Comscore Tracker

Kulit Rusak Akibat Sinar UV? Rawat dengan 5 Cara Ampuh Ini

Harus rajin supaya kulit kembali sehat!

Kamu baru tahu pentingnya tabir surya? Atau kamu gak sempat pakai tabir surya karena supersibuk? Kamu pasti sudah menyadari kerusakan pada kulit akibat sinar matahari, mulai dari kulit menghitam sampai muncul garis halus dan keriput. Lalu, apakah sudah terlambat bagimu melindungi dan memperbaiki kulit?

Para ahli punya pendapat yang berbeda-beda tentang hal ini. Ada yang bilang bisa, mungkin, atau tidak bisa alias kerusakannya permanen. Terlepas dari pendapat-pendapat tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu mulai untuk bantu mengembalikan kesehatan kulitmu. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Mulai rajin pakai tabir surya

Kulit Rusak Akibat Sinar UV? Rawat dengan 5 Cara Ampuh IniFreepik/freepik

Untuk menghindari kerusakan lebih parah, mulailah rajin menggunakan tabir surya, tak peduli ketika hari sedang cerah, mendung, di dalam ruangan, atau di luar ruangan. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan SPF lebih dari 30 bagi kamu yang beraktivitas lama di luar ruangan. 

Dilansir laman Metro, kamu disarankan untuk mengaplikasikan setengah sendok teh (2,4 ml) pada wajah dan leher; satu sendok teh (4,9 ml) pada kedua tangan; dan satu sendok teh pada masing-masing kaki. Sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Biarpun pakai tabir surya, kamu tetap harus menghindari sinar matahari sebisa mungkin. Gunakan pakaian yang tertutup dan selalu cari tempat teduh.

2. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan

Kulit Rusak Akibat Sinar UV? Rawat dengan 5 Cara Ampuh IniFreepik/rawpixel.com

Bahan-bahan antioksidan dalam produk perawatan kulit dapat memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Cari produk yang mengandung vitamin A atau retinol, B3 atau niacinamide, C, E, polyphenol, dan lain-lain.

Bahan antioksidan akan menstimulasi produksi kolagen, mengurangi garis halus dan keriput, mengurangi pigmentasi berlebih, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: 8 Cara Mudah Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Terhindar dari Penuaan Dini

3. Diet antioksidan

Kulit Rusak Akibat Sinar UV? Rawat dengan 5 Cara Ampuh IniFreepik/freepik

Gak cuma lewat produk perawatan kulit, kamu juga perlu rutin makan makanan mengandung antioksidan. Perbanyak makan sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan untuk dapat asupan vitamin A, C, dan E yang paling efektif untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, kamu juga bisa makan makanan mengandung lemak tak jenuh dan omega-3. Kandungan ini dapat bantu menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Makan ikan tuna, sarden, salmon, kacang kenari, alpukat, dan lain-lain untuk dapat asupan omega-3 dan lemak sehat.

4. Rutin mengelupas kulit mati

Kulit Rusak Akibat Sinar UV? Rawat dengan 5 Cara Ampuh IniFreepik/freepik

Mengelupas sel kulit mati atau eksfoliasi akan meluruhkan sel-sel kulit mati sehingga produk perawatan kulit yang kamu gunakan bisa terserap dengan baik. Menghilangkan sel kulit mati juga mengekspos sel kulit yang baru dan sehat. Jadi, pastikan kamu melindunginya dari paparan sinar matahari.

Menggunakan bahan kimia seperti AHA merupakan cara paling ringan untuk eksfoliasi sehingga bisa kamu gunakan setiap hari. Sementara, eksfoliasi secara fisik dengan butiran scrub harus dilakukan paling tidak seminggu sekali.

5. Jaga kelembapan kulit

Kulit Rusak Akibat Sinar UV? Rawat dengan 5 Cara Ampuh IniFreepik/nensuria

Melembapkan kulit merupakan salah satu hal yang paling tidak bisa diganggu gugat selain menggunakan tabir surya. Kelembapan kulit harus tetap dijaga supaya tetap sehat dan mengurangi tampilan keriput dan garis halus.

Sinar matahari akan merampas kelembapan kulitmu. Jadi, sebelum menggunakan tabir surya, pastikan kamu menggunakan pelembap. Kamu juga bisa melembapkan kulit dari dalam dengan minum cukup air dan makan buah-buahan mengandung air seperti semangka.

Nah, jangan putus asa, ya! Masih ada yang bisa dilakukan pada kulitmu yang terlanjur mengalami kerusakan akibat sinar UV, kok. Kalau kamu rutin merawat kulit dan melindunginya dari sinar matahari, kulitmu bisa kembali sehat.

Baca Juga: Wajib Waspada! 5 Masalah Kulit Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Kronis

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya