Comscore Tracker

Bikin Kulit Glowing! Ini 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan Kulit

Bisa bikin kulit sehat, cantik, dan glowing!

Sejak dulu, susu kedelai telah dipercaya memberikan manfaat kesehatan bagi kita. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, menguatkan tulang, hingga mengontrol kolesterol dalam tubuh. Tak heran, susu kedelai menjadi alternatif rendah lemak dari susu sapi yang sering diminum oleh banyak orang. 

Tahukah kamu kalau manfaat susu kedelai tak hanya sebatas bagi kesehatan tubuh saja? Susu kedelai ternyata juga punya manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit, bahkan mampu membuat kulitmu glowing! Berikut 5 manfaat susu kedelai untuk kecantikan kulitmu.

1. Bantu melembabkan kulit

Bikin Kulit Glowing! Ini 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan KulitPixabay/silviarita-3142410

Susu kedelai kaya akan vitamin E yang bantu meregenerasi sel kulit mati dan melembabkan kulit. Mengutip laman Cosmopolitan, vitamin E dapat terserap jauh ke dalam kulit dan menjaga lipid atau lemak alami kulit. Vitamin E mampu menenangkan dan memperbaiki lapisan kulit terluar akibat iritasi maupun peradangan. Dengan memperbaiki lapisan ini, kulit jadi tidak mudah kehilangan kelembabannya.

2. Membuatmu tampak awet muda

Bikin Kulit Glowing! Ini 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan KulitPexels/minan1398

Susu kedelai mengandung phytoestrogens, semacam senyawa nabati yang mirip estrogen dalam tubuh. Senyawa ini bisa menambah produksi estrogen dalam tubuh yang bantu mengurangi tampilan garis halus maupun keriput. Phytoestrogens juga mengurangi warna kulit tidak merata dan bintik hitam akibat penuaan.

3. Bikin kulit glowing alami

Bikin Kulit Glowing! Ini 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan KulitFreepik/benzoix

Selain melembabkan, susu kedelai juga mengandung antioksidan yang dapat membuat kulitmu tampak glowing. Susu kedelai mampu membersihkan tubuhmu dari radikal bebas akibat paparan sinar matahari, polusi, dan lain-lain.

Mengutip laman Organic Facts, efek antioksidan dari kandungan isoflavon pada susu kedelai kemungkinan bermanfaat dalam melawan beberapa penyakit kronis akibat kerusakan dan stres oksidatif. Tubuhmu yang sehat dan bebas dari penyakit akan semakin memberikan efek segar dan cerah di kulitmu.

Baca Juga: Resep Bikin Es Kopi Susu Kekinian, Gak Sampai Rp10 Ribu Lho!

4. Bantu mencerahkan kulit

Bikin Kulit Glowing! Ini 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan KulitFreepik/pressfoto

Susu kedelai dapat kamu gunakan untuk mencerahkan kulit. Mengutip laman Dr Healthyco, susu kedelai memiliki kandungan enzim yang secara tidak langsung dapat mengurangi produksi melanin.

Seperti yang kamu tahu, melanin adalah pigmen alami yang memberi warna pada kulit. Semakin banyak melanin, semakin gelap warna kulit. Dengan mengurangi produksi melanin, wajahmu dapat menjadi lebih cerah.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Bikin Kulit Glowing! Ini 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan KulitPixabay/ivanovgood-1982503

Laman The Soyfoods Council melansir sebuah studi di Jepang yang mempelajari efek minum susu kedelai satu cangkir sehari selama delapan minggu terhadap kesehatan kulit wanita pascamenopause. Hasilnya, para wanita ini merasakan manfaat dan perubahan pada kulit mereka, mulai dari segi elastisitas, kelembaban, hingga pigmentasi.

Saat para wanita ini berhenti minum susu kedelai selama empat minggu, hasilnya kulit mereka kembali ke kondisi awal sebelum mereka rutin meminum susu kedelai.

Setelah tahu manfaatnya, apakah kamu ingin mencoba menggunakan susu kedelai dalam perawatan kulit? Kamu bisa merasakan manfaat susu kedelai dengan meminumnya secara rutin tanpa gula, atau mencari produk kecantikan dengan kandungan susu kedelai di dalamnya. Kamu juga bisa mencoba membuat masker wajah alami dari susu kedelai. Pastikan kalau kamu tidak alergi terhadap kedelai, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Susu Kedelai, Bisa Mencegah Kanker Prostat!

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You