewek saat mengaplikasikan pelembab. Hindari membuat kesalahan di atas ya untuk menjaga kulitmu tetap sehat, segar, dan awet muda setiap saat.

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya