Comscore Tracker

7 Alasan Kenapa Malam Adalah Waktu Teroptimal untuk Gunakan Skincare

Jangan remehkan tidur malam, ya!

Setelah lelah menjalani rutinitas seharian penuh, kamu pasti tak sabar untuk segera merebahkan diri ke kasur dan tidur. Eits, tapi jangan buru-buru tidur! Kamu perlu membersihkan bekas make-p dan kotoran yang menempel di kulit wajahmu setelah seharian beraktivitas.

Tahukah kamu bahwa selagi kamu tertidur lelap, ternyata tubuhmu sibuk merawat dan meremajakan kulit? Tahukah kamu bahwa produk perawatan kulit bekerja lebih baik ketika tidur malam? Disimak, yuk, alasan-alasan kenapa malam adalah waktu merawat kulit paling optimal!

1. Kulitmu memperbaiki diri

7 Alasan Kenapa Malam Adalah Waktu Teroptimal untuk Gunakan SkincarePexels/@ximenamora

Ketika kamu tertidur lelap, tubuhmu memproduksi hormon yang memperbaiki kerusakan-kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi, dan membentuk sel-sel baru supaya kamu bisa bangun terlihat segar. Aliran darah di balik kulit juga meningkatkan dan menyediakan nutrisi yang cukup untuk meremajakan penampilanmu.

Tidur cukup dan pulas juga membantu darah membawa lebih banyak oksigen ke sel-sel, sehingga kulit dapat memperbaiki diri lebih cepat.

2. Produk perawatan kulit bekerja lebih baik

7 Alasan Kenapa Malam Adalah Waktu Teroptimal untuk Gunakan SkincarePexels/@rawpixel

Kamu keliru kalau melewatkan ritual kecantikan saat hendak tidur. Padahal, beberapa produk perawatan kulit bekerja lebih efektif ketika kamu tidur malam. Hal ini dikarenakan tubuhmu sedang tidak sibuk melawan paparan sinar matahari dan polusi. Ketika malam hari, aliran darah ke kulit meningkat, sehingga kulitmu bisa menyerap kandungan nutrisi pada produk-produk perawatan kulit lebih baik.

3. Kulitmu memproduksi kolagen

7 Alasan Kenapa Malam Adalah Waktu Teroptimal untuk Gunakan SkincarePexels/@pixabay

Kolagen merupakan protein penting yang menjaga kulitmu tetap kencang dan kenyal. Ketika kamu tidur cukup, kulitmu akan memproduksi kolagen yang cukup untuk membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Sebaliknya, ketika kurang tidur, kulitmu akan kehilangan elastisitasnya karena kekurangan kolagen. Oleh karena itu, kulit wajahmu jadi tampak mengendur dan memiliki garis-garis halus.

Baca Juga: Fakta Skincare yang Perlu Kamu Ketahui, Newbie Wajib Baca Nih!

4. Mengurangi bengkak pada wajah

7 Alasan Kenapa Malam Adalah Waktu Teroptimal untuk Gunakan SkincarePexels/@minan1398

Ketika kamu tidur, tubuhmu akan bekerja untuk mengatur kelembaban pada kulitmu. Area-area yang kering akan mendapatkan kelembaban yang cukup, dan area-area yang mengalami kelebihan akan berkurang. Hal ini membuat garis halus dan kantung mata menjadi hilang tersamarkan. Saat kamu terbangun, kulit wajahmu tampak lebih bersinar.

5. Rambutmu menjadi lebih mudah diatur

7 Alasan Kenapa Malam Adalah Waktu Teroptimal untuk Gunakan SkincarePexels/@pixabay

Ketika kamu kurang tidur, aliran darah menjadi kurang maksimal. Akibatnya, rambutmu hanya akan mendapatkan sedikit nutrisi. Tidur cukup dapat mengurangi stres di dalam tubuh, sehingga kulit dan rambutmu dapat tumbuh dengan sehat dan baik. Rambutmu menjadi lebih mudah diatur dan kuat.

6. Membantumu menjaga berat badan

7 Alasan Kenapa Malam Adalah Waktu Teroptimal untuk Gunakan SkincarePexels/@pixabay

Kurang tidur dapat meningkatkan hormon yang membuatmu mudah lapar dan ingin makan-makanan yang mengandung banyak kalori dan karbohidrat. Tidur cukup saat malam hari dapat mengurangi salah satu faktor risiko obesitas. Mereka yang tidur cukup cenderung makan lebih sedikit kalori dari mereka yang kurang tidur.

7. Membuatmu tampak lebih bahagia dan awet muda

7 Alasan Kenapa Malam Adalah Waktu Teroptimal untuk Gunakan SkincarePexels/@danxavier

Ketika kamu mendapatkan tidur cukup dan pulas, kamu menjadi tampak lebih bahagia. Wajahmu lebih bersinar dan kulitmu tampak awet muda. Kurang tidur dapat membuat mood-mu memburuk yang dapat terlihat jelas di wajahmu.

Nah, jangan remehkan tidur malam, ya. Sudah terbukti bahwa tidur malam yang cukup setiap harinya sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu. Jangan lupa untuk mencuci wajah sebelum tidur, ya!

Baca Juga: Cara Pemakaian Skincare yang Benar Agar Wajahmu Glowing Maksimal

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You