Comscore Tracker

Kulit Terbakar Matahari Saat Liburan? Pulihkan Dengan 6 Bahan Ini

#GirlThing Tak perlu takut lagi untuk berjemur dan bersantai

Berlibur maupun dalam aktivitas sehari-hari, terkena sengatan matahari adalah hal yang pasti terjadi. Apalagi saat pergi liburan ke pantai, berjemur dan bersantai dibawah sinar matahari menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Tapi sayangnya, saking asyiknya dirimu menikmati liburan, kamu malah lupa merawat diri dengan benar. Entah itu lalai mengoleskan kembali sunscreen atau bahkan tidak memakainya sama sekali.

Akhirnya liburan malah menjadi petaka karena kulitmu terbakar oleh matahari. Kulit yang terbakar oleh matahari bukan hal sepele seperti warnanya yang menggelap lho! Kondisi ini dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, terasa panas, perih, bahkan melepuh.

Bagi kalian yang mengalami kulit terbakar matahari, beberapa bahan alami ini akan membantu penyembuhannya.

1. Minyak Jarak

Kulit Terbakar Matahari Saat Liburan? Pulihkan Dengan 6 Bahan Iniunsplash.com/christinhumephoto

Minyak jarak atau Castor oil memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Termasuk di antaranya adalah efek mendinginkan dan menenangkan yang luar biasa pada sengatan matahari karena sifat anti-peradangannya.

Oleskan minyak jarak secara lembut pada kulit yang terbakar sinar matahari untuk membantu mendinginkan dan merehidrasi kulit yang rusak. Cara ini juga bagus untuk melawan rasa sakit dan nyeri dan juga membantu mengurangi pembentukan lepuh pada kulit.

2. Strawberry

Kulit Terbakar Matahari Saat Liburan? Pulihkan Dengan 6 Bahan Iniunsplash.com/alienowicz

Strawberry tidak hanya kaya akan kandungan vitamin C, namun ia juga mengandung tanin yang dapat menenangkan dan mengurangi sengatan kulit yang terbakar oleh matahari. Cobalah untuk menumbuk dan menghaluskan beberapa strawberry yang telah matang, lalu oleskan pada kulit yang terbakar. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dan lihatlah hasil mengejutkan yang akan kamu dapatkan.

3. Minyak Lavender

Kulit Terbakar Matahari Saat Liburan? Pulihkan Dengan 6 Bahan Inipexels.com/pixabay

Lavender terkenal akan khasiatnya sebagai obat tidur alami, namun selain itu lavender juga sangat bermanfaat bagi kulit lho! Salah satunya adalah untuk mengobati kulit terbakar.

Minyak lavender sangat cocok untuk merawat kulit yang terbakar matahari, karena ia memiliki sifat anti-mikroba yang membuatnya sangat efektif untuk penyembuhan dan juga membantu pemutihan kulit. Sifat menenangkannya juga membuat minyak lavender menjadi penghilang rasa sakit yang ampuh untuk sengatan matahari.

4. Mentimun

Kulit Terbakar Matahari Saat Liburan? Pulihkan Dengan 6 Bahan Inipexels.com/pixabay

Sama halnya seperti strawberry, mentimun juga dapat membantu mendinginkan dan meringankan rasa sakit pada kulit yang terbakar oleh matahari. Letakkan mentimun di dalam lemari es untuk memaksimalkan manfaat dari mentimun.

Kamu juga dapat menumbuk dan menghaluskannya, lalu oleskan pada area yang terbakar matahari. Diamkan sampai efek dinginnya menghilang, lalu bilas dengan air bersih. Bilaslah secara perlahan, hal ini untuk mencegah kulit yang terbakar menjadi iritasi.

5. Teh Hijau

Kulit Terbakar Matahari Saat Liburan? Pulihkan Dengan 6 Bahan Inipexels.com/pixabay

Sama halnya seperti kompres dingin yang direndam dalam air, kantong teh juga mampu mengurangi efek sengatan matahari terutama jenis teh hijau. Hal ini karena kandungan asam tannic yang menawarkan sifat anti inflamasi dan secara efektif ampuh mengurangi efek terbakar matahari.

Siapkan teh seperti biasa kemudian kompres bagian kulit yang terbakar matahari dengan kantong teh, atau kamu dapat merobek dan mengoleskan isinya untuk membantu mendinginkan kulit.

6. Mandi dengan air dingin

Kulit Terbakar Matahari Saat Liburan? Pulihkan Dengan 6 Bahan Iniunsplash.com/skylerorking

Mandi dengan air dingin merupakan pilihan selanjutnya, tapi kamu harus memastikan air yang digunakan tidak terlalu dingin. Untuk memaksimalkan efek mandi sebagai penyembuh kulit terbakar, kamu dapat menambahkan secangkir cuka sari apel dan esensial camomile. Cuka apel dapat membantu memulihkan ph alami kulit sehingga membantu proses penyembuhan kulit yang terbakar.

Jika kamu telah mencoba semua obat untuk kulit terbakar matahari di atas, namun luka bakar masih tetap ada dan menimbulkan masalah. Maka yang kamu harus lakukan adalah segera mencari pertolongan pada pihak medis untuk pemeriksaan lebih lanjut.

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya