Comscore Tracker

Bikin Bete, Ini 8 Alasan Kenapa Rambutmu Sulit Panjang 

Bisa diperbaiki, gak, ya? 

Rambut panjang nan indah memang jadi idaman. Namun, bagi beberapa orang, menumbuhkan rambut saja sudah susah setengah mati. Lama banget! Apa kamu salah satunya? 

Menurut laman Style Craze, pertumbuhan rambut kita rata-rata 6 inci atau sekitar 15 sentimeter per tahun. Kalau kamu merasa rambutmu tumbuh lambat, ada beberapa alasan yang perlu kamu tahu. Delapan alasan di bawah ini mungkin bisa menjelaskan kenapa siklus pertumbuhan rambutmu lambat.

1. Genetik

Bikin Bete, Ini 8 Alasan Kenapa Rambutmu Sulit Panjang Freepik/pressfoto

Gak cuma jenis dan warna rambut, genetik juga berperan mengatur volume hingga kekuatan rambutmu. Kalau kamu kebetulan punya genetik rambut yang lama tumbuh, kamu perlu perawatan ekstra untuk menyokong pertumbuhannya. Faktor ini gak bisa diganggu gugat sih, tapi ada banyak variasi perawatan yang bisa kamu lakukan.

2. Biasa makan makanan gak bergizi

Bikin Bete, Ini 8 Alasan Kenapa Rambutmu Sulit Panjang Freepik/tirachardz

Pola makan gak teratur dan jarang makan yang sehat-sehat bisa berpengaruh ke pertumbuhan rambut. Rambutmu butuh nutrisi-nutrisi penting supaya bisa tumbuh normal dan sehat.

Menurut laman Healthline, rambutmu butuh nutrisi seperti zat besi, zink, protein, biotin, vitamin A, C, D, E dan lain-lainnya. Semua nutrisi itu mudah ditemukan pada makanan sehari-hari kok, seperti lauk, sayur, dan buah-buahan.

3. Terlalu sering styling

Bikin Bete, Ini 8 Alasan Kenapa Rambutmu Sulit Panjang Freepik/prostooleh

Terlalu sering mengepang; mengucir terlalu kuat; dan memodel rambut yang memberikan stres pada akar rambut dan kulit kepala, bisa menyebabkan kerontokan dan mengganggu siklus pertumbuhan rambut.

Proses penataan rambut yang melibatkan penggunaan bahan kimia dan alat styling bertemperatur tinggi juga bisa jadi penyebabnya, lho. Jadi, jangan lupa memberi waktu istirahat buat rambutmu. Berikan nutrisi dan perawatan yang tepat supaya tetap sehat.

4. Stres

Bikin Bete, Ini 8 Alasan Kenapa Rambutmu Sulit Panjang Freepik/freepik

Stres berdampak negatif ke seluruh tubuhmu, termasuk rambut indahmu. Menurut laman All Women’s Talk, stres fisik maupun mental bisa menghambat siklus pertumbuhan rambut, bahkan menyebabkan kerontokan. Saat tubuh mengalami stres, rambutmu memasuki fase istirahat dan tidak tumbuh selama beberapa waktu.

Baca Juga: Hati-hati, Kamu Bisa Tertular Kutu Rambut dari 7 Cara Tak Terduga Ini

5. Umur

Bikin Bete, Ini 8 Alasan Kenapa Rambutmu Sulit Panjang Freepik/pressfoto

Gak cuma bikin rambutmu beruban, usia lanjut juga membuat siklus pertumbuhan rambutmu melambat. Ini sesuatu yang terjadi secara alami, tapi kamu gak perlu khawatir. Masih banyak perawatan yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan rambutmu.

6. Kerusakan rambut

Bikin Bete, Ini 8 Alasan Kenapa Rambutmu Sulit Panjang Freepik/freepik

Kerusakan rambut berupa rambut bercabang hingga rambut dan kulit kepala kering bisa jadi alasan kenapa rambutmu sulit panjang. Kurangnya kelembapan pada kulit kepala bisa merusak dan menghambat pertumbuhan rambut. Sama halnya dengan rambut bercabang yang kekurangan nutrisi.

7. Salah melakukan perawatan rambut

Bikin Bete, Ini 8 Alasan Kenapa Rambutmu Sulit Panjang Freepik/freepik

Menggunakan sampo yang terlalu kering; terlalu sering atau jarang keramas; tidak menggunakan kondisioner; hingga terlalu sering menggunakan alat styling rambut, bisa berpengaruh ke proses pertumbuhan rambut. Segera ubah kebiasaan ini dan sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan rambutmu. 

8.  Gangguan kesehatan dan pengobatan tertentu

Bikin Bete, Ini 8 Alasan Kenapa Rambutmu Sulit Panjang Freepik/jcomp

Beberapa masalah kesehatan juga mengacaukan siklus pertumbuhan rambut, lho. Gangguan seperti ketidakseimbangan hormon, penyakit pneumonia atau paru-paru basah, penyakit autoimun, hingga penyakit tiroid bisa jadi alasannya. Beberapa pengobatan juga berdampak pada menipisnya rambut.

Beberapa alasan di atas memang terjadi secara alami, bahkan ada yang tidak bisa diperbaiki. Namun, kamu tetap bisa melakukan perawatan yang tepat sesuai kebutuhan rambut. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat juga bisa jadi pilihan yang tepat buat kesehatan rambutmu.

Baca Juga: Katakan Selamat Tinggal pada Rambut Rontok dengan 5 Sampo Lokal Ini!

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya