Comscore Tracker

5 Akibat Terlalu Sering Pakai Hair Dryer, Bahaya untuk Rambut

Selain berguna mempercepat proses pengeringan rambut 

Melakukan aktivitas dengan keadaan rambut yang basah tentu tidak akan nyaman, apalagi jika kita perlu mengikat rambut. Hair dryer merupakan alat penyelamat bagi semua orang.

Pasalnya, hair dryer dapat mempercepat proses pengeringan rambut dibanding hanya terkena angin biasa. Pengguna hair dryer juga dapat mengatur suhunya, sehingga kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Namun dilansir dari beautishe, kita perlu tahu penggunaan hair dryer jika terlalu sering tentu tidak baik. Apa saja penyebab yang dapat ditimbulkan jika keseringan pakai hair dryer?

1. Rambut Rontok 

5 Akibat Terlalu Sering Pakai Hair Dryer, Bahaya untuk Rambutharapanrakyat.com

Saat menggunakan hair dryer, tentunya suhu kepala kita akan meningkat dibanding biasanya. Hal ini disebabkan suhu panas yang dihasilkan oleh hair dryer itu sendiri.

Ternyata, akibat dari suhu panas tersebut akan membuat pori-pori kepala akan terbuka lebih lebar. Tentunya akan semakin parah jika kita menggunakannya lebih sering.

Akibatnya, rambut akan menjadi lebih mudah rontok, sehingga volume rambut menipis. Bahkan bisa menyebabkan kebotakan jika terlalu banyak rontok.

2. Rambut Kering 

5 Akibat Terlalu Sering Pakai Hair Dryer, Bahaya untuk Rambutallthingshair.com

Terlalu sering menggunakan hair dryer  tentunya akan membuat rambut menjadi lebih kering dibandingkan biasanya. Kering di sini dalam artian rusak.

Rambut akan terasa dan tampak lebih kasar. Selain itu, rambut akan tidak berkilau seperti biasanya.

Baca Juga: Catat 5 Poin Penting Ini Sebelum Membeli Hair Dryer

3. Kutikula Rusak 

5 Akibat Terlalu Sering Pakai Hair Dryer, Bahaya untuk Rambutmagazine.job-like.com/

Kutikula merupakan lapisan terluar yang terdapat pada rambut kita, kutikula juga merupakan bagian yang melindungi rambut dari penyakit rambut.

Penggunaan hair dryer secara terus menerus dapat merusak bagian ini. Jika kutikula yang terdapat pada rambut sudah rusak, rambut akan lebih mudah terserang ketombe ataupun penyakit rambut yang lainnya.

4. Rambut Bercabang 

5 Akibat Terlalu Sering Pakai Hair Dryer, Bahaya untuk Rambutparenting.orami.co.id

Rambut bercabang merupakan masalah lain yang akan ditimbulkan jika terlalu sering menggunakan hair dryer. Rambut bercabang ini muncul akibat dari tekstur rambut yang terkena hawa panas yang dihasilkan oleh hair dryer.

5. Mengganggu Pendengaran 

5 Akibat Terlalu Sering Pakai Hair Dryer, Bahaya untuk Rambutgalerimedika.com

Baca Juga: 5 Tips Bikin Rambut Bergelombang Tanpa Menggunakan Catok & Hair Dryer

Suara bising dari hair dryer yang letaknya langsung di dekat telinga dan untuk waktu yang lama, ternyata dapat mempengaruhi pendengaran. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga jarak blower agar tidak terlalu dekat karena secara tidak langsung dapat merusak fungsi telinga.

Imalay Naomi Lasono Photo Writer Imalay Naomi Lasono

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya