Comscore Tracker

6 Kecemasan yang Cuma Dirasakan Calon Mama Muda Jelang Melahirkan

Suami harus peka nih…

Proses hamil dan melahirkan memberikan pengalaman gak terlupakan bagi seorang wanita. Berbagai perubahan pun mereka alami, mulai dari mood yang gak menentu hingga nafsu makan yang berubah-ubah. Ketidakstabilan ini juga menimpa sisi psikologis si calon ibu. Mereka kerap mengalami berbagai kecemasan selama masa kehamilannya. Apa saja sih yang mereka khawatirkan?

1. Membayangkan betapa sakitnya saat melahirkan

6 Kecemasan yang Cuma Dirasakan Calon Mama Muda Jelang MelahirkanUnsplash.com/Boram Kim

Hampir sebagian besar wanita mempunyai pikiran takut melahirkan. Mungkin hal ini dikarenakan berbagai cerita yang pernah didengarnya dari para ibu yang telah memiliki pengalaman serupa. Cobalah untuk selalu berpikir positif bahwa kamu akan baik-baik saja karena melahirkan adalah proses alami yang pasti dilewati seorang ibu.

2. Cemas gak bisa melahirkan normal

6 Kecemasan yang Cuma Dirasakan Calon Mama Muda Jelang MelahirkanUnsplash.com/Megan Iynette

Saat mendengarkan temanmu bercerita mengenai proses kelahiran caesar yang dialaminya, tiba-tiba kamu pun mengalami kecemasan serupa. “Bagaimana kalau nanti aku juga harus caesar?” batinmu dalam hati. Janganlah terlalu larut dalam kekhawatitan. Carilah informasi dan tips bagaimana agar bisa melahirkan bayi secara normal.

3. Khawatir bayi mengalami kelainan

6 Kecemasan yang Cuma Dirasakan Calon Mama Muda Jelang MelahirkanUnsplash.com/Carlo Navarro

Setiap ibu di dunia ini pasti menginginkan anaknya lahir tanpa kekurangan apapun. Namun, kisah-kisah tentang kelahiran bayi abnormal pun turut memicu kecemasan di dalam hatimu. Selama kamu menjaga kehamilanmu dengan baik, semoga bayi mungilmu akan lahir dengan sehat.

4. Takut gak bisa mengurus anak dengan baik

6 Kecemasan yang Cuma Dirasakan Calon Mama Muda Jelang MelahirkanUnsplash.com/Sean Roy

Banyak calon ibu yang merasa khawatir tentang pendidikan anak-anak mereka di masa depan. Pikiran semacam, “Bagaimana jika aku gak bisa mengurus dan mendidik mereka dengan baik” pun gak luput dari kekhawatirannya. Hilangkanlah kerisauanmu itu dan mulailah belajar ilmu parenting sedikit demi sedikit dari ibumu atau buku-buku yang membahas itu.

5. Gak siap dengan perubahan bentuk tubuh

6 Kecemasan yang Cuma Dirasakan Calon Mama Muda Jelang MelahirkanUnsplash.com/Ryan Franco

Dari hamil hingga pasca melahirkan, umumnya wanita mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Berat badanmu yang awalnya sekitar 50 kg pun bisa mencapai sekitar 60-70 kg. Tentu ini menjadi kecemasan tersendiri bagi seorang wanita karena kamu selalu menginginkan berat badan yang ideal.

6. Takut suami berpaling pada wanita lain

6 Kecemasan yang Cuma Dirasakan Calon Mama Muda Jelang MelahirkanUnsplash.com/Kelly Sikkema

Perubahan drastis yang terjadi pada bentuk tubuh membuatmu merasa gak cantik lagi. Kamu pun menjadi kurang percaya diri dan terkadang meragukan kesetiaan suami. Kamu berpikir ada banyak wanita cantik bertubuh ideal di luar sana yang mungkin saja menarik perhatiannya.

Oleh karena itu, dukungan suami sangat dibutuhkan untuk menenangkan dan mengembalikan rasa percaya diri istri yang sedang menunggu kelahiran anak pertamanya. Semoga buah hati kalian lahir dengan sehat dan normal ya, girls.

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya