Comscore Tracker

Penting! 5 Cara Agar Kehidupan Karier dan Keluarga Bisa Seimbang

Jangan sampai menyerah dan melepaskan salah satunya!

Di era milenial ini, telah banyak wanita yang memilih untuk menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga. Namun banyak pula yang akhirnya merasa stres karena tak dapat menyeimbangkan keduanya, dan akhirnya memilih untuk melepaskan karir yang telah mereka bangun dengan susah payah.

Menjadi ibu yang bekerja penuh waktu membuatnya merasa bersalah pada keluarga kecilnya karena tak mampu memberikan perhatian yang seutuhnya, dan harus terbagi dengan pekerjaan. Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga sangatlah penting. Kuncinya adalah fokus pada rencana, teroganisir, dan menemukan keseimbangan yang tepat antara profesi dan menjadi orang tua.

Berikut 5 cara yang dapat kamu terapkan agar dapat sukses menyeimbangkan peranmu sebagai wanita karir serta ibu rumah tangga.

1. Temukan pengasuh ataupun tempat penitipan yang berkualitas

Penting! 5 Cara Agar Kehidupan Karier dan Keluarga Bisa Seimbanghuffingtonpost.com

Jika kamu tinggal berdekatan dengan ibumu atau nenek si kecil, kalian dapat dengan mudah menitipkannya pada mereka. Karena orang tua kita sudah dipastikan sangat berpengalaman mengurus anak kecil, dan tidak akan membiarkannya dalam bahaya.

Namun jika tidak, maka langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang ibu sekaligus wanita karir adalah menemukan pengasuh atau tempat yang aman dan terpercaya  untuk menitipkan anak-anak mereka. Selalu cari informasi dimana tempat penitipan terbaik dari orang-orang disekitar, lalu adakan sesi wawancara sebelum memasrahkan anak kita pada mereka.

Sesi wawancara ini sangat penting, jangan sampai kamu melewatkannya karena tidak memiliki waktu luang. Kamu harus benar-benar memeriksa setiap informasi dengan sangat teliti, agar anakmu berada dalam asuhan orang yang tepat. Dan kamu dapat berangkat kerja dengan perasaan tenang tanpa khawatir, sehigga pekerjaan di kantor tidak terabaikan karena kamu yang memikirkan bagaimana kondisi anakmu dirumah. 

2. Tetap terhubung sepanjang hari

Penting! 5 Cara Agar Kehidupan Karier dan Keluarga Bisa Seimbangthegadgetflow.com

Selalu tetap terhubung dengan si buah hati adalah hal penting, agar mereka tidak merasa asing dengan kita yang hanya dijumpainya dalam waktu sebentar. Yaitu saat malam hari, itupun akan berlangsung selama kurang lebih 5 jam sebelum akhirnya terpotong waktu tidur. 

Untuk ibu yang memiliki anak kecil, pertimbangkan untuk merekam suaramu saat membacakan buku cerita. Dan minta pengasuhnya untuk memutar rekaman tersebut saat si kecil akan tidur. Rekam pula video saat kamu menyanyi, hal ini bertujuan agar ia selalu merasa kita ada disekitarnya dan tetap mengenali kita meski jarang menghabiskan waktu bersama.

Yang paling penting, telpon lakukan video call dengan mereka saat kamu sedang istirahat di kantor. Mendengar suaranya akan membantumu melewati hari yang melelahkan di kantor, dan anakmu akan merasa terhibur karena merasa kamu selalu ada untunya.

3. Jadikan akhir pekan sebagai waktu family time

Penting! 5 Cara Agar Kehidupan Karier dan Keluarga Bisa Seimbang933fmthefish.com

Meluangkan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga adalah hal yang wajib bagi para wanita karir. Kebersamaan yang dapat mempererat ikatan antara orang tua dan anak. Mulai dari piknik, ke taman bermain, memasak bersama, dan kegiatan lainnya yang membutuhkan interaksi aktif kedua belah pihak. 

Jangan habiskan akhir pekan hanya dengan menonton televisi ataupun memainkan gadget masing-masing. Penting juga untuk menjauhkan pekerjaan saat kamu sedang di rumah. Jangan bahas masalah pekerjaan, tanyakan secara aktif kepada anakmu apa yang telah mereka lalui selama seminggu ini. Fokuslah pada minat anak seperti menyuruhnya bercerita tentang temannya, hobi, keadaan dikelas dan yang lainnya.

Baca Juga: Kamu Orangtua Muda? Begini 5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri

4. Habiskan waktu luang bersama pasangan

Penting! 5 Cara Agar Kehidupan Karier dan Keluarga Bisa Seimbangmnn.com

Seringkari ketika kamu sibuk dengan pekerjaan dan peranmu sebagai seorang ibu, pasangan adalah menjadi orang pertama yang terabaikan. Padahal dia lah yang akan menjadi orang nomer satu yang akan selalu ada di sisimu. 

Lakukan kencan minimal 2 kali setiap bulannya, misalnya makan malam, menonton film bersama, atau sekedar jalan-jalan di taman. Hal ini sangat penting untuk menjaga dan mengembalikan keharmonisan rumah tangga kalian. Gunakan waktu itu untuk berbicara santai mengingat momen bahagia bersama. Dan ingat, jangan membicarakan tentang pekerjaan maupun anak-anak.

5. Jangan pernah abaikan me time

Penting! 5 Cara Agar Kehidupan Karier dan Keluarga Bisa Seimbanggoodnet.org

Bagi semua orang, me time adalah hal yang sangat penting. Jangan karena kamu sudah sibuk dengan pekerjaan dan keluarga, kamu malah mengabaikan diri sendiri. Istirahat yang menyegarkan akan membantumu untuk kembali bersemangat. Karena membagi waktu antar pekerjaan dan keluarga akan menghabiskan banyak energimu.

Lakukan hal-hal yang dapat memanjakan diri seperti pergi SPA, melakukan yoga, membaca buku favorit, dan kegiatan menyenangkan lainnya. Ingatlah untuk makan dengan baik dan istirahat dengan cukup, hal ini yang biasanya diabaikan oleh ibu rumah tangga. Sehingga energimu untuk menghadapi pekerjaan dan keluarga terisi penuh kembali, dan kamu menjadi sosok yang produktif.

Itulah 5 cara yang dapat dilakukan oleh ibu untuk dapat menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga. Semangat!! Kalian pasti bisa melakukannya.

Baca Juga: 5 Alasan Mulia Perempuan Karier Memutuskan Jadi Ibu Rumah Tangga

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya